SOLOPOS.COM - The Beast. (spyscape.com)

Solopos.com, SOLO-Presiden AS Joe Biden memboyong mobil kepresidenannya sendiri saat menghadiri KTT G20 di Bali yang dijuluki The Beast.  Apa sajakah keistimewaannya? Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Mobil ini sebelumnya juga dibawa Biden saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth di Inggris. Dikutip dari mirror.co.uk, Senin (14/11/2022), Biden diizinkan menggunakan mobil tersebut untuk menghadiri pemakaman Ratu di Westminster Abbey.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Pemimpin dunia lainnya dibawa dengan kendaraan khusus dari lokasi yang dirahasiakan dan mereka harus meninggalkan mobil mereka karena “keamanan ketat dan pembatasan jalan”. Pengecualian untuk Biden.

Baca Juga: Ini Daftar Mobil Listrik yang Digunakan di KTT G20 Bali

Saat menghadiri KTT G20 di Bali, Presiden AS Joe Biden juga membawa mobil kepresidenan sendiri yaitu The Beast.  Dijuluki The Beast oleh agen Secret Service yang ditugaskan untuk mengendarainya, nama kode Secret Service resmi mobil tersebut adalah “Stagecoach”.

Meskipun dibangun dengan gril, lampu depan, dan lampu belakang yang sudah dikenal yang digunakan pada kendaraan Cadillac yang tersedia untuk konsumen mana pun, itu tidak didasarkan pada kendaraan produksi apa pun yang saat ini diluncurkan dari jalur perakitan di Detroit, AS.

Soal akselerasi mobil ini boleh dibilang tidak terlalu baik. Mobil bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 15 detik. Ya, ‘The Beast’ memang bukan mobil berperforma tinggi yang bisa ngacir dalam kecepatan tertentu. Jelas mobil ini menawarkan keamanan nomor wahid untuk melindungi orang nomor satu di AS itu.

Baca Juga: Tiba di Pulau Dewata, Presiden AS Joe Biden Disambut Tarian Khas Bali

Tidak heran kalau mobil menawarkan beberapa perangkat seperti dalam film James Bond. ‘The Beast’ mengusung ban Kevlar yang memungkinkan tetap bisa berjalan dalam kondisi kempis atau bocor sekalipun. Di dalamnya terdapat pelindung ketika ada serangan gas air mata. Mobil ini diperkirakan memiliki berat antara 14.000 hingga 20.000 pound (6-9 ton). The Beast’ juga menggunakan ban berukuran besar yang biasanya terpasang pada truk berukuran medium hingga besar.

Handle pintu ‘The Beast’ disebut dilengkapi dengan tegangan listrik 120 Volt untuk melindungi dari perusuh yang mencoba masuk. Disebutkan pula mobil bisa mengeluarkan cairan oli sehingga pengendara yang menguntit bisa kehilangan kontrol.

Dikutip dari spyscape.com, Senin (14/11/2022), berikut ini sejumlah fakta The Beast mobil kepresidenan yang dipakai Presiden AS Joe Biden menghadiri KTT G20 Bali:

1. Senjata dan pertahanan

The Beast dimuat dengan gadget selayaknya mobil James Bond yang diyakini termasuk tabir asap dan gagang pintu yang dipasang untuk mengirimkan sengatan listrik 120 volt untuk menangkal penyerang. Itu juga dilaporkan dapat meletakkan lapisan minyak untuk membuat kendaraan musuh berputar di luar kendali.

Senapan pompa, granat bertenaga roket, peralatan penglihatan malam, dan granat gas air mata semuanya dikatakan ada di pesawat.

Baca Juga: Tiba di Pulau Dewata, Presiden AS Joe Biden Disambut Tarian Khas Bali

Dengan berat antara 8 hingga 10 ton, bodinya terbuat dari pelat baja delapan inci dengan pelat lantai lapis baja untuk melindungi dari potensi ledakan bom. Jendela setebal lima inci dapat menghentikan peluru 0,44 magnum.

Interiornya dapat disegel jika terjadi serangan kimia dan ban The Beast dapat bertahan bermil-mil. Cadillac One, demikian The Beast juga dikenal, membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 60 mil per jam.

2. Ada lebih dari satu The Beast

Setidaknya ada dua The Beast identik dengan plat nomor yang cocok di setiap iring-iringan sehingga penyerang tidak dapat 100% yakin kendaraan mana yang berisi presiden dan mana yang merupakan umpan. Selama pelantikan Presiden Joe Biden, sebenarnya ada tujuh Beast yang ditempatkan di ibu dari semua iring-iringan mobil.

Cadillac One umumnya diperbarui setiap beberapa tahun dengan gizmos dan gadget baru sehingga diperkirakan 16-20 model lama masih bermunculan.

Mobil kepresidenan ini dihargai US$1,5 juta tetapi GM dikatakan telah menghabiskan US$15 juta untuk penelitian dan pengembangan untuk monster Donald Trump 2018. Bensin ekstra, tentu saja, dan biaya bertambah karena The Beast hanya mendapatkan sekitar empat mil per galon.

3. The Beast bepergian dengan kulkas penuh stok darah

Fakta berikutnya The Beast mobil Presiden AS Joe Biden di KTT G20 Bali adalah kendaraan roda empat ini membawa suplai darah yang cocok dengan golongan darah presiden jika terjadi keadaan darurat. Ia juga bergerak dengan suplai oksigennya sendiri yang dapat disalurkan langsung ke kabin yang tertutup rapat jika terjadi serangan.

Baca Juga:  Momen Keakraban Jokowi dan Joe Biden saat Pertemuan Bilateral Jelang KTT G20

Limo dapat menampung hingga tujuh orang, jadi presiden tidak pernah jauh dari bantuan. Staf penting, termasuk dokter militer presiden, umumnya mengikuti di belakang salah satu dari tiga SUV terpisah yang dikenal sebagai ‘Mobil Kontrol’.

4. Komunikasi

Hampir tidak ada suara yang bisa masuk ke kabin karena pelapisan lapis baja. Suara eksterior diambil dengan mikrofon di luar dan speaker di dalam. Peralatan komunikasi lebih lanjut memungkinkan The Beast untuk berkomunikasi dengan kendaraan khusus yang merupakan bagian dari iring-iringan mobil.  Komunikasi top-of-the-range juga memastikan presiden AS memiliki kemampuan untuk mengirimkan kode yang diperlukan untuk menembakkan senjata nuklir dari dalam The Beast dalam keadaan darurat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya