SOLOPOS.COM - UNS Cultural Night 2020 menampilkan gerak dan lagu dari sejumlah negara. (Tangkapan Layar)

Solopos.com, SOLO -- UNS Cultural Night 2020 persembahan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sukses digelar secara virtual. Alumni dan mahasiswa internasional UNS yang berasal lebih dari 20 negara berpartisipasi pada ajang yang digelar Jumat (13/11/2020) tersebut.

UNS Cultural Night tahun-tahun sebelumnya diadakan secara tatap muka di dalam kampus. Mahasiswa internasional dari berbagai negara yang menempuh studi di UNS berkumpul untuk menampilkan budaya hingga kuliner negaranya masing-masing.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kali ini, di masa pandemi Covid-19, UNS Cultural Night diadakan secara virtual. Beragam seni budaya ditampilkan dari tempat mereka masing-masing dan disaksikan ratusan partisipan secara langsung melalui kanal YouTube Universitas Sebelas Maret.

Dibuka dengan tari dari Jawa Barat mewakili budaya Indonesia. UNS Cultural Night 2020 juga menampilkan gerak dan lagu dari Tajikistan, Turkmenistan, serta Libya. Peragaan busana ditampilkan peserta dari sembilan negara yakni Turkmenistan, Tajikistan, Libya, Timor Leste, Madagaskar, Rwanda, Thailand, Myanmar, dan Burundi.

UNS Cultural Night 2020 Bertemunya Budaya Berbagai Negara

Ada juga tarian dari Rwanda, Timor Leste, Madagaskar, dan Nigeria. Tak ketinggalan kolaborasi lintas negara dari Jepang, Filipina, Madagaskar, Vietnam, Suriname, Rusia, Burundi, dan lainnya turut memeriahkan acara.

Di sisi lain, kehangatan dalam rangkaian acara ini juga sangat terasa. Salah satunya ketika reuni yang diikuti alumni dari Thailand, Korea, Vietnam, Kamboja dan lainnya. Mereka bernostalgia dengan cerita makanan dan tempat favorit di Solo atau mengingat bahasa Jawa yang dulu sering mereka dengar seperti mangga (dibaca : monggo) yang berarti silakan.

Sementara itu, peserta UNS Cultural Night 2020 juga diajak mengenang mendiang Didi Kempot dan Glenn Fredly. Di mana lagu-lagu mereka pernah mengiringi aktivitas mereka selama berada di Solo.

Keren! Ini Satu-Satunya Kampus di Indonesia yang Punya 1 Juta Mahasiswa

Lagu Didi Kempot


Abiyitungiye Jean Baptiste (Aboy) menyanyikan lagu “Pamer Bojo” milik Didi Kempot. (Tangkapan Layar)

UPT Layanan Internasional menyelipkan sesi khusus “Tribute to Didi Kempot and Glenn Fredly”. Mahasiswa S2 asal Burundi, Abiyitungiye Jean Baptiste (Aboy) menyanyikan lagu “Pamer Bojo” milik Didi Kempot dan alumni asal Madagaskar, Tommy Anderson Randriamamonjy menyanyikan lagu “Terserah” milik Glenn Fredly.

Sementara itu, Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan melalui tema “Kutunggu Saat Berjumpa”, UNS Cultural Night 2020 benar-benar mewakili harapan semua orang untuk bisa bertemu lagi secara langsung dalam berbagai kesempatan.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini semoga UNS Cultural Night 2020 virtual ini bisa mengobati kerinduan semuanya,” ujarnya.

Sepi Job Gegara Pandemi, Biduan Yunthul Klaten Banting Setir Bakulan Online

Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Irwan Trinugroho berharap UNS Cultural Night mampu menghadirkan pemahaman lintas budaya dalam kehidupan akademik di UNS maupun kehidupan masyarakat Kota Solo.

“Dengan saling mengenal budaya masing-masing akan menumbuhkan semangat toleransi dan penghargaan akan perbedaan ras, agama, dan latar belakang," ujarnya.

Sementara itu, Program Director UNS Cultural Night 2020, Yudi Sastroredjo mengatakan kegiatan virtual ini memberi hikmah tersendiri.

“Acara ini sedianya diadakan 30 Oktober 2020 dengan kombinasi daring dan luring [luar jaringan]. Tetapi karena sepekan sebelumnya UNS ada pembatasan aktivitas akibat Covid-19, maka harus ditunda dan akhirnya diadakan daring penuh. Tetapi justru membawa hikmah karena alumni bisa ikut terlibat mengisi acara,” ujar Yudi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya