Gibran Rakabuming Raka. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Keberanian Gibran Rakabuming Raka maju dalam kontestasi Pilkada Solo 2020 tak lepas dari dorongan sosok kuat di belakangnya. Siapa dia? Orang itu diyakini berani memberikan garansi bahwa Gibran akan mendapatkan rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Gibran dinilai hanya merupakan front stage atau panggung depan sebuah panggung politik. Di belakangnya, ada sosok kuat yang berperan sebagai back stage yang dipercaya Gibran untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya, termasuk saat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo menutup pintu.

Hal itu disampaikan oleh pengamat politik Universitas Negeri Sebelas Maret Solo (UNS), Agus Riewanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (28/10/2019) malam. Menurut dosen Fakultas Hukum UNS itu, Gibran tidak akan senekat itu dalam memutuskan sendiri maju dalam Pilkada Solo.

Di sinilah peran sosok kuat tersebut bermain di belakang Gibran yang masih berusia muda. Sosok itu melindunginya, mendorong, dan menjamin Gibran akan menjadi calon Wali Kota Solo yang prospektif bagi PDIP maupun PDIP di Kota Solo.

Pengamat UNS Solo: Gibran Tak Salah Nyalon, Tapi Tak Elok

"Saya menduga DPC PDIP Solo terdapat dua faksi yang mendukung [Achmad] Purnomo-Teguh [Prakosa] maupun faksi tak terlihat mendukung Gibran. Pernyataan Gibran kan mengatakan dia sudah berkomunikasi dengan tokoh PDIP di Solo, tentunya ini ada orang yang menggaransi dia. Namun juga ada pihak luar PDIP yang memiliki jaringan khusus yang dapat meyakinkan Gibran bahwa ia dapat menang di Solo, selain Pak Jokowi ya," ujarnya.

Gibran Rakabuming Berpeluang Diusung PDIP? Puan Maharani: Ya Iya Dong

Agus menduga ada seorang tokoh dari DPC PDIP Kota Solo yang memiliki jaringan ke DPP PDIP, termasuk menghubungkan faksi Joko Widodo dengan DPP PDIP.

Rekomendasi 5 Hotel Murah tapi Berkelas di Solo

"Semua tahu Jokowi dulu sama seperti Gibran berlatar belakang pengusaha baru terjun sebagai kader PDIP. Itu juga membuat Gibran semakin percaya diri. Kalau ada yang mengatakan Gibran merupakan kader baru itu kan urusan lain yang jelas saat ini Gibran memiliki KTA PDIP," imbuhnya.

Teror Video Call Cabul Gegerkan Karanganyar

Ia menambahkan kedatangannya ke DPP PDIP tidak mungkin apabila Gibran hanya bermodal nekat, tumbuhnya percaya diri Gibran jelas ada yang mendorong terlepas ia anak Presiden.

Ia menjelaskan secara umum politik selalu ada mentor yang mendorong baik secara psikologis dan finansial.

Jarang Disorot, Ini Fakta Menarik Istri Didi Kempot

Apabila dicermati, Gibran turun sendiri saat menemui Ketua DPC PDIP Solo, FX. Hadi Rudyatmo, ke Kantor DPC PDIP Solo, dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

Wanita Cantik Anggota Dishub Solo Nyetir BST, Mau Naik?

Menurut Agus, Gibran ingin menunjukkan bahwa dia berani.

Padahal apabila dicermati sebelumnya di media massa terlihat Gibran bukan sosok percaya diri, berbanding terbalik dengan kondisi Gibran saat ini yang percaya diri.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten