Tutup Iklan

SOLO BATIK CARNIVAL 2015 : Jelang SBC VIII, Panitia Gencar Adakan Workshop

SOLO BATIK CARNIVAL 2015 : Jelang SBC VIII, Panitia Gencar Adakan Workshop

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Solo Batik Carnival (JIBI/Solopos/Dok)

Solo Batik Carnival 2015 akan digelar pertengahan Juni mendatang.

Solopos.com, SOLO - Panitia Solo Batik Carnival (SBC) VIII gencar mengadakan workshop di lima kecamatan di Kota Bengawan.

Art Director SBC VIII, Ade Kurniawan, mengatakan workshop yang secara khusus menyampaikan materi tentang pembuatan kostum dan make up tersebut terus diadakan rutin setiap pekan.

Selain memberi pendampingan kepada calon peserta, menurut dia, workshop SBC sebagai salah satu cara untuk menjaring minat masyarakat Solo agar bergabung dalam gelaran SBC VIII.

"Kami terus mengadakan workshop setiap pekan di setiap kecamatan di Solo. Kami berharap kegiatan workshop bisa menarik minat masyarakat untuk menampilkan karya mereka di SBC VIII,” jelas Art Director SBC 8, Ade Kurniawan, saat berbincang dengan solopos.com di Solo, Kamis (7/5/2015).

Ade mengatakan sedikitnya 60 voulenteer telah mendapat tugas untuk berpencar ke setiap kecamatan di Solo mendampingi peserta SBC. Mereka diminta dengan sukarela memberikan workshop sekali dalam sepekan.

Namun, lanjut Ade, bukan tidak mungkin para voulenteer bisa berbagi pengalaman lebih sering sesuai dengan kesepakatan bersama peserta workshop.

"Ternyata saat ini tidak hanya Minggu atau Sabtu yang digunakan untuk workshop. Banyak peserta yang minta workshop lebih untuk diadakan pada hari aktif [Senin-Jumat]. Mereka yang masih kesulitan membuat kostum dengan semangat meminta voulenteer untuk mengadakan pertemuan lebih intensif," jelas Ade.

Ade menyampaikan kesulitan yang dihadapi oleh peserta SBC beraneka ragam, mulai dari pembuatan pola dan rumus kostum, desain kostum, make up, dan lain-lain.

Ade menambahkan sedikitnya 445 orang telah mendaftar untuk ikut serta dalam SBC VIII. Menurut dia, minat masyarakat Kota Bengawan untuk terlibat sebagai peserta SBC yang kali ini mengusung tema Mancavarna The Soul of Holy Circle itu semakin tinggi. 

"Pelaksanaan karnaval tinggal sebulan [Sabtu-Minggu, 13-14/6/2015]. Kami sudah menutup pendaftaran pada 30 April lalu. Peserta yang sudah ada akan terus mendesain karya masing-masing agar bisa memperoleh hasil maksimal. Mereka nanti tampil juga dengan peserta tari [saat karnaval]," jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.