Mauricio Pochettino (JIBI/Reuters/Paul Childs)

Solopos.com, LONDON - Mauricio Pochettino tengah menganggur setelah dipecat oleh Tottenham Hotspur. Kini, dia dirumorkan bakal bergabung dengan Arsenal atau Barcelona.

“Saya tak akan pernah menjadi manajer Barcelona atau Arsenal karena saya begitu identik dengan Espanyol dan Tottenham.” Mauricio Pochettino sempat melontarkan hal tersebut saat masih melatih Tottenham Hotspur pada Januari 2018.

Saat itu Pochettino dirumorkan diincar Arsenal setelah berhasil membawa Spurs konsisten bersaing di papan atas. Manajer yang akrab disapa Poch ini bahkan memilih kembali ke negara asalnya, Argentina, untuk bercocok-tanam ketimbang bergabung dengan kedua klub tersebut.

“Itulah keputusan saya karena saya lebih memilih bekerja di ladang saya di Argentina ketimbang di beberapa tempat,” imbuhnya.

Pendirian tersebut agaknya bakal diuji jika melihat dinamika di Arsenal dan Barcelona belakangan ini. Arsenal berpeluang memecat Unai Emery apabila sang pelatih tak segera memberi peningkatan performa beberapa pekan mendatang. Emery bahkan dipecat lebih cepat karena melihat Pochettino kini tengah nganggur.

Sementara itu, Barcelona disebut siap memakai jasa Pochettino untuk menggantikan Ernesto Valverde. Blaugrana selama ini memang belum terlalu puas dengan kinerja sang pelatih. Meski dominan di Liga Spanyol, Barca gagal di pentas Eropa. Valverde juga dianggap tak sesuai dengan karakter klub yakni bermain cantik lewat sepak bola menyerang.

Harapan Barcelona dan Arsenal untuk dilatih Pochettino bisa saja ibarat pungguk merindukan bulan jika mengamati sikap sang pelatih beberapa tahun silam. Namun ingat, semuanya bisa terjadi di sepak bola.

Jose Mourinho pernah menyatakan tak akan menangani Tottenham Hotspur saking cintanya dia dengan Chelsea. Namun Mou kini terbukti merapat ke Spurs, rival sekota The Blues. Pochettino sendiri sempat dibidik tim lain seperti Paris Saint Germain, Bayern Munich, Manchester United hingga Real Madrid. Namun belum ada pendekatan nyata dari deretan tim itu.

Belakangan Pochettino justru “dipanas-panasi” untuk menggantikan Emery sebagai manajer The Gunners. Eks Pelatih Tottenham, Harry Redknapp, menilai Poch tetap akan mendapat sambutan hangat fans Arsenal meski The Gunners dan Spurs punya rivalitas tinggi.

“ Itu terjadi di sepak bola, Sol Campbell pergi dari Tottenham ke Arsenal, George Graham melakukannya, Terry Neill, Pat Jennings, salah satu kiper terhebat kita sepanjang masa, bahkan dia juga melakukannya,” ujar Redknapp dilansir Talk Sport.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten