SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepak bola. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Indonesia ternyata negara Asia pertama yang ikut dalam ajang pertandingan sepak bola bergengsi Piala Dunia.

Hal ini pun diakui oleh organisasi sepak bola dunia FIFA. Dalam situs resminya, FIFA menyebut negara Asia pertama yang masuk di Piala Dunia bukanlah Korea Selatan maupun Jepang, melainkan Indonesia.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Kala itu, Indonesia bertanding di Piala Dunia 1938 di Prancis dengan menggunakan nama Hindia Belanda. “Faktanya, tim Asia pertama yang ambil bagian di Piala Dunia ketiga pada tahun 1938 di Prancis, tetapi sejak itu agak memudar. Hal itu seharusnya tidak mengejutkan karena negara yang dimaksud adalah Hindia Belanda, yang sekarang dikenal sebagai Indonesia,” bunyi keterangan resmi FIFA dalam situs resminya.

Pada masa itu, Asia hanya mempunyai jatah satu tempat di Piala Dunia 1938. Posisi tersebut diperebutkan oleh Hindia Belanda dan Jepang. Namun, karena Jepang mundur di kualifikasi, akhirnya Hindia Belanda lolos di Piala Dunia. Mundurnya Jepang di ajang tersebut karena sedang berperang dengan China.

Baca Juga: Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala Dunia 1938

Hal ini membuat Indonesia memperoleh rekor negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia pada 1938 di Prancis.

FIFA menyebut dalam Piala Dunia 1938, terdapat dua asosiasi sepak bola di Indonesia, yakni di bawah bendera Belanda melalui NIVU dan PSSI milik Indonesia.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Walah! Qatar Jadi Tuan Rumah Pertama yang Gagal di Opening

“Saat itu ada dua asosiasi sepak bola di Hindia Belanda. Satu untuk pemain Belanda dan satu untuk pemain lokal. Pilihan pemain dari kedua federasi akhirnya melakukan perjalanan ke Eropa. Tetapi, pertandingan itu jauh dari kata mulus karena sejumlah pemain pribumi menolak bermain untuk penguasa kolonial,” kata FIFA.

Meskipun begitu, Indonesia dengan nama Hindia Belanda tetap tampil dengan jersei berwarna oranye dan celana putih, seperti jersei milik Belanda. Pada putaran pertama babak 16 besar, Indonesia takluk pada Hongaria dengan skor 6-0.

Baca Juga: Mengenal Maskot Piala Dunia Qatar 2022, Namanya La’eeb

Walaupun gagal di pertandingan awal, rekor Indonesia sebagai negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia ini patut dibanggakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya