Kategori: Karanganyar

Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan, Kemenag Karanganyar Sarankan Setelah Buka Puasa


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar menyarankan vaksinasi Covid-19 untuk umat Islam saat Bulan Ramadan dapat dilaksanakan setelah buka puasa.

Untuk diketahui, Ramadan tahun ini akan dimulai bertepatan dengan Bulan April, di mana pemerintah rencananya masih menjalankan program vaksinasi Covid-19.

Saat ini, prioritas sasaran vaksinasi saat ini adalah orang lanjut usia dan petugas pelayan publik.

Baca juga: Ayo Mulai Siapkan Berkas Persyaratan, Seleksi CPNS dan PPPK Segera Dibuka

"Vaksinasi selama Bulan Puasa Ramadan enggak apa-apa. Mungkin regulasinya bisa dilaksanakan setelah buka puasa. Teknis saja itu. Kan ada syarat vaksinasi yakni mempersiapkan fisik. Salah satunya kan makan. Makanya kami sarankan malam hari saja," tutur Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, Wiharso, saat berbincang dengan wartawan di sela-sela kegiatan di kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (17/3/2021).

Kebijakan dan Hal Teknis

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Sundoro, menuturkan Dinkes masih belum memutuskan perihal vaksinasi Covid-19 selama Bulan Ramadan. Hal itu berkaitan dengan kebijakan dan hal teknis.

"Belum ada instruksi soal itu. Tetapi yang saya dengar bahwa diperbolehkan vaksin [selama Ramadan]. Tetapi kan teknis sebaiknya setelah buka puasa. Supaya imunitas meningkat," ujar Sundoro saat dihubungi Solopos.com, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Alasan Warga Karanganyar Berjudi, Ngaku Pusing Dimintai Uang Istri

Selain itu, Sundoro juga perlu memperhitungkan kesiapan tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi vaksinator Covid-19. Dinkes Kabupaten Karanganyar merasa perlu berkoordinasi dengan nakes dan pengelola fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

"Kan sampai saat ini belum ada instruksi. Kalau instruksi sudah jelas, baru kami siapkan. Pada prinsipnya nakes siap. Cuma kan nanti perlu dibicarakan lagi detailnya. Kami bicarakan dulu dengan teman-teman pelaksana," ungkap dia.

Baca juga: Karanganyar Masuk 10 Kabupaten Terbaik Indonesia, Respons BPS: Datanya Lawas!

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati