News
Kamis, 9 April 2015 - 09:10 WIB

SOLOPOS HARI INI : Persiapan Pernikahan Putra Jokowi hingga Anggota DPR Berkelahi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Kamis, 9 April 2015

Solopos hari ini memberitakan persiapan pernikahan putra Jokowi hingga anggota DPR berkelahi.

Solopos.com, SOLO – Persiapan pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka hingga regenerasi PDIP menjadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Kamis (9/4/2015).

Advertisement

Kabar lain yang menjadi headline adalah rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu (8/4/2015), diwarnai perkelahian antara anggota Komisi VII daro PPP, Mustofa Assegaf, dan Wakil Ketua Komisi VIII dari Demokrat, Muljadi.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis, 9 April 2015;

DINAMIKA PARPOL: PDIP Butuh Regenerasi

Advertisement

PDIP menggelar kongres di Bali, Kamis (9/4) ini. Wacana posisi wakil ketua umum (waketum) bisa menjadi awal regenerasi setelah Megawati Soekarnoputri dipastikan menjadi Ketua Umum PDIP 2015-2020.

Politisi PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyatakan wacana posisi waketum perlu diusulkan dalam kongres. ”Diusulkan saja [posisi waketum PDIP] secara terbuka dalam kongres PDIP di Bali, sehingga ada adu argumen,” katanya di Semarang, Selasa (7/4).

Meski tidak secara tegas menyatakan setuju atau tidak tentang posisi waketum PDIP, Ganjar menilai posisi tersebut sangat strategis untuk persiapan regenerasi ketua umum. Sebab, lanjut dia, Megawati Soekarnoputri yang selama ini menjadi ikon partai perlu menyiapkan kader pemimpin berikutnya.

”Dalam proses regenerasi ketua umum PDIP berikutnya memang harus disiapkan mulai sekarang. Jika ada calon yang memang bagus, bisa ditempatkan sebagai wakil ketua umum,” tandas Ganjar.

Advertisement

Menanggapi kabar renggangnya hubungan Megawati dengan Presiden, Joko Widodo (Jokowi), mantan anggota FPDIP DPR ini membantah. Ganjar yang mengaku mengetahui secara detail hubungan petinggi PDIP mengungkapkan hubungan Megawati dan Jokowi harmonis. ”Hubungan Bu Mega dengan Pak Jokowi biasa saja. Saya sering satu mobil dengan Bu Mega mampir ke kediaman Pak Jokowi,” ungkapnya. Ganjar menilai Kongres PDIP akan lebih digunakan untuk mengkritik pemerintahan Presiden Jokowi, karena untuk pemilihan ketua umum sudah dipastikan akan memilih kembali Megawati Seorkarnoputri.

(Baca Juga: Ganjar Pranowo Usulkan Posisi Waketum PDIP, Fit and Proper Test Badrodin Tunggu Kongres PDIP, Kongres di Bali Ajang Rekonsiliasi Jokowi dan Elite PDIP)

KONFLIK KERATON SOLO: Pelantikan Plt. Raja Keraton Solo Dinilai Dagelan

Lembaga Kusuma Wandawa Keraton Solo melantik K.G.P.H. Puger sebagai kondang atau Pelaksana Tugas (Plt) Paku Buwono (PB) XIII. Pelantikan jabatan setara dengan wakil raja karena PB XIII dianggap melanggar hukum adat. Namun, kubu PB XIII menilai pelantikan hanya dagelan.

Advertisement

Menurut Wakil Pengageng Sasana Wilapa, Kanjeng Pangeran Winarno Kusumo, PB XIII telah lupa menjalankan kewajibannya sebagai raja. Salah satu kesalahan PB XIII yang melanggar hukum adat Keraton adalah dia tidak lagi duduk di dhampar kencana (kursi raja).

”Mungkin karena sakit atau desakan dari pengikutnya dan pendampingnya sehingga dia lupa menjalankan kewajibannya sebagai raja. Kalau tidak menjalankan kewajiban ya melanggar adat,” tuturnya.

Di samping itu, kata Winarno, penekenan memorandum of understanding (MoU) PB XIII dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga dianggap menyalahi adat. Ini karena persoalan Keraton bukan persoalan yang semestinya diselesaikan secara perseorangan.

(Baca Juga: Raja Solo Dianggap Tak Jalankan Kewajiban, Puger Diangkat Jadi Plt PB XIII!, Momentum Ini Bikin Geram Dewan Adat, Dewan Adat Ancam Gugat MoU Pemkot-Keraton)

Advertisement

PERILAKU WAKIL RAKYAT: Rapat dengan Menteri, Anggota DPR Berkelahi

Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu (8/4), diwarnai perkelahian antara anggota Komisi VII daro PPP, Mustofa Assegaf, dan Wakil Ketua Komisi VIII dari Demokrat, Muljadi.

RDP juga dihadiri Dirut PLN dan Pertamina. Insiden ini terjadi ketika proses tanyajawab antara anggota Komisi VII dengan Menteri ESDM, Sudirman Said.

Menurut salah seorang anggota Komisi VII DPR yang enggan disebutkan namanya, awalnya rapat berlangsung adem ayem sampai kemudian Mustofa menyampaikan pertanyaan kepada Sudirman Said. ”Ingat jangan lebih dari 10 menit,” kata Muljadi mengingatkan agar Mustofa tak panjang lebar dalam bertanya.

(Baca Juga: Anggota DPR PPP dan Demokrat Berkelahi, Sanksi Menanti, 2,5 Jam, Jokowi dan DPR Cuma Bahas Calon Kapolri dan APBNP 2015)

RENCANA PERNIKAHAN: Ibu Negara Pilih Kain Pesta Nikah Gibran-Selvi

Advertisement

Rencana pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, semakin terang. Simak laporan wartawan Solopos, Tri Rahayu, di Harian Umum Solopos hari ini, Kamis (9/4/2015).

(Baca Juga: 2 Kali ke Toko Depan Pasar Legi, Iriana Nyaris Tak Terlihat, Pesta Rakyat Semarakkan Pernikahan Gibran-Selvi, Inilah Foto-Foto Kebersamaan Gibran dan Selvi)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif