Gibran Gagas Solo CreatifHub Untuk Berdayakan Anak Muda, Begini Programnya
Cawali Solo, Gibran Rakabuming Raka, memasak makanan untuk dibagikan kepada warga di RT 004/RW 020 Kaplingan, Jebres, Solo, Jumat (11/9/2020) siang. (Istimewa-Tim Gibran)

Solopos.com, SOLO -- Calon wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, mengagas adanya CreatifHub sebagai wadah berkumpul anak-anak muda untuk memunculkan ide kreatif.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berencana menyediakan CreatifHub bila kelak menjadi Wali Kota Solo. CreatifHub akan tersedia lengkap dengan ruang pamer, ruang seminar, ruang workshop, maker space, dan sarpras penunjang lainnya.

“Jadi nanti bakal ada pelatihan atau mentoring softskill dan hardskill dengan dukungan peralatan seperti mesin jahit, mesin obras, atau 3D printing. Arahnya bagaimana mewujudkan kreativitas dan membangun networking,” ujarnya.

Kuota Sudah Penuh, Bawaslu Sukoharjo Tutup Pendaftaran Pengawas TPS

Gibran menyampaikan gagasan soal Solo Creatifhub itu saat menjadi salah satu pembicara dalam Webinar Nasional Hari Sumpah Pemuda bertema Pemuda Garda Pemulihan Ekonomi Masa dan Pascapandemi Covid-19, Rabu (28/10/2020).

Ia mengaku sering mendapat pertanyaan dari anak muda Solo ihwal ide membuat CreatifHub, mulai dari apa fungsinya, tempatnya, hingga siapa yang bakal memanfaatkannya.

“Jadi nanti dalam CreatifHub ini membentuk ekosistem bisnis dengan komando anak-anak muda. Ada pelatihan softskill juga seperti marketing, public speaking, perizinan usaha, dan sebagainya,” sambungnya.

Jumlah Penumpang Bus Datang Di Terminal Tirtonadi Solo Meningkat Sejak Selasa

Berkolaborasi

Ihwal tempat Solo CreatifHub, menurut Gibran, bisa dengan membangun tempat baru atau memanfaatkan yang sudah ada seperti Solo Techno Park, Gedung IKM Kreatif Semanggi, taman cerdas, dan pendapa kelurahan.

“Tempatnya bisa pakai bangunan yang sudah ada atau bangun baru. Arah yang paling utama membuat peran aktif masyarakat utamanya anak-anak muda dalam program dari Pemkot Solo. Intinya harus mau berkolaborasi,” katanya.

Modal Nekat! Niat Rampas Taksi Online Di Solo, Pemuda Sumatra Ini Ternyata Enggak Bisa Nyetir

Menurut Gibran, penyediaan CreatifHub akan bermanfaat untuk pengembangan UMKM. Dengan adanya CreatifHub yang memanfaatkan teknologi digital, Gibran optimistis sektor UMKM akan ikut terdongkrak.

Pada akhirnya pendapatan dan kesejahteraan para pelaku UMKM akan ikut meningkat. “UMKM apa pun tak bisa lepas dari CreatifHub. Era revolusi industri 4.0 memberikan tantangan tersendiri pada era ekonomi digital,” urainya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom