Waduh, Vaksin Untuk Imunisasi Anak di Wonogiri Mulai Langka, Termasuk Polio dan Rubella

Stok vaksin untuk imunisasi rutin anak di Kabupaten Wonogiri mulai langka, banyak warga kecele saat hendak mengimunisasikan anak mereka.

 Ilustrasi imunisasi. (Antara-M. Risyal Hidayat)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi imunisasi. (Antara-M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, WONOGIRI — Vaksin yang masuk dalam program imunisasi rutin anak dari pemerintah di Wonogiri saat ini semakin sulit didapatkan. Bahkan, Pemkab Wonogiri tidak memperoleh suplai beberapa jenis vaksin sejak Maret 2021 lalu.

“Beberapa warga menyampaikan keluhan kelangkaan vaksin bayi melalui kanal-kanal aduan Pemkab Wonogiri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Adhi Dharma, didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Mardiyanto, di ruang kerjanya, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, banyak warga yang kecele saat akan mengimunisasikan anaknya. DKK sudah melaporkan kekosongan vaksin imunisasi rutin untuk bayi itu kepada Bupati Wonogiri. Vaksin untuk program imunisasi wajib untuk bayi sudah lama kosong.

Baca Juga: Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

“Vaksin Pentabio [DPT HB HiB] dan Measless Rubella [MR] sudah tidak disuplai sejak Maret 2021. Sedangkan vaksin Inactivated Polio Vaccine [IPV] sudah tidak disuplai sejak Mei 2021 lalu,” ungkap dia.

Adapun vaksin untuk imunisasi anak yang masih tersedia di Kabupaten Wonogiri saat ini yakni vaksin Hepatitis B (HB 0), BCG, dan Oral Polio Vaccine (OPV). Adhi tidak mengetahui penyebab tidak adanya suplai beberapa vaksin itu.

Baca Juga: Salut! Rutan Wonogiri Bagi-Bagi Paket Sembako ke Warga Terdampak PPKM

Daerah Tidak Bisa Mengadakan Sendiri

Semua vaksin program imunisasi pemerintah ditanggung pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pemerintah daerah tidak bisa mengadakan sendiri atau mandiri.

“Vaksin program pemerintah untuk bayi itu diproduksi oleh Biofarma. Sedangkan pendistribusiannya oleh Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi kemudian diberikan ke DKK,” ujarnya.

Baca Juga: Kawasan Perbatasan Wonogiri-Sukoharjo Bakal Dipermak Dan Dibikin Lebih Cantik

Puskesmas dan rumah sakit memperoleh vaksin program pemerintah dari DKK. Beberapa Puskesmas atau rumah sakit dimungkinkan masih mempunyai vaksin sisa stok beberapa bulan lalu. Namun, jumlahnya semakin menipis.

“Vaksinasi untuk bayi suatu saat akan tersedia. Selama menunggu, kami berharap masyarakat berhati-hati dengan mengantisipasi. Misalnya yang belum divaksin BCG, berhati-hati jangan dekat-dekat penderita TBC dulu,” kata Adhi.

Baca Juga: Cetak Rekor Lagi! Satu Hari, Ada 40 Pemakaman Prokes Covid-19 di Wonogiri

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemkot Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Begini Prosedurnya

Pemkot Solo membantu memfasilitasi kalangan pelaku usaha dan kantor instansi yang ingin mendapatkan QR Code PeduliLindungi.

Berbulan-Bulan Tutup, Pengelola Objek Wisata Air Klaten Kewalahan Biayai Perawatan

Pengelola objek wisata air di Kabupaten Klaten khawatir tak lagi bisa menanggung biaya perawatan jika tak segera menerima pengunjung.

Pemkab Sragen Beli Lahan Rp9 Miliar untuk Bangun Kantor, Legislator Soroti Urgensinya

Pemkab Sragen membeli lahan seharga Rp9 miliar untuk membangun gedung perkantoran baru pada 2022 mendatang.

Banyak Pemohon BPUM di Wonogiri yang Tak Lolos, Ternyata Ini Penyebabnya

Banyak pemohon BPUM di Kabupaten Wonogiri yang tak lolos karena adminitrasi yang disetorkan tidak sesuai dengan ketentuan.

RSUD Ngipang Solo Bakal Dibangun 6 Lantai, Apa Saja Fasilitasnya?

Pemkot Solo berencana mengembangkan RSUD Ngipang dengan membangun gedung setinggi enam lantai di lahan belakang rumah sakit.

Pelaku Perusakan SDN di Wonosamodro Boyolali Belum Terungkap, Ini Penjelasan Polisi

Pelaku kasus perusakan bangunan SDN 2 Gunungsari, Wonosamodro, Boyolali, belum terungkap setelah penyelidikan sekitar tiga pekan.

Ngeri! Penambang Pasir Sragen Kerap Temukan Tengkorak Manusia di Bengawan Solo

Sejumlah penambang pasir di Kedungupit, Sragen, kerap menemukan tengkorak manusia saat melakukan aktivitas penambangan.

Waduuuh! Ratusan Pemohon BPUM di Wonogiri Terindikasi Usahanya Abal-Abal

Ratusan pemohon program bantuan untuk pelaku usaha mikro (BPUM) 2021 di Kabupaten Wonogiri terindikasi usahanya abal-abal.

Ketua Tikus Pithi Ingin Rombak Sistem Pendidikan dengan Penjurusan Anak Sejak Dini

Ketua Tikus Pithi Hanata Baris, Tuntas Subagyo, menilai sistem pendidikan nasional perlu dirombak denga mengakomodasi penjurusan sejak dini.

Dahsyatnya Bakso Tumpeng Merapi Glodogan Klaten, Lelehan Sambelnya Meledak di Mulut

Warung di Glodokan, Klaten Selatan, Klaten, menjual bakso unik dengan bentuk seperti tumpeng dan lelehan sambel seperti lava Gunung Merapi.

Cegah Klaster Sekolah di Solo, Pemkot Gelar Swab Acak Saat PTM

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyasar puluhan sekolah yang menggelar pertemuan tatap muka (PTM) terbatas untuk uji swab antigen acak.

Memasuki Musim Hujan, Waspadai Penyakit Ini di Wonogiri

Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai beberapa penyakit yang akan muncul.

Derita Penambang Pasir Bengawan Solo Sragen: Sudah Mandi Berkali-Kali, Badan Tetap Bau

Para penambang pasir di Sungai Bengawan Solo wilayah Sragen mengaku sulit menghilangkan bau badan akibat terkena air sungai yang tercemar limbah.

150 Siswa SMKN 2 Solo Tiba-Tiba Dites Swab, Ada Apa?

Sekitar 150 siswa dan para guru SMKN 2 Solo mengikuti tes swab di sekolah mereka, Rabu (22/9/2021).

Berbulan-Bulan Nunggu, Siswa SLB-B YAAT Klaten Senang Bisa Sekolah Tatap Muka

SLB B YAAT Klaten menjadi satu-satunya SLB yang menggelar simulasi PTM mulai Senin (20/9/2021), dari total 14 SLB di Klaten.