SOLOPOS.COM - Kurma, buah yang sering dicari selama Ramadan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Kurma atau yang memiliki nama latin phoenix dactylifera merupakan buah yang sering dicari dan sudah seperti menjadi hidangan wajib selama Ramadan. Selain karena memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk disantap, kurma juga memiliki rasa yang manis dan manfaat bagi kesehatan sehingga sangat cocok dihidangkan untuk berbuka puasa.

Dikutip dari laman resmi milik Kementrian Agama (Kemenag) Palembang, Rabu (15/3/2023), Nabi Muhammad SAW turut mendemonstrasikan pengonsumsian kurma di saat berbuka puasa. Mengonsumsi kurma dengan jumlah ganjil saat berbuka puasa sangat diutamakan, karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan hal tersebut.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kurma memiliki berbagai macam varian. Kurma yang memiliki kelebihan tersendiri dan pernah disebutkan di dalam beberapa hadis ialah kurma ajwa.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Sa’ad bin Abi Waqqash mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda untuk mengonsumsi kurma di pagi hari.

“Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir,” begitu bunyi hadisnya.

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa bukan dari segi sunah saja, kurma juga memiliki manfaat dari segi medis.

Hal ini juga disampaikan pada laman Kementerian Kesehatan, terdapat beberapa khasiat yang terkandung dalam buah kurma bagi kesehatan, di antaranya:

  1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Kalori yang tekandung dalam kurma sebagian besar ialah karbohidrat dan sisanya adalah protein. Meski memiliki kandungan kalori yang tinggi, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur. Ini juga dapat dimasukkan ke dalam diet harian.

  1. Mencegah Penyakit Kronis

Dikarenakan memiliki kandungan antioksidan, mengonsumsi kurma setiap hari dapat mencegah risiko beberapa penyakit kronis.

  1. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Rasa manis yang ada pada kurma dapat dihunakan sebagai pengganti gula putih. Selain itu, kurma juga kaya akan nutrisi, serat dan antioksidan.

  1. Menggantikan Elektrolit Tubuh yang Hilang

Kadar potassium yang tinggi pada kurma, dapat menggantikan elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Dalam hal ini, kurma memiliki manfaat menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan asam amino dan seng dapat menjadikan kurma sebagai buah yang dapat meningkatkan kesuburan, baik pada perempuan maupun laki-laki.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam kurma dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga membuat tidak mudah lelah dan pucat karena anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya