Tutup Iklan

Usman Hamid: Tes Wawasan Kebangsaan Jangan Jadi Alat untuk Singkirkan Pegawai KPK Yang Berseberangan

Sejumlah pegawai KPK termasuk Novel Baswedan dinyatakan tak lolos tes wawasan kebangsaan. Tes ini dituding jadi alat untuk menyingkirkan pegawai yang berseberangan dengan pemerintah.

Usman Hamid: Tes Wawasan Kebangsaan Jangan Jadi Alat untuk Singkirkan Pegawai KPK Yang Berseberangan

SOLOPOS.COM - Novel Baswedan di Mapolda Metro Jaya, Senin (6/1/2020). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Tes wawasan kebangsaan tidak boleh jadi alat untuk menyingkirkan pegawai KPK yang dianggap berseberangan pemerintah. Salah satu pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan adalah Novel Baswedan.

"Tes wawasan kebangsaan ini tidak boleh dijadikan dalih untuk menyingkirkan pegawai-pegawai KPK yang dianggap memiliki pandangan politik berbeda dari pemerintah," ujar Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII), Usman Hamid , Rabu (5/5/2021).

Hal itu dikatakan Usman menyusul kabar sejumlah pegawai KPK termasuk Novel Baswedan yang terancam dipecat karena tak lolos tes tersebut. Usman menilai hal tersebut sama saja mundur ke era pra reformasi. Di era tahun 1990, setiap pegawai negeri, kata Usman, harus melewati penelitian khusus (Litsus).

"Itu sama saja mundur ke era pra-reformasi, tepatnya pada 1990, ketika setiap pegawai negeri harus melalui 'litsus atau penelitian khusus' atau 'bersih lingkungan' yang diskriminatif," ucap Usman.

Baca Juga: Uji Materi UU KPK: Penyadapan, Penggeledahan, dan Penyitaan Tak Lagi Izin Dewas

Tak hanya itu, Usman menuturkan mendiskriminasi pekerja karena pemikiran dan keyakinan agama atau politik pribadinya jelas merupakan pelanggaran atas kebebasan berpikir, berhati nurani, beragama dan berkeyakinan. Kata Usman, diskriminasi tersebut sudah melanggar hak sipil dan merupakan stigma kelompok yang sewenang-wenang.

Ia mengatakan, menurut standar hak asasi manusia international maupun hukum di Indonesia, pekerja seharusnya dinilai berdasarkan kinerja dan kompetensinya. Bukan "kemurnian" ideologisnya.

"Di masa lalu, Litsus semacam ini menimbulkan masalah ideologis atas pendidikan dan menjauhkan banyak orang yang memenuhi syarat sebagai pegawai negeri akibat kriteria yang tidak jelas dan diterapkan secara tidak merata. Mengapa hanya KPK? Ada apa?," tutur Usman.

Langkah Mundur

Lebih lanjut, Usman menegaskan screening ideologis yang diduga dilakukan melalui Tes Wawasan Kebangsaan seperti ini merupakan langkah mundur dalam penghormatan HAM di negara ini. "Screening ideologis yang diduga dilakukan melalui Tes Wawasan Kebangsaan seperti ini sungguh merupakan langkah mundur dalam penghormatan HAM di negara ini. Dan sekaligus mengingatkan kita kembali kepada represi Orde Baru, saat ada Penelitian Khusus (Litsus) untuk mengucilkan orang-orang yang dianggap terkait dengan Partai Komunis Indonesia," katanya.

Baca Juga: KPK Cegah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ke Luar Negeri

Sebagai informasi, pada Maret 2021, pegawai KPK mengikuti tes wawasan kebangsaan sebagai persyaratan status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Ini sesuai dengan Undang-Undang KPK yang direvisi pada 2019.

Menurut laporan media dan informasi yang diterima Amnesty International, banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam tes tersebut yang mengarah kepada kepercayaan agama dan paham politik pribadi yang tidak ada hubungannya dengan kualifikasi mereka sebagai pegawai KPK.

Amnesty International juga menerima informasi bahwa ada sekitar 75 pegawai KPK yang dianggap tidak lulus tes tersebut dan karena itu akan diberhentikan.

Pasal 7 Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya (ICESCR) menjamin “hak atas kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi, tanpa didasari pertimbangan apa pun selain senioritas dan kemampuan.”

Selain itu, hak individu untuk memeluk agama dan beribadah sesuai keyakinan telah dijamin dalam Pasal 18 Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik (ICCPR), yang isinya: “Setiap orang berhak atas kebebasan berpikir, keyakinan dan beragama. Hak ini mencakup kebebasan untuk menetapkan agama atau kepercayaan atas pilihannya sendiri, dan kebebasan, baik secara sendiri maupun bersama-sama dengan orang lain, baik di tempat umum atau tertutup, untuk menjalankan agama dan kepercayaannya dalam kegiatan ibadah, pentaatan, pengamalan, dan pengajaran.”

Baca Juga: Dewan Pengawas KPK Tak Bertaji Karena UU Baru, Mulai Wewenang Tak Diatur Hingga Tak Bisa Beri Sanksi

Diskriminasi

Definisi diskriminasi juga telah dijabarkan dalam Konvensi ILO tentang Diskriminasi dalam Pekerjaan dan Jabatan, yang telah diratifikasi oleh Indonesia pada tahun 1999, sebagai “setiap pembedaan, pengecualian, atau pengutamaan atas dasar ras, warna kulit, jenis kelamin, agama, keyakinan politik, kebangsaan atau asal-usul yang berakibat meniadakan atau mengurangi persamaan kesempatan atau perlakuan dalam pekerjaan atau jabatan.”

Dalam hukum nasional sekalipun, hak atas kebebasan berpikir, berhati nurani, beragama dan berkeyakinan telah dijamin dalam Konstitusi Indonesia, khususnya Pasal 29 (2) tentang kebebasan beragama dan beribadah dan pasal 28E (2) tentang kebebasan berkeyakinan di mana setiap orang berhak menyatakan pikiran dan sikap mereka sesuai dengan hati nuraninya.

Menurut Pasal 153 Undang-Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja kepada pekerja dengan alasan “berbeda paham, agama, aliran politik, suku, warna kulit, golongan, jenis kelamin, kondisi fisik, atau status perkawinan.”

Berita Terkait

Berita Terkini

Solopos Hari Ini: Rumah Sakit Kritis

Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (23/6/2021), mengangkat topik mengenai kondisi sejumlah rumah sakit di Soloraya yang mulai kehabisan tempat tidur isolasi pasien Covid-19.

AS Bagikan Vaksin Corona ke Dunia, Apa Tujuannya?

Pemerintah Amerika Serikat atau AS mengumumkan daftar negara yang akan menerima sisa 55 juta dosis vaksin corona pencegah Covid-19.

Epidemiologi AS Vonis Kasus Covid-19 Indonesia Makin Parah

Epidemiologi Amerika Serikat dari Universitas Maryland, Faheem Younus, memvonis kasus Covid-19 di Indonesia makin parah.

Justice Collaborator di Kasus Juliari Batubara Tarik Perhatian Lagi

Keinginan kubu mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara untuk menjadi justice collaborator kini kembali dimembetot perhatian publik.

Berminat Ikut Kampanye Tolak Ide Presiden 3 Periode?

Belakangan hari ini gencar dikampanyekan ide presiden tiga periode sehingga membuat pakar Hukum Tata Negara Refly Harun gerah.

Jakarta Tak Lockdown Karena Kas Defisit

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memilih opsi pemberlakuan kembali PSBB atau bahkan lockdown karena defisit kas daerah.

Perwira Polisi Pukul Brigadir Sampai Sempoyongan, Diduga Karena Tak Hormati Tamu

Seorang perwira polisi, Kompol RW, terekan video memukul petugas jaga Polda RIau, Bripda FZ, hingga sempoyongan dan jatuh. Polisi menyelidiki siapa penyebar video itu hingga viral.

Kala Prabowo Berburu Suara Milenial

Partai Gerindra menjadikan tahun 2021 sebagai awal menggarap anak muda demi suksesi Pilpres 2024.

10 Berita Terpopuler: Perusakan Makam di Mojo Solo Bikin Wali Kota Gibran Marah

Informas seputar perusakan makam di Mojo yang membuat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka marah menjadi yang terpopuler.

Solopos Hari Ini: Tetap Enggan Lockdown

Koran Solopos yang terbit hari ini menyajikan informasi seputar keputusan pemerintah yang enggan lockdown meski angka penambahan kasus Covid-19 terus meroket.

3 Rute Ini Bikin Garuda Masih Nikmati Laba

PT Garuda Indonesia masih bisa menikmati keuntungan dari tiga rute internasional, Bangkok, Hong Kong, dan China, di tengah kerontang laba,

Serapan Kerja 2021 Diperkirakan Anjlok Tertekan Covid-19

Gelombang kedua pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di Indonesia mengancam tren penyerapan tenaga kerja tahun 2021 ini.

Jokowi Ulang Tahun Ke-60, Begini Ahok & Anies Ucapkan Selamat

Joko Widodo alias Jokowi merayakan ulang taun ke-60, Senin (21/6/2021) hari ini, dan banjir ucapan selamat ulang tahun.

Sikapi Peningkatan Kasus Covid-19, Pemerintah Lakukan Pengetatan PPKM

Pemerintah bergerak cepat dalam merespons lonjakan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir dengan pengetatan pelaksanaan PPKM.

Belajar Ilmu Kebatinan, Pria ini Kesurupan Bakar Rumah Dan Motor

Seusai membakar motor di dalam rumah, MA yang diduga kesurupan saat belajar ilmu kebatinan naik ke atap rumah menggunakan tangga.

UNS Fintech Center Gelar Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah

UNS Fintech Center memberikan edukasi bagi pegawai pemerintah Kota Salatiga di bidang kesehatan seperti pengelola Puskesmas, lalu mahasiswa dan masyarakat.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Ini Tujuannya

Rektor UNS Solo, Prof. Dr. Jamal Wiwoho menandatangani nota kesepahaman antara Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dengan UNS.

Melibatkan Penyintas dalam Edukasi Covid-19

Mengedukasi masyarakat mengenai Covid-19 berikut bahayanya di tengah tsunami informasi dan hoaks membutuhkan keterlibatan penyintas.

Selain Batasi Mal, Pemerintah Juga Batasi Jumlah Pekerja di Kantor

Kantor di zona merah wajib membatasi pekerja mereka yang bekerja di kantor maksimal 25%, lainnya bekerja dari rumah. Pemerintah memperketat PPKM untuk menekan Covid-19.

Mulai Besok, Seluruh Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Maksimal Jam 8 Malam!

Pemerintah memperketat PPKM Mikro dengan membatasi jam operasional pusat perbelanjaan maksimal hingga pukul 8 malam.

Per 1 Juli, Syarat Bikin SIM dan SKCK Wajib Sudah Divaksin, Benarkah?

Informasi yang menyebutkan syarat pembuatan SIM dan SKCK adalah wajib sudah divaksin Covid-19 adalah hoaks.

10 Berita Terpopuler: 2 Warga Ngemplak Sukses Bikin dan Terbangkan Pesawat Hercules

Dua warga Ngemplak Boyolali sukses membuat pesawat remote control Hercules dan menerbangkannya menarik perhatian pembaca dan menjadi berita terpopuler.

Solopos Hari Ini: Jangan Diam!

Koran Solopos edisi Senin (21/6/6/2021) menyajikan berita soal kondisi layanan kesehatan yang mengkhawatirkan.

Butuh Kejujuran Mengurai Polemik TWK KPK

Polemik Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK yang menyingkirkan sejumlah pegawai KPK yang kini telah jadi polemik sulit diurai.

Mungkinkah Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024?

Prediksi calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 masih teka-teki, namun nama Ganjar Pranowo kian sering disebut .

Epidemiolog Ramal Covid-19 Varian Delta Kuasai Indonesia Juli 2021

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan Covid-19 varian Delta mendominasi virus corona Indonesia, Juli 2021.

Jejak ‘Tamasya’ Kawin Kontrak di Kota Santri Cianjur

Praktik kawin kontrak yang terjadi di wilayah Cianjur lambat laun menggeser predikat Kota Santri di kawasan Jawa Barat tersebut.

KAI Perketat Protokol Kesehatan Covid-19 di Seluruh Stasiun

PT Kereta Api Indonesia memperketat pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di stasiun PT KAI demi antisipasi lonjakan Covid-19.

Didominasi Varian Delta, Covid-19 Inggris Kembali Melonjak

Public Health England atau PHE menyatakan virus corona pemicu Covid-19 varian Delta yang kali pertama diidentifikasi di India dan menjangkiti Inggris.

Iran Pilih Ebrahim Raisi Jadi Presiden Terpilih

Hakim garis keras Ebrahim Raisi terpilih sebagai presiden Iran dan ditanggapi buruk oleh Amnesty International dan Humans Right Watch.

Vaksinasi Dosis I Jakarta Sudah 37,9%

Pemprov DKI Jakarta melaporkan telah merealisasikan 37,9% target vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 dosis pertama.

Shenzhen Tiongkok Idap Covid-19 Delta

Kota penting di Tiongkok, Shenzhen, terkontaminasi virus corona varian delta setelah karyawan restoran terinfeksi Covid-19 varian delta.

Bodebek dan Bandung Raya Diminta Kebut Vaksinasi Covid-19

Kasus positif Covid-19 di wilayah Bodetabek dan Bandung Raya melonjak tajam dan ditargetkan segera divaksinasi virus corona.

Palestina Batal Terima Vaksin Covid-19 Israel

Otoritas Nasional Palestina membatalkan kesepakatan menerima vaksin Covid-19 dari Israel yang akan segera kedaluwarsa.

Covid-19 Mulai Pasang Lagi di Tiongkok

Konon virus corona pemicu Covid-19 bermula dari dataran Tiongkok dan kini mengalami 30 kasus baru terkonfirmasi penyakit itu.

Cerita Patung Dewi Buddha di Jepang Dipakaikan Masker, Ini Harapannya

Pemasangan masker di bagian wajah Patung Dewi Buddha di kawasan Fukushima, Jepang tersebut membutuhkan waktu tiga jam oleh empat pekerja.

Layanan Kartu Kuning Gratis, Begini Syarat Pembuatannya

Permintaan pembuatan kartu pencari kerja atau kartu kuning saat ini dilaporkan meningkat di berbagai daerah menjelang pendaftaran ASN.

Sudah 22,8 Juta Warga Vaksin Covid-19

Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan total orang yang telah divaksinasi virus corona penangkal Covid-19 adalah 22.873.342 orang.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Akhirnya Dipulangkan Juga

Setelah 10 tahun dijadikan buron, Kejaksaan Agung akhirnya menangkap dan memulangkan Adelin Lis dari Singapura ke Jakarta.

Ketularan, Begini Pengakuan Juru Bicara Satgas Covid-19

Ketua tim pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengaku telah terjangkit virus corona pemicu Covid-19.

Polda Sumut Bentuk Tim Buru Pelaku Penembakan Jurnalis

Tim gabungan dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara dan Polres Simalungun masih menyelidiki kasus itu.

Bagian dari King Maker, Airlangga Hartarto Paling Berpeluang di Pilpres 2024

Airlangga Hartarto sebagai king maker yang paling komplet karena berpotensi menjadi calon presiden atau calon wakil presiden di 2024.

Menko Airlangga Kampanye Makan Telur Ayam, Masuk Rekor Muri

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan telur ayam sebanyak 50.000 butir saat kunjungan ke Kecamatan Jatinom, Klaten.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito Positif Covid-19

Wiku Adisasmito kemungkinan tertular Covid-19 saat kunjungan kerja ke beberapa daerah seperti Kudus dan Bangkalan.

PLN Apresiasi Ditjen Minerba & Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik

Kepastian pemenuhan batu bara sangat penting bagi PLN demi menjaga keberlanjutan dan keandalan pasokan listrik ke masyarakat.

Hmmm...Pemerintah Indonesia Tambah Utang Rp7,1 Triliun, Buat Apa Lagi?

Indonesia kembali mengajukan utang kepada Bank Dunia senilai Rp7,1 triliun untuk mendukung program vaksinasi Covid-19.

Pemimpin Redaksi Media Online Ditembak Hingga Tewas di Mobil

Pemimpin redaksi media online di Simalungun diduga jadi pembunuhan. Ia ditemukan tewas di dalam mobil dengan luka tembak.

19 Bandar Narkoba LP Cipinang dipindah ke LP SMS di Nusakambangan

Kemenkum HAM memindahkan 19 bandar narkoba dari LP Cipinang ke LP Nusakambangan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba.

Awalnya Muncul di India, Covid-19 Varian Delta Mendominasi Dunia

Inggris melaporkan lonjakan tajam infeksi varian Delta, sementara Jerman memprediksikan Delta akan dengan cepat menjadi varian dominan di sana.

Airlangga: Saatnya Golkar Jadi Nomer Satu, Kader Harus Kerja Keras

Berharap semua aktif dari DPP sampai daerah, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menargetkan partainya jadi pemenang di Pemilu 2024.

Relawan Jokowi Tegaskan Tak Kenal JokPro dan Tolak Wacana 3 Periode

Jika wacana tiga periode diterapkan, maka kemungkinan besar akan timbul wacana masa jabatan presiden yang lebih lama lagi.

Yang Posting Puan Maharani, Yang Disalami Netizen Malah Ganjar

Puan Maharani kembali memposting konten mengenai kampanye protokol kesehatan. Postingan tersebut dibalas netizen dengan komentar dukungan buat Ganjar Pranowo.

Solopos Hari Ini: Ketat Atau Kolaps

Koran Solopos edisi Sabtu (19/6/2021) mengulas soal desakan agar pemerintah bertindak cepat dalam mengatasi lonjakan kasus Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Covid-19 di UNS Solo - Kasus Corona Soloraya

Persebaran Covid-19 di UNS Solo hingga perkembangan kasus corona di wilayah Soloraya masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Inggris Dilema, Final Euro 2020 di Hongaria?

Badan Sepak Bola Eropa atau UEFA mengajukan syarat yang membuat Pemerintah Inggris dilema dan final Euro 2020 terancam pindah ke Hungaria.

Covid-19 Terus Meroket, Apa Kata Dokter?

Desakan agar pemerintah bertindak cepat untuk menanggulangi penyebaran virus corona yang meningkatkan Covid-19 disampaikan kalangan dokter.

Pemerintah Percepat Tambah Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

Pemerintah menyiapkan ribuan tempat tidur sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19 sebagai respons semakin tingginya penularan virus corona.

Hak Pesangon Kabur, Pilot Merpati Mengadu ke Jokowi

Menyadari hak pesangon semakin tidak jelas, Paguyuban Pilot Eks Merpati atau PPEM bakal mengadu ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

KPK Lelang Barang dari 7 Perkara Korupsi, Apa Saja?

Mau ikutan lelang dari KPK, klik www.lelang.go.id atau ke KPKNL Jakarta III, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Jakarta Pusat.

Pasukan Israel Gusur Bangunan di Hebron Palestina

Tindak setenang-wenang Israel terhadap Palestina dilaporkan sumber lokal berlanjut, dengan mengirimkan perintah penggusuran bangunan.

Bennett Jadi PM Baru, Israel Mulai Bombardir Gaza Lagi

Parlemen Israel mulai Senin (14/6/2021) mengesahkan Naftali Bennet menjadi perdana menteri baru dan mulai membombardir Gaza lagi.

Ziarah Eyang, Bukti Airlangga Hartarto Keturunan Trah Mangkunegara

Kegiatan ziarah ke kompleks pemakaman tersebut menunjukan bahwa Menko Airlangga Hartarto masih ada keturunan dari Trah Mangkunegara.

Positif Covid-19, Hanung Bramantyo Awalnya Tunjukkan Gejala Ini

Di unggahan Instagram, Zaskia juga mengungkap kronologis sampai Hanung dinyatakan positif Covid-19.

Dilegalkan di Era Edhy Prabowo, Ekspor Benur Kini Kembali Dilarang oleh Trenggono

Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono, mengembalikan kebijakan larangan ekspor benur yang sempat dicabut Edhy Prabowo.

3 Dosen Meninggal karena Covid-19, UNS Solo Gelar Doa Bersama Secara Daring

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menggelar doa bersama secara daring mengingat ada tiga dosen yang meninggal karena Covid-19.

Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024

Dalam survei, tiga tokoh yang muncul sebagai king/queen maker yaitu Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto.

Miris! Mahasiswi Ini Jadi Korban Pelecehan Pamannya Selama 8 Tahun

Seorang mahasiswi menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan paman dan sepupunya selama delapan tahun.

29 Daerah di Indonesia Jadi Zona Merah Covid-19, Dua Dari Soloraya

Ada 23 kabupaten/kota di Indonesia berubah menjadi zona merah Covid-19, dua di antaranya berasal dari Soloraya.

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Jepang Segera Luncurkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

Jepang segera meluncurkan paspor vaksin yang diperuntukkan pelancong Jepang dan akan diluncurkan mulai bulan depan.

Thailand Bakal Buka Pintu Mulai Oktober

Thailand mewacanakan buka kembali pintu negaranya bagi pengunjung asing pada pertengahan Oktober tahun 2021 ini.

Hotspot di Riau Capai 23 Titik di Awal Kemarau Ini

BMKG Pekanbaru menyatakan berdasarkan pantauan satelit pada Senin (14/6/2021) sore, hotspot atau titik api di Provinsi Riau meningkat.

Sampah Botol Plastik Indonesia Awal 2021 Ini 11.600 Ton

Sampah masih menjadi masalah lingkungan yang sukar dikendalikan, untuk di awal 2021 ini saja sampah botol plastik Indonesia 11.600 ton.

Bakal Ada Aerotropolis di Ibu Kota Baru Indonesia

Kementerian Perhubungan bakal menghadirkan konsep Aerotropolis di ibu kota baru Indonesia alias ibu kota negara atau IKN baru Kalimantan.

Vonis Pinangki Dikorting 6 Tahun, MAKI Tak Tinggal Diam

Kejakgung mengorting vonis hukuman penjara hingga enam tahun jaksa koruptor penerima suap Pinangki Sirna Malasari namun diprotes MAKI.

12.000 Hunian Dibangun di Ibu Kota Baru Indonesia

Sebanyak 12.000 hunian dibangun di ibu kota baru Indonesia dan pemerintah menargetkan ibu kota negara atau IKN di Kalimantan Timur.

Ini Link untuk Unduh Logo HUT ke-76 RI dan Panduan Penggunaannya

Masyarakat bisa mengunduh soft copy tema dan logo Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Rl tahun 2021 beserta pedomannya di link berikut ini.

Puan Maharani Posting Kunker di Solo, Netizen: Kok Malah Main Medsos

Postingan Puan Maharani di Instagram dibalas komentar bernada sindiran oleh netizen.

LSI Denny JA: Paksakan Puan Jadi Capres 2024, PDIP Bisa Kalah

Rendahnya elektabilitas Puan Maharani membuatnya dinilai sulit memenangkan Pilpres 2024. Pencapresan Puan, menurut LSI Denny JA, akan merugikan PDIP.

Setelah Kembang Desa dan Jawara, Kini PN Banjarnegara Punya Silado

Pengadilan Negeri Banjarnegara kini punya "Silado" atau Sistem Layanan Drive On, yang siap melayani masyarakat ke tiap kecamatan.

Meski 3 Lapis, Masker Kain Tak Lagi Bisa Lindungi Pemakainya dari Corona, Kecuali...

Penggunaan masker kain meski tiga lapis tak lagi disarankan karena tak bisa menangkal penyebaran Covid-19. Kecuali juga dilapisi dengan masker bedah.

WHO: Varian Delta Telah Menyebar ke 80 Negara dan Terus Bermutasi

Bahkan varian Delta juga telah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia, ini tentu harus jadi kewaspadaan kita semua.

Di Hadapan Hakim, Habib Rizieq Akui Tak Pantas Disebut Imam Besar

Habib Rizieq Syihab mengaku banyak memiliki kesalahan dan kekurangan sehingga tak pantas disebut imam besar. Sebutan imam besar, menurutnya, diberikan dari jemaah yang mencintainya.

Kilang Pertamina Balongan dan Cilacap Kebakaran, Ahok Minta Ada "Tumbal"

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, meminta Dirut Nicke Widyawati untuk melakukan pemecatan terkait insiden kebakaran di dua kilang dalam waktu berdekatan.

Menteri Agama Instruksikan Hormat Bendera Merah Putih Setiap Tanggal 17

Menteri Agama wajibkan jajaran di bawahnya untuk hormat bendera Merah Putih setiap tanggal 17.

Jerinx Kembali Berulah di Instagram, Kali Ini Marah-Marah ke BCL

Postingan BCL yang mengaku kena Covid-19 setelah pulang dari Bali membuat Jerinx marah. Postingan BCL dinilai Jerinx membuat buruk citra Bali.

BPOM Enggan Beri Izin, Bagaimana Nasib Vaksin Nusantara Buatan Terawan?

BPOM enggan mengeluarkan izin untuk Vaksin Nusantara buatan Terawan lantaran sudah bukan lagi untuk diedarkan.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo - Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Pertaruhan Ekonomi

Koran Solopos edisi Kamis (17/6/2021) mengangkat topik utama tentang sikap pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melonjak sekaligus memperbaiki ekonomi yang terpuruk.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Cek Video Ini! Beginikah Tsunami Maluku Tengah?

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 M atau 6,0 mengguncang wilayah Maluku Tengah di Pulau Seram hingga Ambon, sehingga mendatangkan tsunami.

BMKG: Kawasan Selatan Seram Maluku Rawan Tsunami

Sebelumnya, BMKG pada Rabu siang memperingatkan adanya tsunami di Maluku Tengah, tepatnya di Pulau Seram menyusul terjadinya gempa.

17 TKI di Singapura Diganjar Ijazah Universitas Terbuka

Buruh atau pekerja migran asal Indonesia alias tenaga kerja Indonesia atau TKI di Singapura menerima ijazah Universitas Terbuka atau UT.

Angkatan Udara Israel Serang Gaza Lagi

Gencatan senjata Palestina dan Israel terancam setelah Angkatan Udara Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, Rabu (16/6/2021) pagi.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.