SOLOPOS.COM - Ilustrasi new normal di sekolah. (Antara-Syaiful Arif)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 15 SMA/SMK di Kota Solo akan mulai menggelar simulasi maupun langsung pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas pada Senin (6/9/2021). Sekolah yang akan melakukan simulasi adalah SMAN 4, SMAN 7, SMA Batik 1, SMA St Yosef, SMA Islam 1.

Kemudian SMKN 2, SMKN 9, SMK Bhinneka Karya, SMK Al Islam, SMK PGRI 1, SMK Farmasi Nasional, SMK Teknosa, dan SMK Warga. Sedangkan sekolah yang akan langsung mengadakan PTM terbatas adalah SMKN 4, dan SMK Mikael.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jawa Tengah, Suratno, mengatakan simulasi PTM diberlakukan bagi sekolah yang sebelumnya belum pernah menggelar.

Baca Juga: PTM di Solo Dimulai, Dishub Siapkan Armada Antar Jemput Siswa

Sedangkan PTM terbatas diberlakukan kepada SMA/SMK di Kota Solo yang dulu sudah pernah mengikuti simulasi atau uji coba. Ada dua model untuk PTM kali ini. Pertama, simulasi PTM bagi sekolah yang 2020/2021 yang belum pernah simulasi/uji coba.

Kedua, PTM terbatas bagi yang sudah pernah ikut simulasi atau uji coba. “Tapi sebenarnya prinsipnya sama, sekolah harus siap baik sarana dan prasarananya, perizinannya, dan prosedur operasi standar [POS]-nya,” ujar Suratno, Jumat (3/9/2021).

Gelombang Kedua Covid-19

Ia menjelaskan sebenarnya sebelum ini di Solo ada 30 SMA/SMK negeri maupun swasta yang sudah siap dan direkomendasikan untuk mengikuti simulasi/uji coba PTM. Namun karena gelombang kedua Covid-19, akhirnya simulasi/uji coba tersebut urung dilaksanakan.

Baca Juga: PTM Dimulai, Vaksinasi Pelajar Solo Dikebut

“Sebenarnya ada 30 sekolah yang sudah direkomendasikan, tapi karena ada gelombang kedua Covid-19 itu, akhirnya tidak jadi dilaksanakan,” imbuhnya.

Meski ada 30 sekolah yang direkomendasikan, Cabang Disdikbud Wilayah VII Jateng berencana menggelar PTM secara bertahap, diawali 15 sekolah. SMAN 1 dan SMAN 3 sebenarnya diikutkan pada PTM awal ini karena keduanya sudah pernah uji coba.

Namun saat ini berbarengan dengan penilaian tengah semester (PTS). Selain itu, PTM awal ini akan berlangsung selama dua pekan dan setiap hari akan dilakukan evaluasi.

Baca Juga: Ingat Lur! Orang Tua Wajib Antar dan Jemput Siswa Saat PTM di Solo

“Jika baik, nanti bisa dilanjutkan dengan sekolah lainnya. Kalau tidak baik, nanti disetop dulu. Untuk penyelenggaraan PTM ini kami sudah diizinkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo,” imbuhnya.

Pematangan Persiapan

Sementara itu, Kepala SMAN 7 Solo, Yusmar Setyobudi, mengatakan saat ini tengah melakukan pematangan persiapan, termasuk berkoordinasi dengan Cabang Dinas Wilayah VII, pengawas sekolah, maupun puskesmas untuk monitoring simulasi PTM SMA/SMK.

“Hari ini semuanya harus sudah matang. Kami sudah persiapan semua sehingga Senin insya Allah siap,” ujarnya.

Baca Juga: Kuliah Tatap Muka di UNS Solo Dimulai, Mahasiswa Baru Asal Soloraya Jadi Prioritas

Rencananya, simulasi di sekolahnya diikuti 70-108 siswa dimulai dari Kelas X. Siswa yang ke sekolah juga sudah wajib pakai masker dan face shield (pelindung wajah). “Anak-anak harus pakai masker dan face shield. Kalau anak-anak ada yang lupa bawa, sekolah sudah sediakan,” tambah Yusmar.

Berikut daftar SMA/SMK Kota Solo yang akan mengadakan simulasi maupun langsungn PTM terbatas mulai 6 September 2021:

PTM Terbatas:

1. SMKN 4 Surakarta

2. SMK Mikael Surakarta

Simulasi PTM:

1. SMAN 4

2. SMAN 7

3. SMA Batik 1

4. SMA St Yosef



5. SMA Islam 1

6. SMKN 2

7. SMKN 9

8. SMK Bhineka Karya

9. SMK Al Islam

10. SMK PGRI 1

11. SMK Farmasi Nasional

12. SMK Teknosa

13. SMK Warga

Sumber : Cabang Disdikbud Wilayah VII Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya