Gerdu Wonogiri Longsor, Warga Langsung Gelar Kerja Bakti

Kerja bakti dilakukan oleh warga di lingkungan Gerdu serta petugas dari BPBD Kabupaten Wonogiri dan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri.

 Bentangan terpal digunakan untuk menutupi longsor di lingkungan Gerdu RT 001 RW 005, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Minggu (16/1/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Bentangan terpal digunakan untuk menutupi longsor di lingkungan Gerdu RT 001 RW 005, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Minggu (16/1/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI—Pasca tanah longsor yang mengancam salah satu rumah warga RT 001 RW 005 di lingkungan Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Sabtu (15/1/2022) sore, warga mengadakan kerja bakti sebagai bentuk pemulihan kondisi pascabencana.

Ketua RT 001 RW 005 lingkungan Gerdu, Eko Sulis Prasetyo, mengatakan pada Sabtu malam sudah mengecek lokasi tanah longsor yang dikhawatirkan mengancam rumah warganya, Sugeng Prasetyo. “Kami sudah mengupayakan membentangkan terpal untuk menghindari tanah terkena air hujan, guna mencegah longsor susulan,” kata Eko ketika ditemui Solopos.com, Minggu (16/1/2022),

PromosiJalur Pendakian Kuno Gunung Lawu dan Legenda Prabu Brawijaya V

Pada keesokan harinya, Minggu (16/1/2022) pagi, Eko bersama warga RT 001 dan RT 002 di RW 005 lingkungan Gerdu mengadakan kerja bakti untuk memulihkan longsoran yang mengancam rumah Sugeng.

Baca Juga: Sport Tourism Bikin Ekonomi Bali Menggeliat

Tidak hanya warga di lingkungan Gerdu, tambah Eko, bantuan kerja bakti dilakukan bersama petugas dari BPBD Kabupaten Wonogiri dan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri. Hal itu mengingat dalam laporan kejadian bencana yang didapat dari BPBD Kabupaten Wonogiri, sukarelawan menjadi salah satu kebutuhan mendesak selain pendirian terpal dan kebutuhan logistik.

“BPBD Kabupaten Wonogiri tadi juga ke sini memberi bantuan logistik berupa 100 karung untuk mewadahi tanah,” imbuh Eko ketika ditanyai ketersediaan kebutuhan pemulihan pascabencana tanah longsor yang mengancam rumah warga.

Sebagai informasi tambahan, bencana tanah longsor tersebut tidak memakan korban jiwa.

Baca Juga: Lonjakan Omicron, Lalu Zohri Batal ke Kazakhstan

Hujan deras dengan intensitas tinggi di Wonogiri yang terjadi pada Sabtu (15/1/2022) siang mengakibatkan tanah longsor di lingkungan Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri. Kejadian itu menimpa pekarangan kosong yang turut mengancam rumah warga di sebelahnya.

Berdasarkan informasi dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, bencana longsor tersebut terjadi pada pukul 17.00 WIB. “Pagi ini kami bersama warga setempat mengadakan kegiatan pemulihan bencana tanah longsor di Gerdu,” kata Bambang ketika dihubungi Solopos.com, Minggu (16/1/2022).

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.

Antisipasi PMK, Pedagang Dan Peternak Sapi di Solo Diminta Lakukan Ini

Tim gabungan DKPP dan Polresta Solo memberikan sejumlah arahan kepada pedagang dan peternak kambing serta sapi untuk antisipasi wabah PMK.