Mengenal Trypanophobia Atau Fobia Jarum Suntik dan Cara Mengatasinya
ilustrasi fobia jarum suntik (Freepik)

Solopos.com, SOLO-- Hampir setiap orang  pasti punya ketakutannya masing-masing, salah satunya adalah jarum suntik. Tapi, pernahkah kalian dengar mengenai trypanophobia alias takut jarum suntik?

Melansir dari Liputan6.com belum lama ini, trypanophobia adalah ketakutan ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik. Istilah ini terkadang juga disebut aichmophobia, belonephobia, atau enetophobia.

Namun, istilah tersebut umumnya menunjukkan rasa takut pada peniti, jarum, atau benda tajam. Sementara itu, trypanophobia juga mencakup aspek medis dari rasa takut.

Trypanophobia secara resmi diakui dalam American Psychiatric Association Diagnostics and Statistics Manual of Mental Health Disorders, pada tahun 1994 sebagai fobia spesifik jenis cedera injeksi darah.

Penyebab dan Gejala

Banyak orang tentunya punya banyak kekhawatiran saat bersentuhan dengan jarum. Namun, fobia jarum membuat ketakutannya tak bisa diatasi, mengganggu, dan orang yang merasakannya tidak bisa melakukan apa-apa terhadap ketakutan ini.

Pada beberapa kasus, fobia ini muncul karena pengalaman buruk di masa kecil. Misalnya, saat mereka sakit parah atau mendapat suntikan yang sangat menyakitkan bahkan sampai pingsan.

Beberapa psikolog percaya bahwa rasa takut disuntik mungkin berawal dari pikiran bahwa luka tusukan pasti berbahaya bahkan sampai mematikan.

Bicara tentang gejalanya, sebelum perawatan medis pada penderita trypanophobia biasanya akan muncul sejumlah gejala, seperti pusing, cemas, keringat dingin, gelisah, bahkan pingsan.

Gejala ini akan memicu penurunan tekanan darah dan detak jantung yang meningkat menjelang prosedur medis dilakukan. Namun, perlahan rasa takutnya akan mereda saat pengidap sudah melalui proses pengobatan yang melibatkan jarum.

Komnas KIPI: Belum Ada Laporan Efek Samping Serius Vaksin Covid-19

Bahaya atau tidak?

Rasa takut terhadap jarum tidak hanya dialami terhadap anak kecil, tetapi juga orang dewasa. Sayangnya, tak sedikit orang yang menganggap sepele, bahkan menjadikannya bahan lelucon karena dianggap mirip dengan anak kecil yang takut jarum.

Padahal, Ketakutan terhadap jarum dan suntikan dapat membuat penderita trypanophobia enggan datang ke pelayanan kesehatan. Walaupun, dalam keadaan sakit, mereka akan menolak untuk bertemu dokter meski membutuhkan pengobatan.

Bahkan, dalam beberapa kasus , penderita trypanophobia menolak untuk melakukan cek kesehatan rutin.

Cara Mengatasinya

Lalu, bagaimana cara mengatasi trypanophobia? Apalagi saat ini pemerintah mewajibkan vaksinasi untuk mengatasi wabah Covid-19. Berikut ulasannya, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber

1.Katakan pada Dokter

Hal pertama yang kalian harus lakukan jika punya fobia jarum suntik adalah katakan kondisi sebenarnya pada dokter Dengan begitu, tim medis akan memberikan langkah perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati, sehingga gejala tidak terus muncul saat perawatan dilakukan.

2.Lakukan Applied Tension

Langkah untuk mengatasi trypanophobia selanjutnya adalah mencoba untuk melakukan applied tension. Caranya dengan mencari tempat yang nyaman untuk duduk, kemudian lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki selama 10-15 detik.

Kemudian, perbaiki posisi duduk menjadi lebih tegak selama 20 detik dan ulangi gerakan yang sama untuk melemaskan otot- otot. Lakukan itu secara berulang agar kalian merasa lebih baik.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal. lakukan cara tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari selama satu minggu sebelum perawatan medis dilakukan.

Banyak Yang Beda Dari Samsung Galaxy S21+ 5G, Kamu Wajib Upgrade!

3.Latihan Pernapasan

Selain melakukan teknik applied tension, lakukan juga latihan pernapasan untuk mengatasi rasa takut jarum suntik. Caranya dengan duduk dengan nyaman, dengan posisi punggung tegak, tapi tidak kaku.

Kemudian letakkan satu tangan di depan perut, dan ambil nafas panjang dari hidung. Keluarkan nafas secara perlahan lewat mulut. Lakukan latihan ini sebanyak lima kali hingga kalian merasa nyaman.

4.Hadapi Ketakutan

Setelah semua cara di atas, kalian harus menghadapi rasa takut tersebut. Tanamkan dalam pikiran kalian bahwa jarum yang menusuk rasanya tidak sesakit yang dipikirkan, atau setara dengan gigitan semut atau cubitan tangan.

Memang tidak mudah melakukan ini, tapi jika dilakukan secara konsisten, rasa takut dapat dikendalikan dengan baik.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom