SOLOPOS.COM - Ilustrasi liburan bersama anak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah tips agar anak bisa menikmati liburan secara optimal, terlebih mengingat masa libur sekolah dan libur akhir tahun sudah di depan mata. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Dokter Spesialis Anak Bamed Dr Rista Harwita Putri, Sp.A mengatakan, agar anak dapat menikmati liburan dengan optimal, maka penting untuk menjaga kesehatannya sebelum dan selama liburan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut dia, di antara sejumlah yang bisa dilakukan orang tua, dua di antaranya yakni memastikan anak mengonsumsi asupan nutrisi bergizi seimbang dan cukup istirahat sebelum bepergian sehingga anak dapat berangkat berlibur dalam kondisi prima.

“Penuhi vaksinasi anak sesuai dengan jadwal sebelum berlibur. Anak lebih dari enam tahun juga sudah harus mendapatkan vaksinasi Covid-19,” kata dia seperti dikutip dari Antara pada Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Intip Rekomendasi Ide Lomba Menarik untuk Kegiatan Class Meeting

Selain jaga kesehatan anak, tips berikutnya yang juga perlu diperhatikan agar anak bisa menikmati liburan secara optimal yakni pakaian sesuai dengan lokasi dan daerah tempat berlibur, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menjalankan protokol kesehatan yang benar jika membawa anak ke tempat rekreasi yang ramai pengunjung.

Kemudian, bila anak masih belum bisa memakai masker dengan patuh atau masih bayi, sebaiknya bawa anak berlibur bukan di tempat keramaian.

Hal lainnya yakni beristirahat yang cukup selama liburan. Orang tua perlu membatasi jam bermain dan mengatur waktu istirahat anak selama liburan. Waktu bermain dan istirahat yang seimbang membuat kekebalan tubuh anak tetap optimal.

Baca Juga: TSTJ Solo Dibuka 27 Januari 2023, Gibran: Harga Tiket Kurang dari Rp50.000

Selain itu, pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi selama liburan. Anak memerlukan zat gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap baik.

Sebagai tambahan, selalu siapkan termometer, obat demam, serta obat-obatan lain yang biasa dikonsumsi anak bila mereka rutin mengonsumsi obat tertentu.  “Gejala penyakit yang perlu diwaspadai seperti munculnya gejala seperti demam, batuk, pilek, diare setelah liburan merupakan gejala yang sering terjadi selama liburan,” kata Rista.

Rista berpesan, apabila anak demam segera ukur suhu badan anak, lalu berikan obat penurun panas sesuai dengan usia dan berat badan anak, kemudian kompres hangat badan anak, dan pakaikan pakaian tipis dan nyaman serta pastikan anak mau minum air putih yang banyak.

Baca Juga: Menikmati Liburan Murah dengan Kereta Api

Tips lainnya agar anak bisa optimal menikmati liburan adalah orang tua perlu memperhatikan kondisi buah hati saat batuk dan pilek. Kemudian, apabila anak batuk dan pilek, maka pastikan tidak ada kondisi gawat seperti nafas sesak, bibir pucat, serta tarikan dinding dada. Anak yang sedang batuk pilek tidak boleh beraktivitas di tempat yang ramai dan butuh istirahat yang cukup. Bila anak diare ataupun muntah, pastikan kebutuhan cairan anak tetap tercukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya