SOLOPOS.COM - Dua siswa SMK Muhammadiyah 1 Solo, yakni Bayu Erlangga dan Bintar Setiawan meraih juara 1 pada mata lomba Welding dan Mechanic Skill Contest Teknik Sepeda Motor LKS tingkat Kota Solo tahun 2020. (Istimewa/Dokumentasi SMK Muhammadiyah 1 Solo)

Solopos.com, SOLO — SMK Muhammadiyah 1 Solo berhasil menjadi juara satu Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Kota Solo tahun 2020.

Keberhasilan tersebut berkat dua siswa SMK Muhammadiyah 1 Solo yang berhasil menjadi juara satu LKS tingkat Kota Solo tahun 2022 pada mata lomba Welding dan Mechanic Skill Contest Teknik Sepeda Motor. Dua siswa tersebut Bayu Erlangga kelas XI Teknik Pengelasan dan Bintar Setiawan dari kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

SMK Muhammadiyah 1 Solo menjadi juara satu pada kategori Welding selama dua tahun berturut-turut. Kedua juri dari BBLKI Solo memberikan nilai 95,50 kepada Bayu Erlangga dan 95,00 untuk Bintar Setiawan. Hal itu cukup membanggakan.

Baca Juga : Catat! Berkendara Aman Masuk Kurikulum SMK di Jateng

“Alhamdulillah siswa kami berhasil memenangkan LKS lagi pada mata lomba Welding setelah tahun kemarin juga berhasil menjadi juara satu. Tahun ini siswa kami juga berhasil menjadi juara satu di mata lomba Mechanic Skill Contest Teknik Sepeda Motor. Dua tahun berturut-turut SMK Muhammadiyah 1 Surakarta menjuarai LKS Welding tingkat kota,” tutur kepala SMK Muhammadiyah 1 Solo, Tarmo, melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Rabu (23/3/2022).

Sebelum mengikuti LKS tahun ini, sekolah melakukan persiapan selama satu bulan mulai dari seleksi awal berupa pratest dan dilanjutkan tes keterampilan. Dari hasil tes tersebut diambil tiga orang siswa untuk masing-masing mata lomba yang diikuti.

Baca Juga : Ini Dia 4 SMK Swasta Terbaik Nasional, Salah Satunya di Solo

Penghargaan Siswa

Siswa yang telah terpilih, lanjut dia, dibimbing oleh guru sesuai kompetensi keahlian. Selanjutnya, guru pembimbing menentukan satu siswa terbaik dari masing-masing program keahlian yang akan mewakili sekolah di LKS tingkat Kota.

“Siswa kami dibimbing oleh guru-guru kami sendiri karena saya yakin akan kemampuan guru-guru kami. [Guru-guru] mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan. Para siswa yang berhasil menjuarai LKS akan mendapakan reward berupa beasiswa, termasuk para guru yang telah berhasil membimbing siswa,” ujarnya.

Pelaksanaan lomba tingkat provinsi masih menunggu petunjuk teknis dan waktu pelaksanaan. Namun, pihak SMK Muhammadiyah 1 Solo sudah mulai mempersiapkan diri. “Saat ini kami masih mempersiapkan dan menunggu waktu pelaksanaannya,” ungkap dia.

Baca Juga : PTM SMA/SMK Solo Diawali 15 Sekolah, Berikut Ini Daftarnya

LKS tingkat Kota pada mata lomba Welding dan Teknik Bisnis Sepeda Motor ini bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Solo. Penentuan tempat oleh panitia dikarenakan sekolah kami telah memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung terlaksananya Lomba Kompetensi Siswa.

Hal senada disampaikan Wakasek Humas SMK Muhammadiyah 1 Surakarta, Sihwadi. Kompetisi itu mendorong peserta didik agar semangat berprestasi dan sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha dunia industri (DUDI) dan masyarakat.

“Junjung tinggi kejujuran, lakukan lomba dengan penuh sportif sehingga kalian bisa mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa ini. Mari dukung bersama yang terbaik dari kalian untuk mewakili Kota Solo di ajang LKS tingkat Propinsi,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya