Satlantas Wonogiri akan Tambah Lokasi Penerapan ETLE, Ini Lokasinya

Satlantas akan memfungsikan kamera CCTV untuk menerapkan ETLE atau tilang elektronik yaitu perempatan Pokoh, Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri.

 Pengguna jalan melintas di perempatan Ponten, dekat kantor Bank Jateng Wonogiri, Selasa (18/1/2022). Perempatan itu diawasi kamera CCTV yang dapat digunakan untuk menindak pelanggar (ETLE). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Pengguna jalan melintas di perempatan Ponten, dekat kantor Bank Jateng Wonogiri, Selasa (18/1/2022). Perempatan itu diawasi kamera CCTV yang dapat digunakan untuk menindak pelanggar (ETLE). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonogiri berencana menambah lokasi penerapan penindakan pelanggar lalu linas berbasis kamera pengawas atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Caranya, dengan memfungsikan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) yang sudah terpasang.

Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Wonogiri, AKP Marwanto, kepada Solopos.com, Selasa (18/1/2022), menyampaikan Satlantas sudah memiliki satu unit CCTV ETLE yang dipasang di perempatan Ponten dekat Kantor Bank Jateng Wonogiri. Penindakan pelanggaran menggunakan CCTV ETLE, kata dia, efektif.

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Menurut dia, Satlantas sudah memiliki CCTV yang terpasang di sejumlah persimpangan di kawasan kota Wonogiri. Satlantas akan memfungsikan CCTV itu untuk menerapkan ETLE. Lokasi yang dipilih untuk penerapan ETLE adalah perempatan Pokoh, dekat Pasar Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri.

Baca Juga: Kamera CCTV ETLE Wonogiri Bisa Deteksi 10 Jenis Pelanggaran, Apa Saja?

Pertimbangannya, arus kendaraan di perempatan Pokoh sering padat, yakni saat lampu lalu lintas atau traffic light di sisi jalan raya menyala merah. Saat arus lalu lintas padat biasanya ada pengguna jalan yang melanggar, seperti mendahului kendaraan yang berhenti dengan melampaui markah jalan, sehingga berada di lajur lawan. Hal itu membayakan karena berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Minimal tambah [penerapan ETLE] di satu titik. Rencana kami realisasikan tahun ini,” ucap Marwanto mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, saat dihubungi Solopos.com.

Perempatan Pokoh merupakan persimpangan antara jalan provinsi Wonogiri-Purwantoro-Ponorogo dengan jalan arah ke Desa Pokoh Kidul dan ke arah Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri. Perempatan terdapat lampu lalu lintas atau traffic light.

Baca Juga: Gambar Terekam Jelas, Kamera CCTV ETLE Wonogiri Menjangkau Area Hingga 100 Meter

Saat lampu lalu lintas di sisi jalan raya menyala merah, terjadi penumpukan kendaraan. Saat kondisi itu terjadi kadang ada pengendara sepeda motor yang menyalip kendaraan dengan melampaui markah jalan, agar bisa berada di deret depan. Hal itu membuat kendaraan menyalip berada di lajur lawan.

Dalam uji coba penerapan ETLE melalui CCTV di perempatan Ponten, perangkat CCTV ETLE dilengkapi sistem penyampai pengumuman melalui pengeras suara atau public address (PA). Sistem itu untuk memberi imbauan dan peringatan kepada pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas secara kasat mata.

Petugas mengoperasikan CCTV ETLE di Ruang Traffic Management Center atau TMC Markas Satlantas Wonogiri. CCTV ETLE bisa menjangkau area hingga 100 meter.

Baca Juga: Begini Proses Penilangan Pelanggar ETLE Oleh Satlantas Polres Wonogiri

 

Kopek

Kamera dapat melihat dengan jelas pelat nomor mobil yang diparkir di depan Kantor Pengadilan Agama Wonogiri setelah gambar diperbesar. CCTV ETLE dapat diputar 360 derajat, sehingga dapat memantau kendaraan dari empat arah, yaitu timur, utara, barat, dan selatan.

Dari CCTV itu petugas dapat menemukan pelanggaran, seperti pengendara yang mengoperasikan telepon seluler atau ponsel saat lampu lalu lintas menyala merah, pengendara yang berboncengan tak memakai helm, dan pengendara yang tak mengaitkan tali helm. Saat diperbesar, kamera bisa melihat sopir mobil, sehingga petugas mengetahui sopir memakai sabuk pengamanan atau tidak.

Marwanto melanjutkan, selain menggunakan CCTV ETLE, pada 2022 ini Satlantas akan meningkatkan penindakan menggunakan Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek) yang terpasang di helm petugas. Dia menilai, penindakan dengan Kopek efektif karena bisa menjangkau hingga ke wilayah-wilayah.

Baca Juga: Siap-Siap! Tilang Elektronik Pakai CCTV di Wonogiri Segera Diberlakukan

Penindakan menggunakan Kopek pada 2021 lalu mencapai lebih kurang 100 penindakan/hari.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.

Ini Bakpia Bayat Klaten yang Dipasarkan hingga Luar Jawa, Pernah Coba?

Di Dusun Winong, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, terdapat rumah produksi bakpia yang sudah merambah sampai luar Jawa.

Heboh Badarawuhi Di Film KKN Desa Penari, Di Solo Juga Ada Ular Mistis

Seperti kisah Badarawuhi, lelembut berwujud asli ular di film KKN Di Desa Penari, di Solo juga ada cerita rakyat mengenai kemunculan ular mistis di beberapa kesempatan.