SOLOPOS.COM - Mbah Minto saat berada di teras rumahnya di RT 005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, Kamis (30/4/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Mbah Minto yang berasal dari Bayat, Klaten, mendadak jadi artis baru di media sosial. Hal ini terjadi lantaran Mbah Minto yang hidup sendirian muncul di video parodi gagal mudik yang diperankannya.

Video viral gagal mudik yang dibintangi Mbah Minto itu diunggah di channel Youtube milik Ucup. Dalam video itu dia berakting mengobrol dengan anaknya lewat ponsel sambil memasak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mbah Minto Klaten melarang anaknya mudik di tengah krisis pandemi corona. Dia meminta anaknya tetap berada di perantauan dan tidak mudik dengan catatan tetap mengirimkan uang ke kampung.

Sejak saat itulah nama Mbah Minto Klaten viral di media sosial. Akting wanita tua asal Selorejo RT005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, itu sukses mengocok perut warganet.

Ekspedisi Mudik 2024

Round-Up Covid-19 Soloraya: Total 129 Kasus Positif, Klaten Masih 0 Kematian

Meski demikian Mbah Minto Klaten justru mengaku tidak tahu jika vlog yang dibintanginya viral. Dia mengaku hanya diminta menirukan gerakan atau kata-kata yang dibuat Ucup.

Kula niku mboten ngertos yen viral ten medsos [saya enggak tahu kalau viral di medsos]. Jarene tekan ngendi-ngendi [katanya sampai ke mana-mana], Jakarta, Lampung. Niku [pembuatan video] saking Mas Ucup [Mbah Minto hanya menirukan gerakan atau kata-kata yang sudah diminta Ucup di waktu sebelumnya],” kata Mbah Minto, saat ditemui di rumahnya.

Awal Mbah Minto Viral

Rupanya, ini bukan kali pertama Mbah Minto diajak membuat vlog oleh youtuber Ucup yang bernama asli Muhammad Sofyan itu. Keduanya ternyata bertetangga dan tinggal sekampung meski berlainan RT.

Awalnya Ucup memberikan uang Rp20.000 kepada Mbah Minto Klaten sebagai bayaran per konten video yang dibuat bersama. Seiring ramainya vlog Mbah Minto garapan Ucup, dia pun memberikan uang lebih yakni Rp200.000-Rp300.000 per konten.

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Favorit Di Solo

Ucup mengaku vlog yang dibintangi Mbah Minto membuat jumlah followers di Instagram dan subscriber di Youtube miliknya bertambah.

“Akun IG saya sebenarnya sudah 36 K followers. Saat ini, booming [setelah video dengn Mbah Minto viral]. Di waktu sebelumnya, subscriber saya sudah 105 K. Sekarang, semakin naik lagi. Video itu bisa viral karena temanya tentang musim corona yang meresahkan para pemudik [Ucup mulai menekuni pembuatan video sejak 1,5 tahun lalu]. Di waktu sebelumnya, saya juga sudah give away untuk folowers saya [pencapaian 100 K subscriber],” katanya kepada Solopos.com, Kamis (30/4/2020).

Pria Ngrampal Sragen Meninggal Diduga Kesetrum Jebakan Tikus di Sawah

Vlog yang dibintangi Mbah Minto Klaten sering viral di kalangan komunitas pencinta dagelan Jowo. Bahkan, akting Mbah Minto pernah dipuji maestro campursari Didi Kempot.

“Pas saya bertemu dengan Pakde Didi Kempot, yang bersangkutan bilang simbah keren, gokil, dan salut. Pakde sempat tanya ke saya, apakah simbah itu mantan teater. Saya jawab bukan. Di kesempatan itu, saya juga dikasih wejangan oleh pak dhe agar terus meningkatkan karyanya,” sambung Ucup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya