Kategori: Jatim

Turis Amerika Serikat Masuk Ponorogo Saat Pandemi Covid-19, Warga Geger


Solopos.com/Abdul Jalil

Solopos.com, PONOROGO — Masyarakat Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, digegerkan seorang turis asing dari Amerika Serikat atau AS yang masuk daerah itu. Masyarakat khawatir turis asing tersebut menjadi pembawa virus corona (SARS-CoV-2) dan bisa menularkannya.

Turis itu adalah seorang laki-laki bernama Stephen Kumar Banerjee, 42, yang asal negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Turis itu diketahui sedang berlibur dan telah singgah di beberapa kota di Indonesia.

Kasus Covid-19 di KRL Jabodetabek, Pemerintah Pusat Harus Tanggung Jawab

Kapolsek Somoroto, Kompol Nyoto, mengatakan masyarakat melaporkan adanya turis Amerika Serikat yang sedang di wilayah Ponorogo itu. Hal ini dinilai sebagai kewaspadaan masyarakat untuk mencegah persebaran Covid-19.

“Warga khawatir turis asing ini jadi carrier [pembawa] Covid-19, jadi masyarakat melapor kepada petugas,” kata dia, Senin (4/5/2020).

Prank Bantuan Makanan Sampah, Rekan Ferdian Paleka Ditangkap Polisi

Petugas kepolisian bersama Koramil Kauman dan tim medis dari Puskesmas Kauman kemudian mencari tahu keberadaan turis asing tersebut. Hingga akhirnya warga Amerika itu ditemukan di Dukuh Sejeruk, Desa Kauman.

Saat diminta untuk ikut petugas di Ponorogo untuk menjalani rapid test, kata Nyoto, turis AS itu menolaknya. Turis itu enggan untuk menjalani rapid test.

3 Penumpang Positif Covid-19, KRL Jabodetabek Kapan Ditutup?

Setelah petugas dari Imigrasi dan pengawasan orang asing Sat Intelkam Polres Ponorogo tiba di lokasi, barulah turis AS itu mau dievakuasi. Turis itu kemudian diantarkan ke penginapannya di Hotel Gajah Mada Ponorogo.

“Turis itu diminta untuk melakukan isolasi mandiri di hotel. Petugas juga melakukan rapid test terhadap turis itu,” ujarnya.

Cerita Lengkap Ferdian Paleka Ngeprank Bagikan Sampah Ke Waria Hingga Rumahnya Digeruduk Massa

10 Kasus

Saat mengevakuasi turis asing asal AS di Ponorogo itu, tim menanganinya sesuai protokol Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi apabila turis itu terpapar virus corona.

Pada hari ini, Senin (4/5/2020), jumlah kasus positif Covid-19 di Ponorogo tercatat sebanyak 10 kasus. Delapan orang di antaranya masih menjalani isolasi, sedangkan 2 di antaranya dinyatakan sembuh.

Ferdian Paleka: Prank Makanan Sampah hingga Permintaan Maaf Palsu

Sementara itu, terdapat 31 pasien dalam pengawasan (PDP) di Ponorogo. Lima orang di antaranya diisolasi di RS, 10 lainnya isolasi mandiri, 15 dinyatakan lolos, dan 1 orang meninggal dunia.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) di Ponorogo mencapai 402 orang. Belum ada penjelasan apakah turis asal Amerika Serikat yang masuk Ponorogo itu menjadi ODP atau tidak.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar