Ternyata Ini Penyebab Harga Telur Ayam di Boyolali Naik

Ketua Pinsar Jawa Tengah, Parjuni, mengungkapkan ada beberapa hal memengaruhi kenaikan harga telur,

 Pedagang Pasar Boyolali, Tanti, 42, mengepak telur ayam di lapaknya, Jumat (27/5/2022).(Solopos-Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Pedagang Pasar Boyolali, Tanti, 42, mengepak telur ayam di lapaknya, Jumat (27/5/2022).(Solopos-Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Harga telur ayam di Boyolali naik mencapai Rp28.000 per kilogram pada Jumat (27/5/2022). Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga telur sepekan lalu yang bergerak di angka fluktuatif Rp23.000–Rp25.000 per kilogram.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah, Parjuni, mengungkapkan ada beberapa hal memengaruhi kenaikan harga telur. “Pertama karena beberapa waktu lalu harga telur ayam sangat murah sehingga peternak ayam petelur sudah ada yang gulung tikar,” kata dia saat dihubungi Solopos.com via WhatsApp, Jumat.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Parjuni mengungkapkan beberapa peternak telur sudah mengurangi populasi bahkan mengosongkan kandang. Lebih lanjut, ia mengatakan penyebab kedua adalah harga pakan yang sangat tinggi dengan kualitas yang menurun.

Sehingga, menurut Parjuni, jika harga telur ayam disamakan dengan harga normal tahun kemarin di angka Rp19.000 – RP20.000 per kilogram, maka peternak akan rugi. “Rugi ya karena kenaikan harga pakan untuk tahun ini mencapai sekitar 15 persen dari tahun lalu,” kata dia.

Parjuni mengatakan jika beban biaya pakan ditambahkan kepada para peternak maka dengan harga jual telur ayam di tingkat peternak mencapai harga Rp24.000–Rp25.000 per kilogram sudah wajar.

Baca juga: Usai Lebaran Harga Telur di Boyolali Naik Capai Rp28.000/kg, Kenapa Ya?

Penyebab selanjutnya menurut Parjuni adalah peternak masih dalam pemulihan atau melakukan peremajaan. “Yang kemarin para peternak tidak bisa melakukan peremajaan, ini memerlukan modal untuk kembali melakukan peremajaan,” kata dia.

Gangguan Produksi Telur

Penyebab selanjutnya, Parjuni mengatakan ada juga penurunan produksi jumlah telur di beberapa peternak. Hal tersebut, kata Parjuni, karena ada gangguan produksi telur seperti penyakit Infectious Bronchitis (IB), kondisi lingkungan, dan sebagainya.

“Harapan kami, harga pakan dapat diturunkan dan distabilkan kualitasnya. Sehingga jika harga telur turun, para peternak tidak merugi,” kata dia.

Baca juga: Pinsar Jateng Terapkan Sistem Ini Biar Harga Ayam Tak Jeblok

Sebelumnya, salah satu pedagang di Pasar Boyolali, Tanti, 42, mengaku menjual telur di lapaknya dengan harga Rp28.000 per kilogram. Ia mengungkapkan harga tersebut telah naik sekitar sepekan dari harga kisaran Rp23.000 – Rp25.000 per kilogram.

“Biasanya setelah Lebaran begitu harganya sudah turun, jadi memang tidak biasanya harganya masih tinggi saat ini,” jelas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

4.310 Rumah di Wonogiri Belum Punya Instalasi Listrik Sendiri, Gantol?

Sebanyak 4.310 rumah di Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah belum memiliki instalasi listrik sendiri sehingga masih menumpang ke rumah tetangga.

Lah! Air Sungai di Karangdowo Klaten Mendadak Berbusa, Banyak Ikan Mati

Sungai di wilayah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak berbusa sehingga menyebabkan banyak ikan mati.

Cemas & Depresi, Kondisi Remaja Wonogiri yang Sempat Hilang 1 Tahun

P2TP2A Wonogiri menyebut kondisi remaja perempuan asal Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun lalu, MD, 17, tertekan secara psikis, seperti cemas, depresi, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Pasar Jamu Nguter di Nguter, Sukoharjo, sejak lama menjadi pusat penjualan beragam jenis jamu dan empon-empon baik serbuk, cair, dan kemasan.

Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Grab OVO meluncurkan layanan drive thru untuk pembayaran beberapa pelayanan publik seperti PBB, pajak kendaraan dan tagihan PDAM di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Sejumlah pedagang Pasar Jongke Solo mengaku belum tahu rencana Pemkot menggabungkan pasar tersebut dengan Pasar Kabangan pada revitalisasi mendatang.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Banyak Berawan

BMKG merilis prakiraan cuaca sragen hari ini bakal berawan sepanjang hari tanpa hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Cerah Berawan

Hujan sudah mulai jarang turun. Prakiraan cuaca karanganyar hari ini akan tanpa hujan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Kamis 30 Juni 2022: Dominan Berawan

Prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari ini Kamis (30/6/2022) tersaji lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo 30 Juni: Panas Lur, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Kamis (30/6/2022), akan panas pada siang hari dengan suhu mencapai 33 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Kamis 30 Juni 2022: Hari Ini Cerah Berawan

Berikut ini prakiraan cuaca untuk wilayah Sukoharjo sepanjang hari Kamis (30/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi-Siang

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pengin Nonton Konser Dream Theater Di Solo? Ini Link Buat Beli Tiketnya

Tiket konser Dream Theater yang akan digelar 10 Agustus mendatang di Area Parkir A dan B Stadion Manahan Solo dijual secara online mulai Jumat (1/7/2022).

Hasil PPDB SMP di Wonogiri, Ada Sekolah yang Kekurangan Siswa

Seleksi pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Wonogiri telah diumumkan, Senin (27/6/2022).