SOLOPOS.COM - UNS Cultural Night 2020

Solopos.com, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) telah menjadi pilihan banyak mahasiswa dari berbagai negara dan berbagai budaya di dunia untuk belajar. Hingga Oktober 2020, tercatat ada 154 mahasiswa dari 24 negara menempuh studi di UNS. Untuk mengobati keriunduan di saat pandemi, akan digelar UNS Cultural Night 2020.

UPT PT Layanan Internasional (International Office) UNS selalu berusaha memberikan layanan terbaik bagi para mahasiswa internasional. Tidak hanya layanan di bidang akademis, mereka juga dikenalkan pada tradisi lokal melalui orientasi dan kegiatan budaya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mahasiswa internasional juga diberikan ruang untuk mengekspresikan diri dan memperkenalkan budaya negara mereka. Untuk itu International Office UNS merancang sebuah acara tahunan, yaitu UNS Cultural Night. Dalam acara ini, para mahasiswa internasional dapat berbagi untuk menampilkan kebudayaan mereka.

UNS Cultural Night 2020 akan digelar Jumat 30 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB secara daring dan luring. Hal ini mengingat tahun 2020 ini pandemi global Covid-19 melanda dunia. UNS Cultural Night tahun ini akan diselenggarakan secara virtual dengan mengundang partisipasi alumni internasional UNS yang tersebar di seluruh dunia.

Gegara Pandemi, Film Jurassic World: Dominion Ditunda hingga 2022

Pengobat Rindu

UNS Cultural Night 2020 mengusung tema “Menunggu Saat Berjumpa”. Pandemi global ini memaksa kita #dirumahsaja. Pertemuan yang biasanya saling menghangatkan menjadi saling membahayakan. Saat ini semua orang rindu segalanya; kuliah lagi, berkarya lagi, dan bertemu kembali. Sebuah perjumpaan virtual untuk melepas segala kerinduan.

Rindu akan Solo dengan segala isinya, rindu akan UNS dengan segala aktivitas belajar dan kenangannya. Juga rindu perjumpaan dengan segala kehangatannya. Virtual UNS Cultural Night 2020 diharapkan akan mampu mengirimkan pesan-pesan semangat kepada dunia untuk menghadapi pandemi ini. Sebuah situasi yang belum pernah dihadapi & terbayangkan oleh generasi ini sebelumnya.

Sejumlah mahasiswa aktif dan alumni internasional UNS yang berasal lebih dari 20 negara akan berpartisipasi dalam acara ini. Mereka berasal dari Turkmenistan, Tajikistan, Libya, Timor Leste, Rwanda, Madagaskar, dan Nigeria.

Lalu Burundi, Jepang, Philipina, Vietnam, Suriname, Thailand, Myanmar, Belanda, dan India. Kemudian Liberia, Malaysia, Rusia, Sierra leone, Sudan, Ethiopia, dan Mesir. Mereka akan menampilkan aksi panggung antara lain berupa tarian, lagu, dan peragaan busana.

Sah! UNS Solo Resmi Jadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum

Kepala International Office UNS, Irwan Trinugroho, memberikan dukungannya untuk acara ini. “UNS Cultural Night 2020 adalah ajang bertemunya warga UNS lintas budaya. Iklim internasional di UNS yang dirayakan dalam malam gelar budaya,” jelas Irwan.

Semangat Toleransi

UNS Culitural Night 2020 sebagai wadah untuk saling belajar, menghargai, menghormati, dan meningkatkan pemahaman. Mengenai keberagaman budaya di dunia melalui seni pertunjukkan, cara berpakaian, dan kekayaan kuliner.

Virtual UNS Cultural Night 2020 akan banyak menyajikan kolaborasi lintas negara baik dari mahasiswa aktif UNS maupun alumni internasional UNS secara daring dan luring. Tema besar tentang hangatnya perjumpaan virtual di tengah-tengah pandemi global yang memaksa kita #stayathome.

Koordinator Aksi Tolak UU Cipta Kerja di Balai Kota Solo: Yang Kerap Rusuh Bukan Mahasiswa

Dengan protokol kesehatan yang ketat, panggung luring di Gedung GPH Haryo Mataram (Auditorium) UNS dengan tata lampu menakjubkan tetap akan dihadirkan di UNS Cultural N 2020. Penampilan ini bisa disaksikan melalui channel Youtube Official UNS.

Selain penampilan lagu dan kesenian ada sajian spesial Tribute to Didi Kempot, oleh mahasiswa asal Burundi. Kolaborasi lintas negara dari alumni internasional UNS asal Madagaskar, Philipina, dan Suriname dipersembahkan untuk para alumni internasional UNS yang telah meninggal dunia. Ada juga peragaan busana dari sembilan negara dan Keroncong Milenials. Tak hanya itu, Rektor UNS juga akan berkolaborasi dengan mahasiswa & alumni internasional UNS dari berbagai negara.

Kegiatan UNS Cultural Night 2020 ini diharapkan akan mampu menghadirkan pemahaman lintas budaya dalam kehidupan akademik di UNS maupun di kehidupan masyarakat Kota Solo. Dengan saling mengenal budaya masing-masing akan menumbuhkan semangat toleransi dan penghargaan akan perbedaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya