Tutup Iklan
Sekeluarga Di Setabelan Kaget Dicatut Sebagai Pendukung Paslon Bajo di Pilkada Solo
Ilustrasi Pilkada (dok)

Solopos.com, SOLO -- Satu keluarga warga RT 003/RW 006 Kampung Jogobayan, Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo, kaget mengetahui identitas mereka dicatut sebagai pendukung paslon dari jalur independen Bajo (Bagyo Wahyono-FX Supardjo).

Hal itu mereka ketahui saat didatangi tim verifikator dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo pada Rabu (1/7/2020) sore. Tim verifikator KPU Solo yang mengenakan alat pelindung diri (APD) didampingi petugas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo.

“Mereka ingin mengkroscek ihwal sikap politik keluarga saya apa benar mendukung pasangan dari jalur independen, Bajo. Lha saya kaget karena tidak merasa mendukung Bajo. Lalu saya tanya bapak, ibu, dan adik saya, ternyata juga tidak merasa mendukung Bajo,” ujar Irawan, salah seorang anggota keluarga itu saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (7/7/2020).

Dikotomi Warga Solo Lor dan Kidul Ternyata Juga Menyangkut Urusan Jodoh, Begini Ceritanya

Lantaran merasa tidak pernah menjadi pendukung pasangan calon atau paslon independen Bajo untuk maju di Pilkada Solo, keluarga Irawan menyampaikan yang sebenarnya kepada petugas verifikator.

Tidak Memenuhi Syarat

Petugas verifikator lantas meminta Irawan dan keluarga menandatangani berkas tidak mendukung Bajo.  “Kami diberi formulir untuk ditandatangani yang menyatakan tidak mendukung Bajo. Dengan kami menandatangani formulir itu, berkas dukungan kami ke Bajo dinyatakan TMS [tidak memenuhi syarat] oleh petugas verifikator,” urai dia.

Irawan mengaku heran kenapa nama seluruh keluarganya yang berjumlah empat orang bisa masuk sebagai pendukung paslon Bajo di Pilkada Solo.

Berstatus Tahanan Kota, Terdakwa Kasus Bank UOB Solo Tetap Bekerja

Lantaran penasaran, Irawan mencari informasi terkait pendukungan pasangan Bajo di sekitar tempat tinggalnya. Dari penelusuran itu diketahui di wilayah RT 003/RW 06 Jogobayan, hanya keluarganya yang tercatat dan didaftarkan sebagai pendukung Bajo ke KPU Solo.

“Apa ada jual beli identitas di balik ini? Saya tidak tahu,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, KPU Solo sedang melakukan verifikasi faktual dukungan pasangan Bajo mulai Minggu (28/6/2020).

Proses itu dijadwalkan berlangsung hingga Sabtu (11/7/2020) mendatang. Jumlah pendukung Bajo yang lolos verifikasi administrasi dan sedang diverifikasi faktual oleh tim verifikator tercatat 35.142 warga Solo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho