SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi di handphone. (Astroawani.com)

Solopos.com, SRAGEN—SMKN 1 Sragen mengembangkan aplikasi e-commerce dengan nama Sistem Konvensi Online SMKN 1 atau Simvon1 untuk menunjang pemanfaatan Gedung Center of Excellence (CoE) Tata Busana di sekolah tersebut. Aplikasi tersebut ditargetkan selesai dan siap diluncurkan pada awal April mendatang.

Guru Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia SMKN 1 Sragen Muhammad Faizal Ilyas saat dihubungi Solopos.com, Jumat (5/2/2021), menyampaikan aplikasi ini dibuat oleh tim guru dengan bantuan tim developer dari luar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia mengatakan aplikasi Simvon1 dibuat untuk menunjang pembelajaran siswa di era digital, terutama menggunakan teknologi Internet. Apalagi dalam perkembangan bisnis sekarang ini, tidak lagi dilakukan secara konvensional tetapi memanfaatkan teknologi informatika.

Baca jugaIni Keunggulan Aplikasi Go-Sukses Wonogiri: Tak Ada Potongan 20%, Harga Lebih Murah

“Dengan adanya CoE Tata Busana diharapkan bisa menghasilkan produk konveksi. Seperti seragam, kain, dan memasarkan lewat toko atau offline atau media sosial. Adanya aplikasi Simvon1 itu akan lebih mudah dalam memasarkan produk-produk CoE Tata Busana. Masyarakat bisa memesan lewat aplikasi itu atau bisa datang langsung ke sekolah,” ujar Faizal.

Faizal menjelaskan aplikasi ini merupakan aplikasi satu-satunya di Sragen yang dikerjakan berbasis sekolah karena di sekolah-sekolah lain belum memiliki. Dia mengatakan sistem pemasarannya akan bergerak lewat du acara, yakni aplikasi mobile yang bisa diundur di Play Store dengan menggunakan ponsel Android dan website. “Ya, seperti e-commerce yang lain tetapi kami fokus di dunia konveksi,” katanya.

Baca jugaSemakin Dekat dengan Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi New PLN Mobile

Dua Bulan

Faizal mengatakan aplikasi Simvon1 masih dalam proses perbaikan terus. Dia optimistis akan meluncurkan aplikasi itu pada dua bulan ke depan terhitung dari sekarang. Dia mengakui dalam pembuatan aplikasi ini belum melibatkan siswa tetapi ke depan dalam maintenance akan melibatkan siswa.

“Kami berharap aplikasi ini didukung oleh seluruh civitas SMKN 1 Sragen. Ketika semua elemen sekolah digerakan maka seperti harapan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Wilayah VI untuk mengangkat CoE Tata Busana akan tercapai,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya