SOLOPOS.COM - Balung kethek menjadi salah satu camilan khas Solo yang banyak diburu wisatawan di Pasar Gede Solo. (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Pasar Gede menjadi salah satu lokasi jujugan wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Banyak daya tarik yang bisa dinikmati di sana, mulai dari keindahan arsitektur bangunannya, makanan tradisional yang langka, hingga oleh-oleh khas Solo.

Di Pasar Gede tersedia banyak pilihan jajanan pasar khas Solo. Pedagang jajanan pasar, Tri Indarsih, 38, mengatakan ada beberapa makanan khas yang paling laku terjual, khususnya menarik minat wisatawan dari luar Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kalau di sini [Pasar Gede] orang-orang nyari jajanan yang awet, biasanya bisa tahan dua sampai tiga pekan tergantung jenisnya,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Minggu (20/3/2022)

Baca Juga: Rekomendasi Jajanan yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Khas Solo

Oleh-oleh khas pertama yang jadi buruan wisatawan di Pasar Gede Solo adalah Teh Oplosan. Ada enam merek teh yang dibungkus menjadi satu di wadah plastik bening. Enam mereka itu yakni cap 999, cap Bola, cap Jaring, Sepeda Balap, cap Ceret, dan Gopek.

oleh-oleh khas solo
Teh oplosan dan intip menjadi buruan wisatawan untuk oleh-oleh di Pasar Gede Solo. (Solopos/Siti Nur Azizah)

Satu plastik berisi enam merek teh itu dibanderol dengan harga Rp25.000. “Yang paling laku ya teh ini, sudah sepaket dan tinggal seduh saja. Bukan hanya wisatawan yang nyari, tapi pedagang wedangan juga banyak yang cari di sini,” ucapnya.

Wedang Uwuh Instan

Oleh-oleh kedua adalah wedang uwuh instan. Wedang tradisional ini berisi rempah kayu secang, kayu manis, cengkih, serai, pala, kapulaga, dan gula pasir atau gula batu. Satu pack wedang uwuh berisi 10 bungkus yang dibanderol dengan harga Rp20.000 ini ternyata cukup menarik minat wisatawan.

Baca Juga: Mpok Sinah Klamben Hadirkan Pasar Jajanan Jadul di Mangkubumen Solo

“Wedang uwuh ini juga paling banyak diminati, apalagi waktu pandemi seperti ini, ada yang sampai beli lima pack untuk stok di rumah,” katanya

Beralih ke camilan, oleh-oleh khas yang paling laku di Pasar Gede Solo adalah rambak kulit sapi. Tekstur rambak kulit sapi ini berbeda dengan rambak di daerah lain. Salah satu pembeli asal Jombang, Jawa Timur, Anik Handayani, yang kebetulan berkunjung ke Pasar Gede mengungkapkan rambak di Solo beda dari yang lain.

“Di daerah saya rambak dijadikan campuran sayur dan teksturnya juga beda, kalau di sini [Solo] bisa buat camilan, rasanya juga enak. Setiap ke sini saya selalu mampir ke Pasar Gede buat borong rambak ini,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Baca Juga: Viral Jajanan Gerobakan Martabak Korea di Solo, Harganya Murah Cuma Rp1.000

Saat itu harga rambak naik akibat kelangkaan minyak goreng, yang awalnya dibanderol dengan harga Rp30.000 per kemasan sekarang menjadi Rp35.000 kemasan 250 gram.

oleh-oleh khas solo
Rambak kulit sapi banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Pasar Gede Solo. (Solopos/Siti Nur Azizah)

Balung Kethek

Camilan lain khas Solo yang menjadi buruan para wisatawan saat berkunjung ke Pasar Gede adalah intip. Makanan ini berasal dari kerak nasi dengan rasa original dan madu. Intip varian original dan madu bentuk bulat dibanderol dengan harga Rp15.000 per biji.

Sebelum ada kelangkaan minyak goreng harga per biji Rp10.000. “Kelangkaan minyak ini membuat produsen intip menaikkan harga, jadi saya ikut naikkan,” ucap Tri.

Baca Juga: Luna Maya Pernah Cicipi Kuliner Lenjongan Yu Sum di Pasar Gede Solo Lo

Camilan terakhir dan menjadi burun wisatawan untuk oleh-oleh khas Solo adalah Balung Kethek. Balung Kethek ini terbuat dari ubi kayu yang direbus kemudian dijemur hingga kering lalu digoreng dan dilumuri dengan gula merah.

Kata balung berasal dari bahasa Jawa yang berarti tulang, sedangkan Kethek yang berarti monyet. Makanan ini dinamakan Balung Kethek karena teksturnya yang keras seperti tulang. “Balung Kethek juga paling banyak diminati karena rasanya yang manis dan sedikit pedas, satu bungkus harganya Rp15.000”, katanya.

Jajanan Khas Solo tersebut bisa menjadi rekomendasi dengan harga yang cukup terjangkau, khususnya wisatawan yang sedang berkunjung di Pasar Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya