Simpanan Deposito Masih Laris, LPS: Ada Rp2.809 Triliun

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat simpanan deposito masih menjadi instrumen yang paling banyak berkontribusi per Mei 2022, yakni 37% dari total simpanan dengan nilai yang mencapai Rp2.809 triliun.

 Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) (Bisnis.com).

SOLOPOS.COM - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) (Bisnis.com).

Solopos.com, JAKARTA–Berinvestasi dengan simpanan deposito ternyata masih laris.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat simpanan deposito masih menjadi instrumen yang paling banyak berkontribusi per Mei 2022, yakni 37% dari total simpanan dengan nilai yang mencapai Rp2.809 triliun.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Berdasarkan laporan LPS Distribusi Simpanan Bank edisi Mei 2022, jenis simpanan deposito naik 0,1% secara tahunan (year-on-year/yoy), meski mengalami kontraksi 0,4% dibandingkan bulan sebelumnya.

“Kenaikan nominal simpanan terbesar terdapat pada jenis simpanan giro sebesar 3,0% MoM, sedangkan penurunan pertumbuhan nominal simpanan terdalam terdapat pada jenis simpanan deposit on call sebesar -17,4% MoM,” tulis LPS dalam laporannya, dikutip Rabu (29/6/2022).

Secara terperinci, simpanan giro mencapai Rp2.225 triliun yang menyumbang sebanyak 29,3% dari total simpanan di bank umum per Mei 2022.

Baca Juga: LPS Dukung Digitalisasi Operasional 254 BPR dan BPRS di Jateng

Diikuti dengan jenis simpanan tabungan yang berkontribusi sebesar 33 persen dengan nilai yang mencapai Rp2.504 triliun.

Lalu, ada deposit on call yang mengalami penurunan terdalam dengan kontraksi yang mencapai 17,4% secara MoM dan turun 37,4% secara tahunan.

Jenis simpanan ini hanya mencapai Rp46 triliun per Mei 2022. Kemudian, sertifikat deposito menjadi jenis simpanan yang paling sedikit berkontribusi dengan nilai Rp3 triliun.

Itu turun 3,4% secara MoM, namun naik secara tahunan sebesar 24,4 persen.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin memahami mengapa instrumen deposito menjadi jenis simpanan yang paling menarik, baik di kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas.

Baca Juga: LPS: Ekonomi Membaik, Industri Perbankan Kuat

“Deposito menjadi pilihan yang paling menarik karena bunganya,” kata Amin kepada Bisnis, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, Amin menerangkan seringkali beberapa perbankan menawarkan deposito special rate (bunga spesial) untuk menarik nasabah.

Adapun dari sisi bank, Amin menilai perbankan harus menjaga kondisi likuiditas, mengingat kondisi global seperti perang Rusia dan Ukraina.

Selain itu, adanya tapering off yang kemudian The Fed berencana untuk menaikkan suku bunga.

“Ini [deposito] salah satu pilihan yang paling cepat dan mudah, meski biaya dana [cost of fund/CoF] besar tapi akan ada imbal hasil manakala itu diputar oleh bank di bisnis-bisnis yang menguntungkan, baik secara core business maupun di bidang lain,” terangnya.

Baca Juga: LPSK Luncurkan Program Perlindungan Berbasis Komunitas di Semarang

Amin melihat instrumen deposito akan menjadi pilihan utama sampai dengan akhir 2022 di beberapa porsi dan perbankan tertentu yang belum bisa mengandalkan instrumen lain, seperti pendapatan berbasis fee atau komisi (fee based income/FBI) dan digitalisasi.

Sementara itu, untuk bank-bank yang sudah bisa mengandalkan fee based income dan digitalisasi, kata Amin, deposito bukan lagi menjadi instrumen yang utama namun tetap unggul dan masih menjadi hal yang menarik sampai akhir tahun.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Deposito Masih Laris Manis, LPS Catat Nilainya Tembus Rp2.809 Triliun

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      + PLUS Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      Konflik antara pelaku wisata di Taman Nasional Komodo dengan aparat kepolisian pada Senin (1/8/2022) adalah akibat kebijakan pemerintah yang mementingkan urusan investasi dibanding mendengar aspirasi masyarakat yang langsung terdampak kebijakan.

      Berita Terkini

      Semen Gresik Siap Bawa 5 Produk UMKM Binaan Terbaik ke Belanda

      PT Semen Gresik (PTSG) mengirimkan 5 produk UMKM terbaik binaan Rumah BUMN (RB) Rembang PTSG terpilih untuk mengikuti Tong Tong Fair (TTF) 2022 di Den Haag Belanda.

      Asyik, BRImo Traktir 900 Nasabah Loyal se-Indonesia dalam Shop for Free

      BRI memberikan apresiasi bagi nasabah loyal terpilih untuk belanja gratis serentak di 18 merchant groceries ternama dalam Shop for Free pada Senin (8/8/2022).

      Naik Tajam Nih! Cek Harga Emas Antam, Selasa 9 Agustus 2022

      Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Selasa (9/8/2022) hari ini terpantau naik hingga Rp9.000 per gramnya dari harga kemarin.

      IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham-Saham Ini

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diperkirakan menguat tipis dalam perdagangan Selasa (9/8/2022) setelah menguat tipis kemarin.

      Hotel Mahalaya The Legacy Solo Tawarkan Pengalaman Berbeda

      Resmi dibuka di Solo, hotel berbintang dengan konsep Indo-Dutch yang tetap menguatkan lokalitasnya, yakni Mahalaya The Legacy, Senin (8/8/2022).

      Solo Masih Butuh Hotel Bintang 5, Ini Alasannya

      Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Solo menilai, Kota Solo masih membutuhkan hotel bintang 5.

      Dari Jualan Biskuit, Jogi Hendra Jadi Orang Terkaya ke-9 Berkat Mayora

      Berawal dari bisnis jualan biskuit yang dibuat keluarga, Jogi Hendra Atmadja sukses meniti karier sebagai pengusaha. Majalah Forbes menempatkan pendiri PT Mayora Indah itu sebagai orang paling kaye ke-9 di Indonesia.

      Perlu Tahu, Ini Beda Emas Putih dengan Perak

      Informasi tentang cara perbedaan emas putih dengan perak perlu diketahui bagi para pencinta perhiasan terutama bagi yang ingin investasi.

      Sama-Sama Produksi Pertamina, Ini Beda Gas Elpiji dan Bright Gas

      Meski setiap hari memanfaatkan, mungkin ada yang belum tahu beda antara yang gas elpiji dengan Bright Gas. Simak ulasannya.

      10 Startup Binaan Telkom Bertemu Investor di Indigo Demo Day 2022

      Sebelumnya, Telkom telah memilih sepuluh startup terbaiknya dalam program Indigo yang hadir dalam Indigo Demo Day 2022 ini.

      Sepertiga Kekuatan Ekonomi RI di Tangan BUMN, Begini Pesan Erick Thohir

      Erick Thohir menyampaikan BUMN terus meningkatkan akselerasi program ekonomi kerakyatan seperti mendorong bisnis UMKM.

      Harga Tiket Pesawat Mahal, Apa Dampaknya terhadap Inflasi?

      Harga tiket pesawat diperkirakan akan semakin mahal. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan resmi memperbolehkan maskapai pesawat mengenakan biaya tambahan atau surcharge.

      Disebut Luhut Terkecil di Dunia, Berapa Utang Indonesia Sebenarnya?

      Luhut Binsar Pandjaitan mengeklaim bahwa utang pemerintah Indonesia adalah yang terkecil di dunia dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

      UMKM Kuliner di Solo Paling Banyak Rambah Loka Pasar

      Mayoritas UMKM kuliner di Kota Solo sudah memanfaatkan loka pasar untuk promosi

      Pengusaha Protes Impor Barang Mewah Dibatasi, Begini Respons Kemendag

      Pemerintah juga fokus untuk mengawasi secara ketat jasa titip atau yang dikenal dengan jastip karena berpotensi kehilangan pajak bea masuk.