Wah, Kota Solo Bakal Punya Taman Skateboard di Bawah Flyover Purwosari
Pemkot Solo dan pihak terkait menggelar uji coba flyover Purwosari, Solo, Kamis (17/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Area kosong di bawah Flyover Purwosari Solo tepatnya di sisi barat perlintasan sebidang bakal dibangun taman bermain skateboard. Area seluas 40 meter x 14 meter itu nantinya juga bisa digunakan untuk arena sepeda BMX.

Saat ini konsep pembangunan masih terus dimatangkan. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jateng Alik Mustakim, mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo serta komunitas skateboard untuk membahas pembangunan taman. Pengerjaan sekurangnya memakan waktu satu bulan.

“Proyek arena skateboard ini menjadi tanggung jawab kami untuk mengakomodasi permintaan Pemkot. Untuk desain dan finalisasi anggaran masih terus dimatangkan. Pengerjaan dari pelaksana proyek dari flyover. Konsepnya pembangunan playground area untuk skateboard, bisa juga digunakan untuk sepeda BMX,” kata dia, kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Misteri Alas Purwo, Ibu Kota Alam Gaib Indonesia

Alik mengatakan apabila desain dan formulasi anggaran sudah pasti, pembangunan arena skateboard itu membutuhkan waktu pengerjaan selama satu bulan. Mengingat pembangunan wahana tersebut membutuhkan proses pengerukan tanah, pembetonan, hingga detailing item-item yang diperlukan.

“Kalau bisa sekalian selesai saat Flyover Purwosari juga selesai. Kami upayakan bisa selesai bersamaan, kalaupun tidak itu juga tidak menyalahi kontrak," terang Alik.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR Kota Solo, Joko Supriyanto, menyebut rencana pembangunan taman skateboard tersebut sejalan dengan wacana Pemkot beberapa waktu lalu. Joko mengatakan sedianya rencana pembangunan skateboard itu melalui corporate social responsibility (CSR).

“Karena tidak terwujud, kami mengajukan ke Kementerian PUPR untuk dibuatkan skatepark, ternyata bisa diakomodasi," imbuh dia.

Mengenal Trypanophobia Atau Fobia Jarum Suntik dan Cara Mengatasinya

Joko mengatakan pembangunan arena skateboard tersebut sebelumnya pernah diwacanakan di eks SPBU Panggung, hingga sekitar Kali Pepe, namun belum terealisasi.

“Ternyata terwujud di bawah Flyover Purwosari ini. Jadi itu area bermain skateboard dan BMX terbuka untuk umum, bukan milik komunitas tertentu tapi milik masyarakat," ucapnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom