Misteri Alas Purwo, Ibu Kota Alam Gaib Indonesia
Gerbang Taman Nasional Alas Purwo. (travelingyuk.com)

Solopos.com, BANYUWANGI – Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur, mendadak menjadi perbincangan warganet di media sosial. Tagar #AlasPurwo bahkan menjadi salah satu trending topic di Twitter Indonesia, Senin (18/1/2021).

Perbincangan tentang Alas Purwo ini ternyata dimulai dari pernyataan Om Hao di video Kisah Tanah Jawa yang melakukan perjalanan di sana. Dia menyebut Alas Purwo merupakan ibu kota alam gaib Indonesia.

Konon di sana bersemayam raja genderuwo. Sampai saat ini orang yang masuk ke sana biasanya akan tersesat. Banyak rumor beredar mengenai orang orang yang hilang di hutan tersebut.

Warga Plupuh Sragen Mendadak Hilang, Diduga Terjun ke Bengawan Solo

Bahkan ada juga cerita tentang orang-orang yang penasaran dan masuk Alas Purwo tapi mereka tak bisa keluar dan tertelan selamanya di rapatnya pepohonan. Hal tersebut karena orang-orang tersebut punya niat jahat dan hati yang kotor.

Mitos lain yang berkembang adalah orang yang lahir saat matahari terbit atau terbenam bakal bertemu harimau di hutan. Cerita yang dikenal masyarakat adalah Alas Purwo adalah daerah dimana kerajaan jin berdiri. Bahkan menurut cerita, kerajaan jin di sini begitu besar, megah dan sangat ramai. Bagi orang-orang tertentu yang memiliki kelebihan, mereka bisa melihat kerajaan jin di Alas Purwo ini.

Ribuan Ekor Puyuh di Karanganyar Mati Mendadak

Alas Purwo merupakan hutan legendaris di ujung timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi Jawa Timur. Banyak misteri yang tak pernah terungkap di hutan ini.

Salah satunya adalah mengenai mitos bahwa yang berani masuk ke hutan ini tidak akan pernah kembali. Kalaupun berhasil kembali, orang tersebut pasti akan tertimpa kemalangan dalam hidupnya.

Tempat Semedi Ir Soekarno

Hutan ini juga kerap dijadikan tempat bersemedi oleh masyarakat setempat, khususnya setiap 1 Sura. Mendiang Presiden Soekarno juga dikabarkan pernah bersemedi di salah satu gua di dalam Alas Purwo.

Penduduk setempat percaya di tempat bersemayam para jin seantero Nusantara. Hutan tertua di Pulau jawa ini menyandang berbagai predikat magis seperti tempat pesugihan, tempat semedi, dan hal mistis lainnya.

Pada zaman dahulu, di hutan inilah para raja sering berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri. Goa Istana ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi untuk bertapa atau mencari ilmu gaib.

Karangan Bunga Sadis Gegerkan Pesta Nikah Warga Masaran Sragen, Begini Ceritanya 

Masyarakat setempat percaya bahwa Goa Istana di Alas Purwo dijaga dua prajurit jin yang bertubuh besar. Itulah kenapa banyak orang yang sering bersemedi di gua paling fenomenal di Pulau Jawa ini.

Alas Purwo memang terlihat seperti hutan-hutan pada umumnya, banyak pohon dan sangat lebat. Namun ketika Anda bisa masuk ke dalamnya, tempat ini menunjukkan pemandangan yang beragam. Salah satunya terdapat banyak gua yang menyebar di penjuru hutan. Kabarnya, masing-masing gua tersebut ada penghuninya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom