SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo. (Solopos-Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO — Suporter sepak bola di Kota Solo gegap gempita menyambut kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal ini karena Stadion Manahan Solo digadang-gadang menjadi salah satu venue penyelenggaraan kompetisi sepak bola bergengsi usia muda tersebut.

Suporter pun berkomitmen menjadi tuan rumah yang baik selama kegiatan berlangsung. Sebagai informasi, Stadion Manahan menjadi satu dari 10 stadion yang disiapkan PSSI untuk menghelat Piala Dunia U-20. Manahan diklaim layak menggelar event internasional setelah melalui renovasi yang memakan dana Rp301,33 miliar.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Sesepuh Pasoepati, Mayor Haristanto, menyambut antusias penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia menilai keputusan FIFA tersebut seperti oase di tengah carut marut kondisi persepakbolaan di Indonesia.

“Tentu senang sekaligus bangga. Semoga ini bisa menjadi momentum sepak bola untuk bangkit,” ujar Mayor saat dihubungi Solopos.com, Kamis (24/10/2019).

Mayor mengatakan pengajuan Stadion Manahan sebagai salah satu venue ajang bak durian runtuh bagi publik Kota Bengawan. Menurut Mayor, tak hanya publik sepak bola yang antusias melainkan warga kota secara keseluruhan. Dia menyebut penyelenggaraan kompetisi sebesar Piala Dunia U-20 bisa menjadi ajang bagi warga Solo untuk menunjukkan keramahtamahan pada dunia.

“Sikap njawani, punya unggah-ungguh tapi tetap atraktif harus kita tunjukkan pada para tamu. Tunjukkan kalau suporter Solo adalah suporter yang hangat, ramah dan peduli,” kata Presiden Republik Aeng-aeng itu.

Meski penyelenggaraan kompetisi masih dua tahun lagi, Mayor berencana menggeber sosialisasi Piala Dunia U-20 di Solo sedini mungkin. Terdekat, Mayor akan menggelar aksi di car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, (27/10/2019), untuk menyambut ajang tersebut. “Edukasi dan sosialisasi harus dimulai sedini mungkin. Ini bukan hanya tanggungjawab suporter, tapi juga masyarakat Solo secara umum.”

Kelompok pendukung Persis yang tergabung dalam Surakartans juga bereuforia menyambut penyelenggaraan Piala Dunia U-21 di Kota Bengawan. Perwakilan Surakartans, Adith, sangat mendukung dihelatnya kompetisi internasional di Stadion Manahan. Pihaknya siap berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kami akan tunjukkan Kota Solo selalu menjadi tuan rumah yang nyaman, apapun skala event yang digelar,” kata dia. Surakartans berencana membuat kampanye atau gerakan untuk menyosialisasikan ajang lima tahunan tersebut. “Sekarang baru kami obrolkan. Wacananya akan ada semacam aksi branding kota,” ujar Adith.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya