Jumlah Penumpang Bus Datang Di Terminal Tirtonadi Solo Meningkat Sejak Selasa
Uji coba BRT Trans Jateng rute Terminal Tirtonadi Solo-Sumberlawang Sragen di Terminal Tirtonadi, Solo, Senin (1/9/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Libur panjang akhir pekan sejak Rabu (28/10/2020) mendorong peningkatan mobilitas penumpang bus di Terminal Tirtonadi, Solo.

Peningkatan mulai terjadi sejak Selasa (27/10/2020) sekitar 15%-20% persen daripada hari biasanya. Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, mengatakan persentase kenaikan penumpang tersebut tidak signifikan.

Modal Nekat! Niat Rampas Taksi Online Di Solo, Pemuda Sumatra Ini Ternyata Enggak Bisa Nyetir

Namun, daripada saat Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jumlah tersebut jauh lebih banyak.

Wali Kota Rudy Berharap Partisipasi Pemilih Pilkada Solo 2020 Capai 80%

“Rata-rata saat hari biasa ada 600-700 bus per hari masuk Terminal Tirtonadi Solo, penumpang 10.000-11.000 orang. Nah, saat akhir pekan ini ada peningkatan, tapi tidak sampai 20% dari jumlah tersebut. Tapi, kebanyakan antarkota antarprovinsi, lokal, area Soloraya, dan sekitarnya,” katanya kepada wartawan, Rabu siang.

Kecewa Hasil Muscablub, Anggota Pemuda Pancasila Solo Segel Kantor Sekretariat

Terkait peningkatan jumlah penumpang tersebut, pengelola terminal tetap melakukan pengawasan dengan mengecek suhu badan setiap penumpang pada semua pintu masuk.

Lonjakan Penumpang, KAI Semarang Operasikan KA Tawang Jaya Premium

Selain itu, penumpang juga wajib menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan menghindari kerumunan.

Gibran Geregetan Branding Pariwisata Solo Masih Kalah dari Jogja

Wajib Pakai Masker

“Sejak awal Pandemi Covid-19, kami sudah menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19. Sampai saat ini penumpang bus masuk Terminal Tirtonadi Solo wajib pakai masker dan cek suhu," terangnya.

Solopos Masuk 10 Besar Media Massa Terbaik dalam Penggunaan Bahasa Indonesia

Joko mengaku memberi pengawasan khusus terhadap penumpang yang masuk terminal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Update Data Covid-19 Klaten: Tambah 3 Pasien Positif dan 6 Sembuh

"Iya, satu-dua sudah terlihat [masuk terminal]. Tapi tidak signifikan. Dengan PSBB Jabodetabek cuma satu dua keluarga yang pulang karena persyaratan bebas Covid-19 sudah terpenuhi," kata Joko.

Sebelumnya, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sudah mengimbau kepada warga Solo yang berada luar kota agar tidak mudik pada libur panjang akhir pekan ini.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom