SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Sebagai siswa kelas XII, kamu pasti akan didatangkan dengan berbagai aktivitas yang super padat. Saking padatnya aktivitas, membuat kamu para pejuang akhir sekolah cenderung sulit untuk membagi waktu.

Padatnya aktivitas juga bisa mengganggu belajar untuk persiapan UTBK 2023. Maka dari itu, belajar kamu tidak akan efektif. Kamu juga cenderung tidak maksimal untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian UTBK 2023.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Bagaimana Cara Mengatur Jadwal Belajar yang Baik?

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan terutama ketika kamu sebentar lagi akan menghadapi UTBK 2023. Belajar yang efektif bukanlah belajar yang mengharuskan 24 jam menghadap buku dan pelajaran saja.

Belajar yang efektif adalah belajar yang serius, namun juga tetap menyeimbangkan diri dengan istirahat. Pikiran yang terlalu berat dan terbebani karena pelajaran juga akan membuat kamu mudah mengalami stres. Sehingga semua yang sudah kamu pelajari akan sia-sia dan percuma. Kamu juga akan mudah kelelahan dan jatuh sakit jika terlalu terbebani dengan pelajaran.

Baca Juga: Cara Bikin Stiker WhatsApp di HP, Gampang dan Enggak Pakai Ribet!

Langkah pertama untuk mendapatkan hasil belajar yang efektif, yaitu dapat membagi waktu antara kehidupan sebagai siswa/siswi dengan kehidupan pribadi dengan baik. Sebagai siswa kelas XII, kamu harus mulai belajar cara membagi waktu yang baik agar belajar bisa lebih efektif dan maksimal.

Kamu harus bisa menyeimbangkan waktu belajar dengan istirahat yang cukup. Kamu bisa mencoba belajar dengan Quipper bimbingan online. Dengan cara ini, kamu juga nantinya akan diajarkan bagaimana cara manajemen waktu yang baik untuk menghadapi UTBK 2023 bersama Coach Quipper. Coach Quipper akan membantu kamu mempersiapkan segala persiapan menuju UTBK 2023.

Tak hanya itu, Quipper juga menyediakan bimbel SMA Quipper untuk kamu para siswa sma mulai dari kelas X, kelas XI, kelas XII dan juga untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2023.

Tips Belajar Efektif Siap Menghadapi UTBK 2023

Lalu, bagaimana caranya supaya mendapatkan hasil belajar yang efektif? Ini dia beberapa tips belajar efektif untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2023. Simak ulasan selengkapnya.

1. Tahu Batasan Antara Waktu Belajar dan Waktu untuk Kehidupan Pribadi

Skill dalam menyadari pentingnya untuk sadar akan pentingnya untuk membagi waktu sebagai siswa dan untuk menjalankan aktivitas pribadi, merupakan hal yang penting untuk kamu kuasai. Terlebih lagi, jika kamu sedang dalam persiapan menghadapi UTBK 2023.

Belajar merupakan sebuah kewajibanmu sebagai seorang siswa/siswi sekolah. Namun, kamu juga harus menyadari, kalau kamu memiliki kehidupan, di mana kamu juga harus merawat diri, berinteraksi dengan orang lain, bahkan memberikan waktu santai sejenak agar otak tetap berjalan dengan baik.

Agar bisa tahu kapan harus belajar dan kapan harus bersantai sejenak, kamu bisa membuat rutinitas harian yang berisi hal-hal yang harus kamu lakukan setiap harinya. Misalkan, di waktu pagi, kamu bisa belajar sebentar, ketika otak sedang di masa segar dan siap menghadapi hari.

Kamu juga bisa menerapkan teknik belajar dengan Metode Pomodoro, di mana pada waktu 25 menit pertama kamu gunakan untuk fokus belajar. Kemudian, di lima menit berikutnya, kamu gunakan untuk santai sejenak. Ini bisa kamu terapkan dalam waktu beberapa sesi setiap harinya.

2. Melakukan Tracking Progres Belajar

Agar bisa mendapatkan hasil belajar yang efektif kamu bisa mencoba melakukan tracking progres belajar. Kamu bisa mencoba menyusun daftar untuk pelajaran apa saja yang kamu mau pelajari hari ini.

Dengan begitu, kamu bisa mempelajari semua pelajaran yang perlu kamu pelajari untuk persiapan UTBK 2023. Langkah pertama yang kamu bisa lakukan adalah membuat jadwal belajar. Jadwal belajar ini bisa membantu kamu supaya kamu bisa lebih disiplin dalam belajar. Semakin rajin kamu belajar mengikuti jadwal belajar yang kamu buat, semakin terbiasa kamu untuk belajar.

Sepanjang waktu persiapan untuk UTBK 2023, kamu akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dan efektif. Dengan cara tracking progress belajar setiap harinya, kamu juga bisa memperkirakan bagaimana progress belajar kamu. Apakah sudah lebih baik dari sebelumnya, atau bahkan masih ada pelajaran yang belum kamu pahami.

Baca Juga: Didaftarkan Banyak Negara ke UNESCO, Begini Asal Usul Kebaya

3. Bersantai Sejenak untuk Menyegarkan Pikiran

Belajar yang rajin memang penting ketika kamu sebentar lagi menghadapi UTBK 2023. Meskipun kamu harus mempelajari banyak pelajaran sebelum menghadapi UTBK 2023, kamu juga perlu tahu, kapan harus bersantai sejenak agar proses belajar bisa jadi lebih efektif.

Kamu tidak bisa membiarkan pikiran merasa terbebani dengan pelajaran yang kamu pelajari. Maka dari itu, kamu bisa melakukan sesi santai sejenak di sela-sela waktu belajar. Misalkan, kalau kamu sudah belajar di pagi hari, kamu bisa gunakan waktu di malam hari untuk bersantai, atau sekadar mengulang pelajaran sebelumnya.

Selain itu, hindari belajar dalam jam-jam yang seharusnya kamu gunakan untuk tidur. Semisal tengah malam, kamu begadang untuk belajar. Sebagai akibatnya, kamu akan mendapatkan jam istirahat yang kurang. Terlalu banyak belajar dan kurang istirahat juga akan membuat kamu kelelahan, mudah mengalami stress bahkan mudah jatuh sakit.

Baca Juga: Top Lur! Ternyata Indonesia Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia

Demikian beberapa tips untuk mendapatkan belajar efektif ketika sedang mempersiapkan UTBK 2023. Tips-tips di atas bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil belajar yang efektif. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan hasil UTBK yang maksimal dan memuaskan!

Kamu bisa mencoba belajar menggunakan platform konsultasi belajar terbaik yaitu Quipper. Tak hanya belajar, kamu juga bisa berdiskusi mengenai UTBK 2023 dengan Coach Quipper. Yuk, belajar yang rajin dan giat bersama Quipper dan persiapkan UTBK 2023 secara efektif dan maksimal!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya