Kategori: Klaten

Sepekan, Tak Ada Tambahan Pasien Positif Covid-19 di Klaten


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN – Tren perkembangan kasus Covid-19 di Klaten cenderung menurun. Selama sepekan terakhir terpantau tidak ada penambahan jumlah pasien positif Covid-19 di Klaten.

Sampai saat ini tercatat ada 15 pasien positif Covid-19 yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Klaten. Kondisi mereka dipastikan membaik. Sementara itu terpantau tidak ada penambahan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Covid-19 di Klaten dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data yang dihimpun, tidak ada penambahan PDP sejak Sabtu (2/5/2020) lalu. Sementara, kasus pasien terkonfirmasi positif kali terakhir diumumkan pada Rabu (29/4/2020). Artinya sudah sepekan tidak ada tambahan jumlah pasien positif Covid-19 di Klaten.

Dari belasan pasien positif Covid-19 itu yang termuda adalah seorang anak berinisial AAS, 10, asal Kecamatan Kalikotes. Sementara yang tertua adalah seorang kakek-kakek berinisial SHS, 72, asal Kecamatan Klaten Utara.

Ini Fakta Henti Jantung, Penyebab Didi Kempot Meninggal

Pasien Membaik

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan semua pasien positif Covid-19 telah membaik.

“Kondisi mereka baik, stabil, mandiri, dan tidak memerlukan alat bantu. Sebelumnya memang ada yang menggunakan alat bantu tetapi tidak banyak. Kebanyakan mereka mandiri,” kata Cahyono yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten saat ditemui wartawan di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (5/5/2020).

Meski tren kasus Covid-19 di Klaten cenderung menurun, Cahyono mewanti-wanti agar masyarakat tidak terlena dengan kondisi tersebut.

“Makanya kami menggelar rapat internal agar jangan sampai terlena. Kami mengimbau masyarakat tetap semangat, jangan panik, cuci tangan menggunakan sabun, dan senantiasa mengenakan masker,” urai dia.

Ini Makna Code Blue Asthma yang Ramai Dibahas Saat Didi Kempot Meninggal

Cahyono menambahkan selama ini hasil laboratorium PDP meninggal dunia di Klaten negatif Covid-19.

“Memang ada yang belum sempat diambil sampel karena meninggal dunia terlebih dahulu. Namun, PDP yang meninggal dunia dan sudah dilakukan swab, hasil laboratorium menunjukkan positif semua,” kata dia.

Kisah Mbah Minto Klaten Viral di Medsos: Awalnya Dibayar Rp20.000 per Vlog

Sementara itu Direktur Utama RSD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibowo, mengatakan ada delapan pasien positif Covid-19 dan dua ODP serta PDP yang dirawat di sana.

Limawan mengatakan kondisi seluruh pasien Covid-19 yang dirawat di RSD Bagas Waras Klaten baik dan stabil.

“Pasien positif ini menunggu evaluasi. Kalau hasilnya negatif, mereka sudah sembuh,” kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita