SOLOPOS.COM - Pengunjung menjejali bursa kerja Klaten Job Market Fair 2019 di GOR Gelarsena Klaten, Selasa (29/10/2019). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 11.912 lowongan pekerjaan dari 50 perusahaan ditawarkan dalam Job Market Fair yang digelar Pemkab Klaten di GOR Gelarsena Klaten, Selasa-Rabu (29-30/10/2019).

Pantauan Solopos.com, pengunjung sudah berjejalan di lorong-lorong antarstan pada hari pertama Klaten Job Market Fair 2019, Selasa. Ada puluhan stan perusahaan yang berjajar di dalam gedung.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Beberapa pengunjung terlihat serius menanyakan aneka persyaratan lowongan pekerjaan. Ada pula yang sekadar mengambil brosur yang ditumpuk di meja masing-masing stan.

Anggi, 20, dan ketiga temannya sudah mengelilingi satu per satu stan tersebut. Lelah, mereka pun duduk di bangku GOR. Aneka brosur lowongan pekerjaan sudah mereka kumpulkan.

Jarang Disorot, Ini Fakta Menarik Istri Didi Kempot

Hanya, keempat alumni SMKN 1 Jogonalan angkatan 2017 itu belum memasukkan satu pun berkas lamaran pekerjaan.

“Belum melamar. Baru kumpulkan brosur dulu. Nanti sama teman-teman dipilih mana yang cocok baru masukkan lamaran pekerjaan. Kan acaranya sampai besok [Rabu],” kata Anggi saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa.

Selain masih memilih lowongan pekerjaan yang cocok, Anggi mengatakan puluhan brosur yang dikumpulkan bakal difoto dan dibagikan ke grup WA alumni. “Biar teman-teman juga tahu ada lowongan pekerjaan apa saja,” jelasnya.

Anggi mengatakan bursa kerja tahun ini ada beragam perusahaan yang ikut. Mayoritas lowongan pekerjaan untuk perusahaan garmen serta lulusan SMK.

“Kalau saya bekerja di garmen sudah merasakan. Mau mencoba yang lain,” tutur dia.

Ada Sosok Kuat di Belakang Gibran Rakabuming, Tapi Bukan Jokowi

Pengunjung lainnya, Edi, 25, juga sebatas mencari informasi beragam lowongan pekerjaan meski dia sudah datang berdandan rapi mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan sepatu hitam.

“Saya masih coba-coba dulu mencari yang cocok. Inginnya bekerja di bidang manufaktur,” kata pemuda asal Desa Banyuripan, Kecamatan Bayat.

Klaten Job Market Fair 2019 digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten di GOR Gelarsena dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Ada 50 perusahaan yang menawarkan 11.912 lowongan pekerjaan dalam bursa kerja itu.

Sebanyak 28 perusahaan di antaranya dengan tujuan penempatan wilayah Provinsi Jawa Tengah. Perusahaan itu di antaranya bergerak di industri plastik, industri ritel dan perdagangan, industri rokok, industri otomotif, industri farmasi dan kesehatan, sektor jasa telekomunikasi, industri garmen, dan pakaian jadi, sektor keuangan, bank, dan koperasi, perusahaan penerbitan, dan percetakan.

Analis: Netizen Indonesia Suka Cari Bokep di Twitter, Ini Datanya

Kemudian sektor industri tekstil, sektor pertanian, perusahaan asuransi, lembaga penempatan TKI dan industri furnitur. Ada lima perusahaan antarkerja antarnegara dengan penempatan di wilayah Taiwan, Malaysia, dan Hongkong.

Selain itu ada stan dari Polres Klaten yang menginformasikan pendaftaran polisi taruna, bintara, dan tamtama. Kepala Disperinaker Klaten, Sartiyasto, mengatakan target pengunjung pada bursa kerja selama dua hari itu sebanyak 2.500 orang.

Sebanyak 750 orang ditargetkan bisa mendapatkan penempatan kerja. “Untuk mendukung pencari kerja, Disperinaker memberikan pelayanan pendaftaran kartu AK1 [kartu tanda pencari kerja] di lokasi bursa kerja,” kata Sartiyasto dalam sambutannya saat pembukaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya