Salut! Rutan Wonogiri Bagi-Bagi Paket Sembako ke Warga Terdampak PPKM

Rutan Kelas II B Kabupaten Wonogiri menyerahkan puluhan paket sembako kepada warga Wonogiri yang terdampak PPKM level 4.

 Kepala Rutan Kelas II B, Daniel Kristanto, memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak dengan adanya PPKM level 4 di Rutan Kelas II B Wonogiri, Kamis (29/7/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Kepala Rutan Kelas II B, Daniel Kristanto, memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak dengan adanya PPKM level 4 di Rutan Kelas II B Wonogiri, Kamis (29/7/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Rutan Kelas II B Kabupaten Wonogiri menyerahkan puluhan paket sembako kepada warga Wonogiri yang terdampak dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Kepala Rutan Kelas II B, Daniel Kristanto, melalui Kepala Keamanan Rutan Wonogiri, Agus Susanto, mengatakan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako itu disalurkan atas arahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Bansos ini disalurkan dalam rangka Bhakti Kemenkuham terhadap warga terdampak Covid-19. Dengan tema Kemenkumham peduli dan berbagi. Ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia,” kata dia di ruang kerjanya, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Kupat Glabed, Pengganjal Perut Terpopuler di Tegal

Di Wonogiri, kata Agus, jumlah sembako yang dibagikan kepada warga terdampak ada 50 paket. Sebanyak 20 peket diserahkan kepada warga Tandon, Desa Pare, Kecamatan Selogiri dan 20 peket disalurkan kepada warga Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri.

Sementara itu, 10 paket sembako lainnya disalurkan kepada warga atau masyarakat di sekitar Rutan Wonogiri. Adapun bantuan paket sembako itu berisi kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, mi instan dan susu.

“Kegiatan diawali dengan pertemuan virtual seluruh jajaran Kemenkumham di Indonesia dengan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang terdampak dengan adanya PPKM level 4. Setelah itu kami terjun ke lapangan memberikan bantuan kepada warga di Tandon dan Giritirto,” ungkap dia.

Agus menuturkan, penyerahan bansos itu bukan tanpa alasan. Berdasarkan informasi yang ia peroleh dari hasil pertemuan virtual dengan Menteri Hukum dan HAM, dalam waktu dua tahun terakhir, pandemi Covid-19 telah merenggut banyak hal dari kehidupan. Kondisi itu memunculkan keprihatinan bagi masyarakat, seperti naiknya angka kemiskinan yang dibarengi dengan melonjaknya pengangguran.

Namun, sejak pemerintah menggulirkan kebijakan PPKM Level 4, terdapat tren penurunan mobilitas hampir di semua wilayah. Pembatasan pergerakan masyarakat menjadi faktor penting sebagai upaya pemutusan transmisi Covid-19.

Saat ini, kasus aktif, positivity rate, dan kasus harian menurun. Kesembuhan mulai terlihat pada pekan ketiga pelaksanaan PPKM. Namun, diharapkan masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: 2 Atlet Panahan Indonesia Gugur di 64 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Atas kondisi itu, lanjut Agus, Kemenkumham memberikan bantuan sosial sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar Rp700 juta. Paket diberikan kepada 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung dengan adanya pandemi Covid-19 dan 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19.

“Sebagai insan pengayoman, melalui program pemberian bantuan sosial semoga apa yang kami lakukan dapat membantu meringankan beban mereka yang terdampak langsung pandemi Covid-19,” kata Agus.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ramai Banteng Vs Celeng di PDIP, Dencis: Jangan Sak Karepe Dewe!

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Denny Nurcahyanto alias Dencis mengomentari polemik banteng vs celeng yang belakangan memanas di internal parpol tersebut.

Minim, Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman UMKM Sukoharjo Baru Terserap 15%

Serapan bantuan subsidi bunga pinjaman modal UMKM yang digulirkan Pemkab Sukoharjo untuk mendorong pemulihan ekonomi hingga Oktober ini baru mencapai 15%.

Rombongan Suporter asal Jogja Lintasi Colomadu, Sempat Bikin Macet

Rombongan konvoi suporter asal Jogja sempat bikin macet saat melintas di Colomadu, Karanganyar, dalam perjalanan pulang dari Solo.

Kisah Sukarelawan Klaten, Tak Panik Saat Tahu Terpapar Covid-19

Sukarelawan BPBD Klaten justru terang-terangan memberitahukan ke beberapa orang yang telah ditemuinya bahwa dirinya sedang terpapar virus corona, sejak beberapa hari terakhir.

BPR BKK Wonogiri Laba Capai Rp8,5 Miliar

Dari hasil usaha 2021 ini diproyeksikan dapat memberikan deviden bagi dua pemegang saham, yakni Pemprov Jateng dan Pemkab Wonogiri pada 2022 mendatang total senilai Rp4,639 miliar.

Walah, Polemik Banteng Vs Celeng PDIP Disebut Hanya Setingan

Polemik di internal PDIP hingga memunculkan narasi banteng vs celeng belakangan ini disebut hanya setingan untuk menaikkan popularitas Ganjar dan PDIP.

BPS Kaji Dampak Pandemi Terhadap Pelaku Usaha

Survei ini menjadi sarana mendapatkan informasi kondisi kegiatan usaha terkini.

Terdampak Tol Solo-Jogja, Lahan Kas Desa di Klaten Malah Bertambah

Jumlah total lahan pengganti yang bisa didapatkan panitia desa setempat mencapai 32 bidang atau sekitar 72.000 meter persegi.

Siap-Siap Pedagang Boleh Berjualan Lagi di Alun-Alun Wonogiri

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan pelonggaran ini untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

Anggota Ormas Patriot Ganjar Pranowo Diklaim Tersebar di 4 Benua

Anggota ormas Patriot Ganjar Pranowo (Pagar) yang akan deklarasikan dukung Gubernur Jateng itu di Pilpres 2024 pada Sabtu (16/10/2021) ini tersebar di empat benua.

Mobil Listrik Klasik untuk Wisata Solo Segera Beroperasi, Ini Rutenya

Dinas Perhubungan Kota Solo merancang tujuh rute yang akan dilewati mobil listrik wisata bergaya klasik bantuan dari Tahir Foundation.

Punya Wilayah Rawan Longsor, Musuk Dijadikan Desa Tangguh Bencana

Satu dusun di Desa Musuk, Kecamatan Sambirejo, Sragen, merupakan kawasan bencana longsor. Dusun itu dihuni lebih dari 42 keluarga.

3 Pemanjat Tugu Triangulasi Terungkap, Dilarang Setahun Naik Merbabu

Tiga pendaki salah satunya dari Sukoharjo dikenai hukuman larangan mendaki Gunung Merbabu selama setahun karena memanjat Tugu Triangulasi di puncak Merbabu.

Ada Polemik Banteng Vs Celeng, DPC PDIP Klaten Adem Ayem

 Pengurus PDIP Klaten menilai masih terlalu dini untuk berbicara tentang sosok kader PDIP yang pantas maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rubicon Hilang di Sukoharjo Ketemu? Polres: Kasusnya Ditangani Polda

Polres Sukoharjo mengatakan kasus mobil Jeep Wrangler Rubicon hilang di perumahan elite wilayah Gentan ditangani Polda Jateng.