Tutup Iklan

Sanksi Menanti Klub Liga 1 dan Liga 2 Pelanggar Prokes

Pemberian sanksi itu untuk mengantisipasi klaster Covid-19 di sepak bola.

 Striker anyar Persis Solo, Alberto Goncalves, mengikuti tes swab antigen di mes klub di kawasan Laweyan Solo, Rabu (19/5/2021). (istimewa/Persis Solo)

SOLOPOS.COM - Striker anyar Persis Solo, Alberto Goncalves, mengikuti tes swab antigen di mes klub di kawasan Laweyan Solo, Rabu (19/5/2021). (istimewa/Persis Solo)

Solopos.com, JAKARTA—PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengkaji pemberian sanksi bagi klub atau pemain yang melanggar protokol kesehatan (prokes) selama Liga 1 dan Liga 2 2021-2022. Wacana tersebut diapungkan seiring kebijakan PT LIB yang menyatakan kompetisi bakal berlangsung tanpa penonton hingga akhir musim.

Upaya-upaya tersebut menjadi langkah untuk mengantisipasi klaster Covid-19 di sepak bola. Apalagi belakangan ini kasus corona di berbagai wilayah di Indonesia tengah meningkat. Hingga Kamis (17/6/2021), total kasus positif Covid-19 di Tanah Air mencapai 1.950.276 sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020 lalu.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan tengah mempertimbangkan sanksi bagi klub atau pemain yang melanggar prokes pencegahan Covid-19. Sudjarno menegaskan penerapan prokes adalah elemen penting dalam pelaksanaan kompetisi selama masa pandemi.

Persis Solo Laporkan Michelle ke Polisi soal Pencemaran Nama Baik

“Kami akan membicarakannya dengan federasi [PSSI], apakah nanti diberi sanksi personal atau secara klub. Ini nantinya akan dibahas dalam sidang-sidang etik atau disiplin,” jelas Sudjarno dilansir Antara, Jumat (18/6/2021).

Pihaknya mengatakan kedisiplinan klub sangat penting untuk mendukung penanggulangan pandemi. Menurut Sudjarno, kepatuhan tak hanya sebatas saat pertandingan, melainkan juga dalam keseharian seperti aktivitas di mes dan tempat latihan.

“Harus punya sense of crisis, kami tentu sulit mengontrol satu per satu,” kata Sudjarno.

UNS Lockdown, Persis Solo dan Bhayangkara FC Terancam Tak Bisa Latihan

 

Tanpa Penonton

Lebih jauh PT LIB memastikan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 akan berlangsung tanpa kehadiran penonton di stadion. PT LIB menilai belum semua klub dapat memfasilitasi kehadiran penonton dengan pedoman protokol kesehatan.

Sudjarno menyebut masih banyak stadion di Indonesia yang belum menggunakan kursi tunggal (single seat). Hal itu dianggap menyulitkan penerapan regulasi pembatasan jarak fisik.

“Musim 2021-2022 kami gunakan untuk mengkaji soal penonton sambil menyiapkan semuanya, termasuk infrastruktur. Kalau itu sudah dilakukan, pada musim 2022-2023 penonton dapat datang ke stadion.”

Covid-19 Menggila Lagi, Persis Solo Terapkan Sistem Gelembung

Sementara itu Polri memastikan izin Liga 1 sejauh ini masih aman meskipun terjadi lonjakan kasus Covid-19. Namun Polri menegaskan akan mengawasi lebih ketat sejumlah penerapan prokes yang berpotensi dilanggar seperti adanya nonton bareng (nobar).  “Tidak boleh ada nobar,” ujar Kabid Operasi Irjen Imam Sugianto.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan rekomendasi izin keramaian dapat dievaluasi sembari berjalannya kompetisi. Artinya, izin dapat dicabut sewaktu-waktu apabila hasil evaluasi prokes selama liga dinilai buruk.

Liga 1 musim 2021-2022 sendiri direncanakan akan mulai pada 10 Juli 2021 dan berakhir Maret 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Mick Doohan, Legenda Moto GP yang Kagum dengan Sirkuit Mandalika

Inilah profil Mick Doohan, legenda MotoGP yang komentari Sirkuit Mandalika bisa membuat pembalap sulit membedakan antara balapan atau liburan.

Pensiun, Adakah Kesempatan Valentino Rossi Tampil di Sirkuit Mandalika?

Valentino Rossi memutuskan pensiun dari Moto GP pada akhir musim ini. Itu artinya, Rossi akan melewatkan Moto GP di Indonesia yang akan digelar pada musim depan di Sirkuit Mandalika.

Tak Cuma Rossi, Marc Marquez Juga Komentar Soal Balapan di Mandalika

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP musim 2022. Sejumlah pembalap top Moto GP turut berkomentar.

Eky Taufik Dedikasikan Gol untuk Suporter Persis Solo

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Fix! Stadion Manahan Solo Bakal Jadi Venue Liga 1

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Stadion Manahan bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan Liga 1.

Sindir Atta Halilintar, Gibran: Tetap Putus Asa, Jangan Semangat!

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga mengajak pengusaha lain untuk ikut andil mengembangkan olah raga nasional. Secara khusus Gibran memberikan pesan kepada Atta sebagai bos AHHA PS Pati.

Mulai Sore Ini, Berikut Jadwal Pertandingan Pekan ke-5 Liga 1

Pekan kelima Liga 1 musim ini akan dimulai. Sejumlah laga menarik bakal tersaji.

Momen Kaesang dan Atta Selfie Usai Persis Solo Vs AHHA PS Pati

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dengan dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan, Minggu (26/9/2021).

Spesifikasi Sirkuit Mandalika yang Curi Perhatian Rossi

Ini dia spesifikasi lengkap Sirkuit Mandalika yang curi perhatian Valentino Rossi, dari mulai jumlah tikungan hingga lokasinya.

AHHA PS Pati Keok, Atta Halilintar: Persis Solo Tim Terbaik Liga 2

Bos AHHA PS Pati, Atta Halilintar, menyebut Persis Solo sebagai tim terbaik Liga 2 setelah timnya dibekuk pada laga pembuka.

Ditanya Bonus untuk Pemain Persis Solo, Ini Jawaban Kaesang Pangarep

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dengan dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Hasil Pekan ke-6 Liga Italia & Klasemen: Napoli Memimpin

Pekan keenam Liga Italia digelar pada akhir pekan kemarin. Sejumlah tim top berhasil memetik kemenangan.

Hasil Pertandingan Liga Inggris & Klasemen: Liverpool di Pucuk

Liga Premier Inggris musim ini telah menyelesaikan pekan keenam. Liverpool menjadi pemuncak klasemen sementara dengan koleksi 14 poin.

Kebangkitan Berlanjut, Arsenal Tundukkan Tottenham Hotspurs 3-1

Kebangkitan Arsenal berlanjut setelah Minggu (26/9/2021) menang 3-1 atas seteru berat satu kota Tottenham Hotspur.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Rusia, Unggul 3-0 Berkat Minions

Tim Indonesia memastikan memetik kemenangan di laga perdana Piala Sudirman 2021. Hal itu setelah Tim Indonesia mampu unggul 3-0 atas Tim Rusia.

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.