Solopos Hari Ini: Dilema PTM 100%

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% diliputi dilema ancaman penularan Covid-19 khususnya varian Omicron yang kian meluas.

 Harian Solopos edisi Senin (17/1/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (17/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Jumlah pasien Covid-19 di RS yang menunjukkan tren peningkatan seiring lonjakan kasus Omicron di Indonesia mengantui pelaksanaan PTM 100%. Harian Solopos edisi Senin (17/1/2022) mengusung headline terkait dilema pelaksanaan PTM 100%.

Dilema PTM 100%

SOLO-Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% diliputi dilema ancaman penularan Covid-19 khususnya varian Omicron yang kian meluas. Meski gejala Omicron kerap dianggap ringan, angka keterisian rumah sakit (RS) meningkat.

PromosiSejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Faktanya, jumlah pasien Covid-19 di RS menunjukkan tren peningkatan seiring lonjakan kasus Omicron yang terkonfirmasi di Indonesia. Berdasarkan data GISAID yang diakses Espos, Minggu (16/1/2022), kali terakhir data spesimen positif Omicron dimasukkan ke platform tersebut pada Jumat (14/1/2022) dan jumlah total kasus mencapai 576.

Baca Juga: Kota Madiun Belum Terapkan PTM 100%, Ini Alasannya

Jumlah itu merupakan 65,10% dari total kasus Covid-19 dalam empat pekan terakhir. Padahal beberapa hari sebelumnya, tepatnya 9 Januari 2022, jumlah kasus Omicron yang terkonfirmasi baru 337 atau 42,80% dari total kasus sejak empat pekan sebelumnya. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Senin (17/1/2022).

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan berita terkait realisasi program Papi Sarimah di Kota Solo.

Warga  Bingung Soal Bank Sampah

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diminta menyiapkan bank sampah minimal satu kelompok di tiap RW. Warga masih bingung untuk menyalurkan sampah anorganik karena jumlah bank sampah sedikit.

Bank sampah juga terkait instruksi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang meminta program Paksa Pilah Sampah dari Rumah (Papi Sarimah) di Kecamatan Banjarsari untuk diterapkan di empat kecamatan lainnya.

Baca Juga: 4 Tahun Nabung di Bank Sampah, Warga Purwosari Solo Kumpulkan Rp16 Juta

Ketua Gerakan Orang Muda Peduli Sampah (Gropesh) sekaligus Ketua Komunitas Bank Sampah Kerja Nyata Soloraya, Denok Marty Astuti, Minggu (16/1/2021), mengatakan keberadaan bank sampah sangat penting agar masyarakat tak hanya dipaksa memilah. Namun, mereka juga teredukasi untuk peduli pada lingkungan, dan mendapatkan tambahan income.

“Minimal satu RW satu bank sampah saya rasa sudah cukup menampung. Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup memang satu RW satu,” kata dia. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Senin (17/1/2022).

Di halaman Wonogiri, Harian Solopos menyajikan headline terkait dua bencana alam yang melanda dua kecamatan di Wonogiri.

Bencana Alam Melanda Dua Kecamatan

WONOGIRI – Dua bencana alam menerjang wilayah Wonogiri. Angin kencang dan tanah longsor terjadi di dua kecamatan berbeda.

Hujan lebat disertai angin kencang melanda Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, pada Sabtu (15/1/2022), mengakibatkan tiga rumah warga rusak dan tiga pohon tumbang.

Informasi yang dihimpun Espos dari BPBD Wonogiri menyebutkan angin kencang tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Akibatnya, genting di tiga rumah warga rontok.

“Benar, tapi sudah terkondisikan [ditangani],” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, saat dimintai konfirmasi Espos, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Gerdu Wonogiri Longsor, Warga Langsung Gelar Kerja Bakti

Rumah yang terdampak angin kencang tersebut milik Sriyanto, Supriyadi, dan Andreas. Ketiganya berlokasi di Sanggrahan RT 001/RW 008, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo. Kerugian akibat bencana tersebut diperkirakan Rp4,5 juta.

Selain merusak rumah, angin kencang juga membuat tiga pohon tumbang di wilayah yang sama. Salah satunya yakni pohon jati di dekat Gedung PLKB Kecamatan Ngadirojo. Pohon jati itu menimpa sebagian atap bangunan PLKB. Pohon tumbang juga sempat menghalangi pengguna jalan yang melintas di jalur penghubung RT 001 dengan RT 002 di RW 008.

Sementara itu, hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanah longsor di lingkungan Gerdu, Giripuro, Wonogiri. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Senin (17/1/2022).

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Diundang Jokowi, Elon Musk ke Indonesia November 2022

Elon Musk mengakui ada diskusi proyek masa depan dengan Presiden Jokowi dan akan datang ke Indonesia pada November 2022.

Bahas Video Marah-Marah, Yusuf Mansur: Saya Memang Ekspresif

Yusuf Mansur mengatakan dirinya memang tipikal orang yang ekspresif ketika menyampaikan sesuatu.

Rumah Dibom Molotov, Ustaz di Aceh Doakan Pelaku

Abdullah mengatakan saat pelemparan bom terjadi ia tidak berada di rumah karena sedang memenuhi undangan untuk menghadiri sebuah kegiatan syukuran kelahiran anak.

Aniaya Pelaku Balap Liar, 5 Polisi di Manokwari Ditahan

Kejadian pengeroyokan remaja oleh lima polisi itu terjadi pada Sabtu (14/5/2022) malam lalu.

Diterpa Banyak Masalah, Yusuf Mansur: Tak Ada Badai Semua Pelangi

Yusuf Mansur bahkan menyebut semua masalah yang menerpa dirinya saat ini sebagai pelangi.

IDI: Nakes Ucapkan Terima Kasih ke Airlangga Kendalikan Pandemi Covid-19

Menurut IDI, Airlangga Hartarto menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

5 Polres di Jateng Naik Level, Salah Satunya Klaten

Kelima Polres yang naik level tersebut yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

Imigrasi: Tidak Ada Masalah dengan Dokumen Abdul Somad

Penolakan Abdul Somad oleh Singapura sepenuhnya wewenang negara tetangga Indonesia tersebut.

Dokumen UAS Oke tapi Imigrasi Indonesia Tak Bisa Intervensi Singapura

Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI menyatakan tidak ada masalah keimigrasian dalam perkara yang menimpa Ustaz Abdul Somad (UAS) di Singapura.

Kejagung Kembali Tahan Mafia Minyak Goreng, Ini Sosoknya

Kejagung menetapkan analis independen Lin Che Wei sebagai bagian dari mafia minyak goreng yang bekerja sama dengan oknum di Kementerian Perdagangan.

Selain Indonesia, Ini Negara yang Membebaskan Warganya Tak Bermasker

Sebelum Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu membolehkan warganya tak lagi memakai masker di tempat umum.

Pengacara: Korban Yusuf Mansur Silakan Hubungi Saya, Gratis!

Zaini mengatakan, apa yang dilakukan Yusuf Mansur kepada banyak investor dalam beberapa investasi yang digalangnya sebagai bentuk kezaliman.

Pelonggaran Masker Berlaku Per 18 Mei 2022

Pemerintah mengingatkan pelonggaran masker tersebut tidak berlaku bagi warga yang rentan penyakit serta yang dalam kondisi badan tidak sehat.

Elon Musk Ancam Batalkan Beli Twitter, Ini Alasannya

Twitter yang tidak mau memberikan data tentang akun bot kurang dari 5 persen dari pengguna, membuat Elon Musk mengacam batalkan pembelian Twitter.

Datangi Jakarta, Petani Sawit Tuntut 5 Hal ke Presiden Jokowi

Mereka mengadukan nasib petani sawit terkait pelarangan ekspor sawit oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelaku Perjalanan Juga Tak Perlu Tes PCR

Syaratnya, para pelaku perjalanan tersebut sudah mendapatkan dosis vaksin Covid-19 secara lengkap.