SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging kambing. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi empuk tidaknya daging kambing. Apa sajakah? Simak ulasannya di tips memasak daging kambing kali ini.

Saat Iduladha 2022 bisa jadi Anda mendapatkan daging sapi atau kambing. Agar hidangan Iduladha makin maknyus dan tidak alot, sebaiknya ketahui cara pengolahan yang benar.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Selain usia kambing, faktor lain yang berpengaruh terhadap empuk tidaknya daging kambing adalah cara memotong daging kambing, Hal ini lantaran berpengaruh terhadap teksturnya. Memotong asal-asalan bisa membuat daging kambing jadi alot, susah dikunyah dan pada akhirnya sulit untuk dinikmati semua orang.

Baca Juga: Agar Terhindar Bakteri, Begini Cara Menyimpan Daging yang Benar

Dikutip dari Antara pada Sabtu (9/7/2022), ada cara memotong daging kambing yang tepat agar hasilnya empuk dan tidak bau.  Sebelum memotong, perhatikanlah daging dan lihat serat-seratnya. Kemudian, potonglah daging kambing secara berlawanan dengan arah serat daging. Sebab, memotongnya sesuai arah serat justru membuatnya nanti sulit dikunyah karena tidak empuk.

Kiat lainnya adalah membuang lemak. Langkah ini perlu dilakukan agar daging kambing empuk dan tidak bau, juga demi kesehatan pencernaan Anda. Mengapa lemak harus dibuang? Sebagian besar aroma prengus daging kambing berasal dari lapisan lemak.

Baca Juga: Begini Cara Meminimalkan Kolesterol dalam Hidangan Daging Iduladha

Irislah lapisan lemak yang berlebih pada daging agar hasil masakan lebih maksimal. Tips yang bisa dipraktikkan adalah menyimpan daging sejenak di lemari pendingin sampai lapisan lemak beku sebelum mengirisnya. Lemak yang sudah beku akan lebih mudah diiris.

Hal yang serupa bisa dipraktikkan bila tahun ini Anda memasak daging sapi untuk Hari Raya Iduladha. Memotong daging melawan arah serat membuat serat lebih pendek, dan nantinya daging lebih mudah dikunyah.

Baca Juga: Ini Cara Bakar Satai Kambing Agar Hidangan Iduladha Makin Maknyus

Selain itu, jangan lupa untuk membuang selaput putih pada daging. Caranya, Anda bisa menyelipkan pisau di bawah selaput putih, kemudian menyayatnya. Hal lain yang harus diperhatikan agar daging jadi empuk adalah membuat urat daging karena itu yang menyebabkan daging jadi keras sehingga sulit dimakan. Sama seperti pada selaput putih daging, Anda bisa menyelipkan pisau di bawah urat untuk menyayat dan memotongnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya