SOLOPOS.COM - Lomba Fashion Show dapat digunakan sebagai salah satu ide lomba untuk mengisi kegiatan class meeting (Youtube/SMPIT Raudhatul Jannah)

Solopos.com, SOLO – Sebagai sarana refreshing siswa, kegiatan class meeting banyak dimeriahkan dengan aktifitas perlombaan. Nyatanya, class meeting tak sekedar menjadi sarana penyegaran namun juga memberikan banyak manfaat bagi perkembangan siswa.

Kegiatan class meeting ini sama halnya dengan metode belajar di luar atau outdoor activity yang dikemas dengan lebih menyenangkan. Berikut ini rekomendasi ide perlombaan yang dapat diagendakan dalam kegiatan class meeting :

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

  1. Memasak

Salah satu ide lomba yang dapat digunakan untuk kegiatan class meeting adalah memasak. Melansir dari kanal Youtube MuhisaTV, Rabu (14/12/2022), menu sederhana seperti nasi goreng dapat menjadi opsi untuk dilombakan.

Dengan komposisi yang mudah didapat seperti minyak goreng, bawang merah, bawang putih, saus tomat, cabai, nasi putih, telur, maupun lainnya, siswa tak akan kesulitan untuk mempersiapkannya.

Selain nasi goreng, memasak atau menghias puding dengan aneka rasa dan warna, atau menghias tumpeng juga dapat menjadi pilihan ide lomba.

  1. Membaca Puisi

Ditengok dari kanal Youtube Kotak Seni Project, membaca puisi merupakan kegiatan seni yang dapat dijadikan opsi untuk dilaksanakan pada kegiatan class meeting. Terdapat berbagai sistem perlombaan yang bisa digunakan. Yakni siswa membaca puisi buatan sendiri, maupun membaca puisi karya para sastrawan.

  1. Membaca Cerita/Story Telling

Ide lain yang dapat diterapkan untuk lomba saat class meeting adalah story telling. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai pilihan bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan lain-lain.

  1. Menggambar

Salah satu aktifitas kesenian yang tak kalah menyenangkan untuk dijadikan ide lomba class meeting adalah menggambar. Agar lebih seru, panitia dapat menentukan tema lomba menggambar.

  1. Mading

Tak kalah seru, membuat madding atau majalah dinding bisa menjadi ide kegiatan untuk class meeting. Nah, di sini masing-masing siswa dapat berkontribusi dalam menghasilkan karya yang kemudian dipajang dalam majalah dinding.

Kegiatan lomba mading juga dapat melatih kekompakan para siswa lho!

  1. Menghias kelas

Aktifitas lain yang menuntut kreatifitas namun juga dapat membangun kerja sama yang baik bagi para siswa adalah lomba menghias kelas. Lomba menghias kelas juga dapat dijadikan satu dengan lomba kebersihan kelas.

  1. Menyanyi

Ide lomba untuk mengisi kegiatan class meeting lainnya adalah lomba menyanyi. Kegiatan ini sekaligus bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dengan memberikan tema menyanyikan lagu-lagu daerah atau nasional dalam perlombaan tersebut.

  1. Fashion Show

Kemudian, ide lain yang dapat digunakan untuk mengisi kegiatan class meeting adalah fashion show sebagaimana ditengok dari kanal youtube SMPIT Raudhatul Jannah.

Masih sama dengan perlombaan lainnya, panitia dapat menentukan tema kostum lomba yang dapat digunakan dalam kegiatan fashion show ini.

  1. Pecah Ekor Balon

Setelah puas berkesenian, panitia juga dapat menjadikan olah raga sebagai permainan seru saat class meeting. Salah satunya adalah dengan lomba pecah ekor balon. Ditengok dari kanal youtube Moch Mismaruddin, lomba ini dilakukan dengan berkelompok.

Masing-masing kelompok membentuk barisan panjang seperti ular, dan barisan paling belakang menggunakan balon sebagai ekornya. Ketua regu yang berada di paling depan harus berhasil memecahkan balon yang berada pada ekor kelompok lainnya.

  1. Tarik Tambang

Tarik tambang menjadi ide lomba favorit yang biasa dilakukan dalam kegiatan class meeting. Kegiatan ini juga dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan strategi serta kekompakan dari masing-masing tim yang berlomba untuk dapat memenangkan pertandingan.

Tak hanya jenis lomba di atas, ide kegiatan atau perlombaan lain yang dapat dilakukan untuk mengisi class meeting diantaranya adalah, tenis meja, futsal, basket, cerdas cermat, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya