Tayang Di Youtube Sabtu Sore, Kodim Solo Gandeng Anak Muda Gelar Creavest 2020
Konferensi pers acara Creavest 2020 yang digelar Kodim 0735 Solo bersama anak-anak muda Solo, Selasa (27/10/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Kodim 0735 Solo bersama para anak-anak muda menggagas Creavest 2020 yang mengemas pertunjukan seni budaya dan potensi UKM secara virtual untuk tetap bertahan di tengah pandemi.

Dandim 0735 Solo, Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji, saat jumpa pers di Makodim Solo, Selasa (27/10/202) sore, mengatakan Kodim Solo bersinergi dengan pemuda Solo menggelar pertunjukan seni budaya.

Pertunjukan itu akan tayang secara virtual melalui channel YouTube Solo Tangguh pada Sabtu (31/10/2020) pukul 18.30 WIB. Menurutnya, tujuan kegiatan komunikasi sosial dapat sama-sama tercapai meskipun konsep kegiatan berlangsung secara virtual.

Jumlah Penumpang Bus Datang Di Terminal Tirtonadi Solo Meningkat Sejak Selasa

“Ini juga sebagai wujud pembinaan teritorial untuk melestarikan seni budaya serta ekonomi. Kami bersinergi dengan Pemerintah Kota Solo dan para anak-anak muda sebagai penyusun konsep. Seni budaya terus berkembang seiring perkembangan zaman,” papar Dandim.

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan, memaparkan pandemi ini jelas berdampak pada sektor pariwista dan berimbas pada sektor ekonomi. Sedangkan pariwisata merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Solo.

Ekonomi Kreatif

Ia berharap lewat Creavest yang digagas Kodim bersama anak-anak muda dapat menjaga eksistensi seni budaya dan ekonomi kreatif Kota Solo. Creative Director Creavest, Apriza Rizadi Naim, mengatakan dalam pertunjukan akan menampilkan seni dari delapan sanggar tari Kota Solo.

Gibran Gagas Solo CreatifHub Untuk Berdayakan Anak Muda, Begini Programnya

Selain itu akan ada pemeran yang melibatkan 18 UKM terdiri dari kuliner, fashion, kerajinan, komunitas sosial. Ia menambahkan latar lokasi pertunjukan berpindah-pindah seperti Monumen Pers, Museum Samanhudi, Ndalem Harjonegaran, Ndalem Gondosuli, Canting Londo, Solia Zigna dan Kampung Joho Hepi.

Dalam pertunjukan virtual itu tetap akan ada kampanye ketertiban protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Positif Covid-19 Kota Solo Tambah 40 Kasus Lagi, 29 Dari Hasil Tracing

Ia berharap penyelenggaraan Creavest 2020 bertema Kolaborasi Virtual Pertunjukan Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif Guna Membentuk SDM Kreatif dan Inovatif itu mampu mengenalkan seni budaya Solo ke skala nasional maupun internasional. Selain itu, sektor UKM pun turut memperoleh dampak positif.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom