SOLOPOS.COM - Ilustrasi APD virus corona. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten bertambah dua orang menjadi total sembilan orang. Dari jumlah tersebut tujuh orang masih dirawat di rumah sakit dan dua orang sembuh.

Data itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, melalui rilis pers Humas Setda Klaten, Senin (20/4/2020).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

"Penambahan pasien terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Klaten hari ini [Senin] ada dua orang. Satu di antaranya termasuk dalam klaster Gowa [peserta Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan]," kata Cahyono.

Salatiga Tambah 1 Pasien Positif Corona, Sempat ke Pasar dan Pertemuan PKK

Dengan tambahan itu, Cahyono menambahkan secara kumulatif sampai Senin jumlah pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi sembilan orang. Dua pasien baru positif Covid-19 itu masing-masing dari Karanganom dan Juwiring.

Dari Kecamatan Karanganom satu orang positif Covid-19 yakni seorang laki-laki berinisial MA berusia 51 tahun. MA saat ini menjalani perawatan di RSU Islam Klaten. Kondisinya stabil dan baik.

Kategori Impor

"Kasus ini termasuk kategori impor karena pasien tertular saat berada di Solo. Yang bersangkutan selama ini bekerja di Solo. Sebelum dinyatakan positif, pasien tersebut sudah melakukan isolasi mandiri di rumah sejak 15 April 2020,” jelas Cahyono.

PSBB Matikan Usaha Kuliner, Pengusaha Solo Pilih Lockdown

Sementara satu pasien lainnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten pada Senin yakni seorang laki-laki berinisial HS dari Kecamatan Juwiring. Saat ini pasien itu menjalani perawatan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kondisinya juga stabil dan baik. Kasus pasien asal Juwiring ini juga termasuk kategori impor karena pasien tertular saat melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan,18-23 Maret 2020 lalu.

Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten mengimbau Gugus Tugas RT/RW lebih memperketat pemantauan warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten.

Ogah Karantina Mandiri, 2 Warga Plupuh Sragen Dijebloskan ke Rumah Angker

Untuk warga yang baru saja pulang dari luar wilayah diminta segera melapor ke Gugus Tugas RT/RW dan mengisolasi dirinya selama 14 hari di rumah masing-masing.

Apabila mengalami gejala atau sakit segera periksa di Puskesmas terdekat. Selain itu untuk seluruh masyarakat diimbau untuk tidak takut, tidak panik, melakukan PHBS, makan makanan bergizi. Juga berjemur antara pukul 09.00 WIB-10.00 WIB selama 10-15 menit guna pencegahan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya