SOLOPOS.COM - Tangkapan layar angin putting beliung. (Instagram/ndorobeii)

Solopos.com, SOLO — Video Sejumlah warga Dusun Kedungranti, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berteriak “Cleret Tahun” usir angin puting beliung heboh di media sosial. Seorang warga sempat merekam detik-detik terbentuknya angin puting beliung raksasa di udara.

Viral Paman Tendang Ponakan Hingga Terpental, Netizen Geram

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Baru-baru ini diketahui angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah Gunungkidul DIY. Bencana puting beliung itu datang secara tak terduga pada Kamis (5/11/2020). Seorang warga Dusun Kedungranti, Kecamatan Nglipar Gunung Kidul sempat merekam detik-detik terbentuknya angin puting beliung tersebut.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii pada Kamis (5/11/2020). Terlihat sebuah pusaran besar yang ada di udara. Angin puting beliung tersebut sangat panjang dan ukurannya cukup besar. Sementara langit terlihat dalam kondisi mendung dan gelap.

Dalam rangkaian video tersebut, warga terlihat bersahutan meneriakkan kata “Cleret tahun.” Menurut informasi yang beredar, kalimat tersebut dipercaya dapat menghindarkan masyarakat dari bahaya yang akan datang.

Video Syur Wanita Mirip Gisel Viral, Kominfo: Akan Di-Take Down!

Seorang wanita juga terdengar mengucapkan kalimat istighfar melihat angin puting beliung tersebut. Terdengar seorang laki-laki yang meminta wanita di video tersebut, untuk mengenakan mantel. Terlihat dalam video tersebut, terjadinya angin puting beliung itu disertai dengan turun hujan.

Dalam video kedua, angin puting beliung tampak menerjang rumah-rumah warga. Terlihat pohon-pohon tumbang hingga genteng beterbangan. Dalam video tersebut, sejumlah warga berteriak kalimat istighfar dan takbir karena ganasnya angin puting beliung tersebut.

Video Instagram

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Angin puting beliung terjadi Kamis 05/11/20 sore tadi di Kalurahan Kedungranti Kapanewon Nglipar Kabupaten Gunungkidul. Menurut informasi banyak rumah rusak hingga roboh dan pohon tumbang. Info @waluyomantep

Sebuah kiriman dibagikan oleh ????????? (@ndorobeii) pada

Komentar Netizen

Beberapa netizen yang melihat video ini, ikut merasa ngeri karena angin puting beliung ini. Ada banyak komentar yang ikut berdoa semoga dari bencana tersebut tidak menimbulkan korban. Sebagian netizen juga menasihatkan untuk melantunkan azan guna mengusir angin puting beliung tersebut.

Ini Kata Big Hit Soal Kesehatan Suga BTS Pasca-Operasi...

Ya Allah smoga semua dalam lindunganMu,” kata akun Instagram @vndzzh.

Innalillahi,” tulis akun Instagram @rsydbill.

Innalillahi wa innailahi rojiun.. semoga ga ada korban jiwa,” ujar akun pit_riw2016.

Harusnya adzan ya sampe selesai,, br baca do’a atau dzikir yang lainnya,” kata akun Instagram @jamalhananaqila.

Dilansir Suarajogja.id jaringan Suara.com, Jumat (6/11/2020). Kepala Pelaksaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Eddy basuki mengatakan bahwa hujan deras dan angin kecang hampir merata melanda kawasan Gunungkidul. Hujan deras dan angin ini berlangsung selama hampir 1 jam.

Buat Para Pria, Ini Rahasia Agar Bercinta Tahan Lama Tanpa Obat

Puluhan bangunan mengalami kerusakaan akibat peristiwa tersebut. Dari data sementara, pihaknya mendapatkan informasi setidaknya ada 48 rumah dari beberapa RT di Kalurahan Nglipar. Selain itu Di Kapanewonan Karangmojo, ada 18 rumah di Wiladeg dan Nglampar rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya