Wow! Warga Sukoharjo Jahit Bendera Raksasa, Panjangnya 4 Kali Mobil Avanza
Warga di Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo secara bergantian menjahit bendera merah putih ukuran 16x12 meter, Selasa (4/8/2020). (Solopos/ Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Warga Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, menjahit bendera Merah Putih berukuran raksasa, yakni panjang 16 meter dan lebar 12 meter.

Panjang bendera raksasa itu hampir setara panjang empat mobil Toyota Avanza. Saking besarnya bendera tak cukup satu orang untuk menjahitnya. Warga harus bergantian menjahit bendara tersebut.

Bendera raksasa adalah cara unik Museum Jawi yang berada di RT 002/RW 001 Jarak, Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bikin Kagum, Ini Potret Keindahan Puncak Merapi dari Embung Manajar Boyolali

Tahun lalu, museum ini mengadakan drama kolosal dengan tema perjuangan yang melibatkan ratusan orang. Kali ini, bersama museum tersebut, warga menjahit bendera merah putih sepanjang 16 meter dan lebar 12 meter.

Pemilik Museum Jawi, Antonius Bimo “Kokor” Wijanarko mengatakan peringatan hari kemerdekaan RI tahun ini digelar di tengah Pandemi Covid-19. Untuk mengisi kegiatannya pun tidak bisa dilaksanakan dengan melibatkan banyak orang.

"Tahun ini kami tidak menggelar drama kolosal seperti di tahun lalu. Kami hanya menjahit bendera merah putih ukuran 16x12 meter," kata Kokor kepada Solopos.com, Selasa (4/8/2020).

Viral Nyalon di Jogja Cuma Rp5.000, Dapat Cuci, Potong, sampai Catok

Dibutuhkan 10 Orang untuk Menjahit Bendara

Proses menjahit bendera merah putih raksasa dimulai sejak 1 Agustus lalu. Proses menjahit bendera dikerjakan dengan melibatkan 10 orang warga di sekitar Musuem Jawi.

Mereka menjahit secara bergantian setiap hari. Tak hanya kalangan tua, namun kegiatan menjahit bendera merah putih tersebut melibatkan anak-anak zaman now.

"Musuem Jawi hanya menyiapkan kain merah dan putih. Lalu dijahit oleh warga, dari lansia sampai pemuda," kata Kokor.

Yeay, Pemerintah Optimistis Vaksin Covid-19 Tersedia Tahun Depan

Dia mengatakan antusiasme warga terlibat dalam menjahit bendera Merah Putih ini sangat tinggi. Banyak warga yang berdatangan untuk ikut terlibat dalam menjahit bendera raksasa tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa cinta Tanah Air yang besar. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19, warga tetap berkreativitas untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. "Banyak cara tetap memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia saat Covid-19. Salah satunya dengan menjahit bendera merah putih," katanya.

Nantinya, bendera Merah Putih raksasa yang sudah selesai dijahit akan dibentangkan di kawasan lahan jati tak jauh dari Museum Jawi.

Salah seorang penjahit bendera merupakan warga setempat, Singat, 65, mengaku senang bisa terlibat dengan menjahit bendera merah putih. "Bendera merah putih ini menjadi pemersatu bangsa Indonesia. Jadi saya merasa bangga bisa terlibat ikut menjahit bendera merah putih," katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom