Setelah Hilang Tiga Bulan, Jack Ma Akhirnya Muncul Kembali
Jack Ma. (Reuters)

Solopos.com, BEIJING — Jack Ma, miliader pendiri raksasa Internet China Alibaba, muncul ke publik pertama kalinya dalam video berdurasi 50 detik. Dia sempat menghebohkan setelah menghilang lebih dari dua bulan.

Sudah Klarifikasi Ramalan Jokowi Lengser, Mbak You Masih Terancam Dipolisikan

Melansir Dailymail, Kamis (21/1/2021) Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di China dengan kekayaaan sekitar US$58 miliar. Jack Ma menghilang dari mata publik sejak awal November, ketika dirinya mengecam sistem regulasi keuangan China yang buruk dan ketinggalan zaman di sebuah forum Shanghai.

Kritik tersebut mengecewakan pemerintah China, yang kemudian menagguhkan rencana debut pasar saham yang memiliki nilai miliaran dollar dari Ant Group sebagai pembalasan. Ant Group adalah sebuah platform keuangan yang tumbuh dari layanan pembayaran Alibaba.

Saham Alibaba naik tujuh persen di Hong Kong pada Rabu sore, setelah berita kemunculan Jack Ma tersebar. Jack Ma muncul dalam klip video berdurasi 50 detik untuk memberikan pidato ucapan selamat kepada guru, sebagai bagian dari upacara penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh badan amal.

Pernikahan Syekh Ali Jaber dengan Istri-Istrinya

Berita tersebut diterbitkan di media sosial oleh outlet berita China Tianmu News pada Rabu pagi. Media tersebut merupakan afiliasi dari Grup Pres Harian Zhejiang, yang dikelola negara yang berbasis di provinsi asal miliader tersebut.

Dalam pidatonya, Ma memuji upaya pengentasan kemiskinan China, target utama kepemimpinan China, dan berjanji untuk mendedikasikan lebih banyak upaya untuk membantu guru pedesaan.

“Rekan-rekan saya dan saya akan lebih bertekad untuk mengabdikan diri pada pendidikan dan kesejahteraan publik. China telah memasuki tahap baru pembangunan, dan bergerak menuju kemakmuran bersama,” katanya, menurut transkrip pidato yang diterbitkan oleh Tianmu News.

Waterspout di WGM Wonogiri Fenomena Langka, Begini Penjelasan Lapan

Jack Ma Sempat Menghilang

Seorang juru bicara Jack Ma foundation, badan amal dari miliader tersebut membenarkan bahwa Ma berpartisipasi dalam upacara online tahunan Pedesaan Pengajar Inisiatif. Jack Ma sendiri merupakan mantan guru karismatik yang berubah menjadi wirausahawan internet.

Jack Ma diketahui pensiun sebagai ketua Alibaba pada tahun 2019, pada usia 55 tahun. Miliader itu kini mengabdikan waktunya pada kegiatan amal yang berfokus pada Pendidikan. Ma, yang bernama Cina Ma Yun, sering menggambarkan dirinya sebagai seorang pengusaha yang tidak disengaja, melepaskan pengajaran universitasnya untuk hiruk pikuk perdagangan setelah menemukan internet.

Tekanan terus menerus pada salah satu perusahaan paling berpengaruh di China adalah tanda terbaru, bahwa kepemimpinannya siap untuk menurunkan ambisi perushaan teknologi besar di sektor internet yang tak terkendali.

Patuhi Protokol Kesehatan Lur, Bed Isolasi Covid-19 di 3 RS Wonogiri Penuh!

China memang dikenal memiliki sejarah menghilang, menyelidiki dan memenjarakan taipan keuangan yang tidak mengikuti garis partai. Tahun lalu, taipan real estate Ren Zhiqiang dipenjara selama 18 tahun atas tuduhan korupsi. Salah satu taipan China itu ditangkap setelah menulis esay yang mengkritik partai Komunis.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom