Tutup Iklan

Vaksinasi Merdeka Candi, Panglima TNI Targetkan 1 Juta Vaksin Per Hari

Panglima TNI mengatakan pelaksanaan vaksinasi merupakan strategi untuk menekan angka persebaran Covid-19, selain penerapan pola 3M dan 3T.

 Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang dengan vaksinator dari TNI saat pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021). (Semarangpos.com-Pendam IV Diponegoro)

SOLOPOS.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang dengan vaksinator dari TNI saat pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021). (Semarangpos.com-Pendam IV Diponegoro)

Solopos.com, SEMARANG – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, meninjau pelaksanaan hari pertama Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021).

Vaksinasi itu digelar dalam rangka mempercepat herd immunity penduduk Jateng sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (RI).

Panglima TNI mengatakan pelaksanaan vaksinasi merupakan strategi untuk menekan angka persebaran Covid-19, selain pola 3M dan 3T. Selain itu ada beberapa target yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Agar herd immunity tercapai yakni menggelar vaksin dengan jumlah sasaran 1 juta orang per hari.

Baca juga: Gawat! Gaji Bintara TNI AD Disunat Pimpinan

Selain vaksin 1 juta per hari, Panglima TNI juga meminta agar pelaksanaan tracing dan testing digencarkan hingga positivity rate mencapai angka 5%, dengan harapan rasio 1:15. Selain itu, reproduksi efektif Covid-19 (Rt) di bawah angka 1 dalam kurun 14 hari.

“Apabila target itu tercapai, maka Jateng bisa tercapai herd immunity,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI juga menekankan kepada seluruh masyarakat untuk memiliki kesadaran kolektif dalam melaksanakan 3M dan 3T. Kedisiplinan dalam menerapkan 3M dan 3T mencapai cara ampuh mengatasi persebaran Covid-19 varian Delta yang disebut lebih ganas dari varian lain.

Baca juga: Gubernur Ganjar Jamin Stok Vaksin Jateng Ditambah Setiap Pekan

Panglima TNI Cek Vaksinasi

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, mengatakan Vaksinasi Merdeka Candi merupakan vaksinasi massal yang digelar mulai 5-17 Agustus di seluruh wilayah Jateng. Dalam kegiatan ini, pihaknya menyediakan sekitar 608.000 dosis vaksin.

Kapolri berharap target itu bisa terpenuhi sehingga laju pertumbuhan Covid-19 bisa ditekan. Jika “Tentunya kita ingin akselerasi ini betul-betul dilaksanakan, dengan mengambil momen Hari Kemerdekaan. Harapan kami, vaksinasi kemerdekaan ini bisa membantu percepatan dalam penyelenggaraan vaksinasi,” jelas Kapolri.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Jatidiri Semarang, Panglima TNI juga menggelar video conference dengan beberapa jajaran Kodim di wilayah Kodam IV Diponegoro. Vicon tersebut membahas seputar pelaksanaan vaksin yang diterapkan aparat TNI di jajaran Kodim di wilayah Kodam IV Diponegoro.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebut Penetapan UMK 2022 Jateng Inkonstitusional, Buruh Siapkan Gugatan

Buruh di Jateng yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Tengah menyebut penetapan UMK 2022 di Jateng yang diputuskan Gubernur Ganjar Pranowo inkonstitusional.

Bupati Grobogan Minta Permasalahan Pertanian di MT Satu Diselesaikan

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengingatkan masih ada pekerjaan rumah terkait pertanian pada musim tanam satu (MT-1).

Gasak 16 Tabung Oksigen RSUD Muntilan, Warga Semarang Ditangkap

Seorang warga Kota Semarang ditangkap aparat kepolisian setelah mencuri 16 tabung oksigen milik RSUD Muntilan, Kabupaten Magelang.

Kapal Kebakaran di Cilacap, Distribusi Pupuk di Jateng Aman

PT Pupuk Indonesia memastikan kebakaran yang melanda kapal bermuatan pupuk, KM Soemantri Brodjonegoro, di perairan Cilacap tak berdampak pada alur distribusi pupuk di Jateng.

Salatiga Terapkan PPKM Level 1, Wali Kota: Tetap Disiplin Prokes

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, memutuskan status PPKM di wilayahnya menjadi level 1 berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri).

5 Rekomendasi Kuliner Khas Pemalang

Inilah rekomendasi lima kuliner khas Pemalang yang lezat dan wajib dicicipi.

Keripik Jamur Dieng, Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Keripik jamur dieng merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Wonosonbo, Jawa Tengah, yang biasa dijadikan oleh-oleh.

Pekalongan Terancam Tenggelam, Ini Sabuk Hijau Penangkal Abrasi

Pekalongan Mangrove Park merupakan wilayah sabuk hijau yang membentengi wilayah pesisir pantai utara Jawa Tengah itu dari abrasi yang mengancam tenggelamnya daratan.

Asale Kuliner Tempe Mendoan, Fast Food Kearifan Lokal Khas Banyumas

Kuliner tempe mendoan khas Banyumas merupakan wujud fast food dengan kearifan lokal yang sarat makna.

Berdalih Depresi, WNA di Magelang Simpan Puluhan Pil Psikotropika

Seorang warga negara asing atau WNA di Kabupaten Magelang ditangkap polisi karena menyimpan puluhan pil jenis psikotropika.

Waduh! Gadis Bawah Umur di Grobogan Jadi Korban Pemerkosaan Tetangga

Seorang tokoh agama di Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, NR, 58, ditangkap polisi, diduga telah memperkosa tetangganya, NV, 12.

UMK Jateng 2022 Ditetapkan, Rata-Rata Naik 0%, Paling Tinggi Sukoharjo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah menetapkan UMK 2022 untuk 35 kabupaten/kota di Jateng yang kenaikannya rata-rata sangat minim.

Kapal Bermuatan Pupuk Kebakaran di Perairan Cilacap

Sebuah kapal bermuatan pupuk mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu, Cilacap.

Legenda Aji Saka dan Cikal-Bakal Aksara Jawa

Legenda tentang Aji Saka diyakini berkaitan dengan asal-usul serta peradaban orang Jawa, termasuk menjadi cikal-bakal lahirnya aksara Jawa.

Asale Bahasa Ngapak, Ternyata Dari Suku Kutai di Kalimantan Timur

Bahasa Bayumasan alias bahasa Ngapak ternyata berasal dari dialek Suku Kutai, Kalimantan Timur, yang menetap di Jawa Tengah.