SOLOPOS.COM - Ilustrasi keunikan tradisi Ramadan (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat doa yang dibaca ketika bulan suci penuh berkah tiba. Kira-kira bagaimana bunyinya?

Seperti diketahui, Ramadan 2023 dalam beberapa hari lagi tiba. Menurut prediksi 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Meski belum ada keputusan resmi dari Kementerian Agama, Muhammadiyah sendiri juga telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di bulan penuh berkah ini memiliki banyak kemuliaan sehingga sudah sewajarnya seluruh umat Islam menyambut Ramadan dengan suka cita, melantunkan harapan, dan mengucapkan Marhaban ya Ramadhan.

Namun, ketika Ramadan tiba, umat muslim juga disarankan membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW berikut ini, sebagaimana dituliskan dalam laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Doa Ketika Ramadan Tiba

1. Doa Pertama

Allahumma salimnii min ramadlaana wa sallim ramadlaana lii wa tasallamhu minnii mutaqabbalan.

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah (amal-amal) ku [di bulan] Ramadan.

2. Doa Kedua

Selain itu, terdapat doa lainnya yang dibaca ketika Ramadan tiba, berikut ini bunyinya.

Allahumma adhalla syahru ramadhaana wa hadlara, fa sallimhu lii wa sallimnii fiihi wa tasallamhu minnii. Allahummarzuqnii shiyaamahu wa qiyaamahu shabran wahtisaaban, warzuqni fiihil jadda wal ijtihaada wal quwwata wan nasyaatha, wa a’idznii fiihi minassaamati wal fatrati wal kasali wan na’aasi, wawaffiqnii fîhi li lailatil qadri waj’alhaa khairan min alfi syahrin.

Artinya: Ya Allah, bulan Ramadan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah (amal-amal) ku (di bulan) Ramadan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan (niat tulus) mengharap (pahala dan rida-Mu) atas puasa (Ramadan) ku dan (qiyamul lail) ku. (Ya Allah), karuniailah aku dalam (bulan) Ramadan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. (Ya Allah), lindulingah aku dalam (bulan) Ramadan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/(banyaknya kantuk). (Ya Allah), sukseskanlah aku dalam (mendapatkan) lailatul qadar di (bulan) Ramadan ini, dan jadikanlah (pahala atau kebaikan)nya (lebih) baik dari seribu bulan.

3. Doa Ketiga

Doa terakhir yang bisa dipanjatkan ketika Ramadan tiba sebagai berikut.

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai maaf, maka maafkanlah diriku.

Selain berdoa, umat Islam juga disarankan melakukan tiga amalan berikut ini ketika Ramadan tiba. Beberapa di antaranya, niat menyambut Ramadan dengan lapang hati atau ikhlas dan perasaan bergembira, melakukan ziarah kubur serta mengirimkan doa kepada leluhir yang telah tiada, dan saling memaaafkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya