SOLOPOS.COM - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat jumpa pers. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, SOLO -- Juru bicara pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan update terbaru corona Indonesia pada 12 April 2020 telah mencapai 4.241 orang terkonfirmasi positif.

Ada tambahan 399 kasus baru dibandingkan data kasus terkonfirmasi positif sehari sebelumnya. Sementara itu, jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dalam 24 jam terakhir sebanyak 46 orang.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dengan demikian, total pasien positif yang meninggal sebanyak 373 orang. Di sisi lain, update corona Indonesia 12 April juga menunjukkan ada tambahan 73 orang yang sembuh.

Total pasien sembuh sebanyak 359 orang. Penambahan kasus positif corona dalam sehari sebanyak 399 kasus merupakan rekor tertinggi sejak kasus pertama akhir Februari lalu.

1 PDP Colomadu Karanganyar Perserta Ijtima Ulama Gowa Meninggal Minggu Pagi

Achmad Yurianto dalam konferensi pers update corona Indonesia 12 April 2020, Minggu (12/4/2020), di Jakarta meminta masyarakat mematuhi pedoman pembatasan yang dibuat pemerintah.

"Saat ini PSBB [pembatasan sosial berskala besar] sudah berlaku di DKI. Kami mengimbau warga DKI patuh dan displin melaksanakan pedoman yang ditetapkan gubernur," kata Yuri seperti disiarkan Kompas TV.

Hal itu, kata Yuri, semata-mata untuk melindungi seluruh masyarakat, juga sebagai upaya yang lebih kuat lagi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pengajuan PSBB Jawa Barat

Selain DKI Jakarta, Yuri mengatakan pemerintah sudah menyetujui usulan Gubernur Jawa Barat untuk penerapan PSBB di Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupatan dan Kota Bekasi.

Perempuan Wonogiri Nekat Bakar Diri di Kamar Mandi

"Kami juga sedang memproses pengajuan dari Provinsi Banten, baik untuk Kabupaten dan Kota Tangerang maupun Kota Tangerang Selatan. Kami berharap hari ini disetujui," jelas dia.

Yuri menegaskan wabah virus corona ini faktor pembawanya adalah manusia. Oleh karena itu sebisa mungkin aktivitas manusia dikendalikan.

Pembatasan-pembatasan yang ditetapkan pemerintah itu adalah untuk pengendalian agar kontak dekat dan transmisi lokal dikontrol semaksimal mungkin.

Belum Ada Kasus Positif Corona di Boyolali Per 11 April 2020

Dalam update corona Indonesia 12 April 2020, DKI Jakarta masih menempati posisi pertama jumlah kasus positif Covid-19 dengan total 2.044 kasus.

Sementara untuk Jawa Tengah, ada penambahan 56 kasus baru sehingga total menjadi 200 kasus.

Pasien positif corona yang meninggal di Jateng pada 12 April juga bertambah sebanyak tiga orang menjadi total 25 orang. Sedangkan pasien yang sembuh bertambah satu orang menjadi total 19 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya