Tutup Iklan

SD Swasta Mahal? Disdik Solo: Wali Murid Tak Perlu Memaksakan

Dinas Pendidikan Kota Solo meminta orang tua atau wali murid tidak memaksakan memasukkan anaknya ke sekolah swasta yang biayanya dirasa mahal.

 Ilustrasi sekolah (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah (freepik)

Solopos.com, SOLO — Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Dwi Ariyatno, menyarankan orang tua atau wali murid tidak memaksakan menyekolahkan anak mereka di sekolah swasta favorit bila merasa keberatan dengan biaya masuk yang mahal.

Ia menyebut banyak sekolah dasar atau SD negeri di Kota Bengawan yang kualitasnya bagus dengan biaya lebih terjangkau. “Banyak SD negeri di Solo yang menjadi favorit masyarakat karena tak kalah dari sekolah swasta,” ujar Dwi Ariyatno kepada Solopos.com, Minggu (3/10/2021).

Dwi mengatakan hal tersebut menanggapi adanya orang tua siswa baru yang sambat biaya masuk SD swasta di Solo mahal, bahkan ada yang mencapai Rp21 juta. Ia menjelaskan Pemkot Solo secara rutin melakukan pembenahan dan peningkatan layanan pendidikan di sekolah-sekolah negeri. Seperti dengan persebaran sekolah yang merata dan mendekati permukiman-permukiman penduduk.

Baca Juga: 7 SD Swasta Ini Disebut Favorit di Kota Solo, Sekolahmu Masuk?

Ada juga program revitalisasi sarana dan prasarana (sarpras) sekolah setiap tahun serta peningkatan kompetensi guru. Tidak kalah dengan SD swasta di Solo yang dianggap masyarakat favorit dan biayanya mahal. “Termasuk pergantian yang pensiun, kami rekrut guru baik PNS maupun non-PNS sesuai kompetensi dibutuhkan,” urainya.

Dwi juga menjelaskan pengalaman dua tahun terakhir sebagian besar sekolah negeri di Solo mengalami kekurangan siswa. Maksudnya, kuota yang tersedia di sekolah-sekolah negeri di Kota Bengawan tidak terisi secara optimal.

Kondisi itu juga dialami beberapa SD negeri yang dinilai favorit oleh masyarakat. Dengan kondisi tersebut, menurut Dwi, masih tersedia kuota bagi anak-anak dari luar Solo. “Kuota atau slotnya masih ada sebenarnya di SD negeri,” katanya.

Baca Juga: Pasar Legi Solo Kelar Akhir Oktober, Ini Jumlah Los dan Kios per Blok

Hemat Pengeluaran Bulanan

Dengan bersekolah di sekolah negeri, Dwi menjelaskan orang tua siswa bisa menghemat pengeluaran bulanan. Sebab bersekolah di sekolah negeri tidak dipungut biaya alias gratis. Kalau pun ada pengeluaran itu hanya sumbangan.

“Bahasanya bukan gratis, tapi tidak ada pungutan. Tapi kalau orang tua memberikan sumbangan, itu dalam regulasinya dibolehkan. Tapi tidak boleh dipaksakan, karena sifat dari sumbangan ini kan suka rela dari penyumbang,” tuturnya.

Ihwal peluang masuk SD negeri bagi anak dari luar Solo, menurut Dwi tidak mendasarkan kuota masing-masing sekolah. “Ketentuannya tidak pakai kuota, tapi sisa dari daya tampung. Pengalaman dua tahun ada sisa tempat,” urainya.

Baca Juga: Soal Biaya Masuk SD Swasta, Kadisdik Solo: Nilainya Tergantung Pasar

Sementara itu, terkait tingginya biaya masuk SD swasta di Solo, menurut Dwi memang tidak ada aturan pembatasan komponen pembiayaan di sekolah. Sebab hal itu merupakan kebijakan internal dari lembaga pendidikan masing-masing.

Sebagaimana diinformasikan, salah satu orang tua siswa yang baru saja mendaftarkan anaknya di sekolah swasta wilayah Banjarsari, Solo, mengungkapkan biaya masuk yang cukup tinggi.

Untuk jalur istimewa, wali murid harus membayar biaya masuk senilai Rp14,9 juta. Sedangkan jika mendaftar melalui jalur reguler biaya masuknya mencapai Rp21 juta.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tersesat di Gunung Merbabu, WNA Asal Ukraina Ditemukan Selamat

Seorang warga negara asing (WNA) asal Ukraina yang tersesat di Gunung Merbabu ditemukan dalam kondisi selamat pada Minggu (5/12/2021) dini hari.

8.122 Ha Sawah di Sukoharjo Bisa 4 Kali Panen Setahun, Ini Rahasianya

Lahan sawah di Kabupaten Sukoharjo yang menerapkan IP400 dan bisa panen empat kali setahun bertambah 3.122 hektare dari 5.000 hektare menjadi 8.122 hektare.

Water Barrier Terpasang, Pengendara Lawan Arus Nihil di Jensud Wonogiri

Tak ada lagi kendaraan yang melawan arus sejak pembatas jalan portabel atau water barrier di pertigaan Jl. Jenderal Sudirman (Jensud) dekat Toko Emas Semar Nusantara, kawasan Kota Wonogiri, kembali dipasang, sepekan lalu.

Solo Ditetapkan Jadi Kota Pemajuan Kebudayaan Indonesia, Apa Artinya?

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) menetapkan Solo sebagai kota pemajuan kebudayaan Indonesia saat kongres di Bogor pekan lalu.

Perhutani Kenalkan Penghijauan Sejak Dini kepada 30 Siswa TK

Sekitar 30 siswa mengikuti penanaman pohon di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.