SOLOPOS.COM - The Beast saat inagurasi Joe Biden pada 2021 lalu. (spyscape.com)

Solopos.com, SOLO-Dikenal sebagai benteng berjalan, harga The Beast mobil kepresidenan yang dipakai Presiden AS Joe Biden selama mengikuti KTT G20 di Bali tentu bikin penasaran warganet. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Dikutip dari spyscape.com, Selasa (15/11/2022), mobil kepresidenan ini dilengkapi aneka piranti canggih selayaknya mobil James Bond, termasuk tabir asap dan gagang pintu yang dipasang untuk mengirimkan sengatan listrik 120 volt untuk menangkal penyerang. Itu juga dilaporkan dapat meletakkan lapisan minyak untuk membuat kendaraan musuh berputar di luar kendali.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Senapan pompa, granat bertenaga roket, peralatan penglihatan malam, dan granat gas air mata semuanya dikatakan ada di pesawat.  Dengan berat antara 8 hingga 10 ton, bodinya terbuat dari pelat baja delapan inci dengan pelat lantai lapis baja untuk melindungi dari potensi ledakan bom. Jendela setebal lima inci dapat menghentikan peluru 0,44 magnum.

Baca Juga: Mengenal The Beast, Mobil Presiden AS Joe Biden di KTT G20

Interiornya dapat disegel jika terjadi serangan kimia dan ban The Beast dapat bertahan bermil-mil. Cadillac One, demikian The Beast juga dikenal, membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 60 mil per jam.

Dengan aneka kelebihan tersebut, berapakah harga The Beast mobil Presiden AS Joe Biden? Walau memiliki harga atau nilai yang tinggi, tapi The Beast bukan mobil termahal di dunia.

KTT G20 di Bali bukanlah momen kali pertama Joe Biden pakai kendaraan roda empat tersebut. Sebelumnya, saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth, Biden diketahui juga membawa mobil tersebut.

Baca Juga: Ini Deretan Presiden AS yang Pernah Kunjungi Indonesia Selain Joe Biden

Saat mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, dirinya langsung dijemput mobil Cadillac yang dibuat oleh General Motors tersebut.  Mobil The Beast ditaksir  berharga US$1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp23,3 miliar.

Namun, General Motors mengklaim telah menghabiskan biaya riset mencapai US$15 juta dolar atau sekitar Rp233,2 miliar untuk pengembangan mobil tersebut.

Baca Juga: Ini Daftar Mobil Listrik yang Digunakan di KTT G20 Bali

Perkiraan harga mobil Joe Biden tersebut mengacu pada The Beast yang dibuat untuk Donald Trump pada 2018.  Dengan banderol sebesar itu, akan banyak pihak yang menganggap The Beast merupakan mobil mewah dengan banderol mahal.

Pada kenyataannya masih ada mobil lain yang punya harga lebih tinggi. Contohnya Rolls-Royce Boat Tail yang banderolnya diestimasikan mencapai US$28 juta dolar atau sekitar Rp435,1 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya