Rumus Otak-Atik Gatuk Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8

Inilah rumus otak-atik gatuk ala Rudy yang dengan lantang menyebut Ganjar Pranowo sebagai presiden kedelapan RI.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berbincang dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, di kediaman mantan Wali Kota Solo dua periode itu, Jumat (12/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berbincang dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, di kediaman mantan Wali Kota Solo dua periode itu, Jumat (12/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memiliki rumus tersendiri yang mendasari pernyataannya menyebut Ganjar Pranowo bakal terpilih sebagai presiden kedelapan Republik Indonesia.

Hal ini menunjukkan dukungannya terhadap sosok Gubernur Jawa Tengah (Jateng) untuk sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu tahun 2024.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dia bahkan dengan lantang memprediksi Ganjar Pranowo akan menjadi presiden kedelapan bagi Republik Indonesia.

Hal itu dia sampaikan  saat menjadi pembicara seminar Menakar Capres 2024 dalam Perspektif Hukum, Politik dan Sosial Budaya, gelaran DPC PDIP Solo di Pendapa RW 09 Pucangsawit, Jebres, Sabtu (2/7/2022) siang.

Selain Rudy, panggilan akrabnya, acara yang diikuti puluhan kader PDIP Solo itu juga menghadirkan Dosen Fakultas Hukum (FH) UNS, Agus Riewanto, sebagai pembicara. Sementara itu tampak beberapa anggota KPU Solo yang mengikuti seminar tersebut.

Baca juga: Dukung Ganjar Presiden 2024, Sukarelawan di Jepara Tak Peduli Partainya

Ganjar Presiden

ukungan Rudy terhadap Ganjar sebagai Capres 2024 terlontar saat mengawali paparan materi. Saat itu Rudy menyampaikan ungkapan Jawa yang menurut dia berkaitan dengan figur-figur Presiden RI sejak zaman Soekarno, hingga Joko Widodo (Jokowi). Seperti ungkapan Slamet Widodo Nir Ing Sambi Kala.

Terdapat kata widodo dalam ungkapan itu yang menurut Rudy merujuk kepada sosok Joko Widodo yang menjadi Presiden saat ini. Aksi Rudy mendapatkan tepuk tangan dan tawa girang puluhan peserta seminar.

“Kalau bangsa Indonesia dan negara ini bisa melaksanakan Tri Sakti nya Bung Karno, mestinya kita berdoa memohon anugerah dari Tuhan, bahasa Jawane Ganjaran. Nek pengin ganjaran ya Ganjar Pranowo,” ujar dia.

Baca juga: Santri di Kulonprogo Dukung Ganjar Jadi Presiden

Mendengar pernyataan Rudy, sontak para peserta seminar tertawa lepas sembari bertepuk tangan. Tapi tidak berhenti di situ. Rudy melanjutkan aksi otak-atik gathuk-nya dengan mendefinisikan nama Ganjar Pranowo.

“Ini otak-atik gathuk Pak Agus. Pra bahasa Indonesia-nya apa? Sebelum. Nowo artine apa? Sembilan. Lah sak durunge songo [sembilan] pinten [berapa]? Wolu [delapan]. Lah presiden ke delapan adalah Ganjar Pranowo,” kata dia.

Rudy menjelaskan apa yang dia sampaikan adalah mitos. Tapi terkadang dari mitos itu bisa menjadi kenyataan. “Wes pokoke angger mitos itu rampung. Golek presiden kok angel-angel. Wes nganggo mitos wae [cari presiden kok susah-susah. Pakai mitos saja],” seru dia.

Rudy mengajak semua kader PDIP Solo mendoakan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, agar tidak melupakan mitos. “Mudah-mudahan Ketua Umum saya tidak lupa mitos, kita doakan terus ya,” ajak dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      23 Grup Ikuti Festival Gejog Lesung di Baran Klaten, Begini Keseruannya

      Festival itu digelar dalam rangka peringatan 1.000 hari Rain Sultan Al Hadid, putra pemilik Joglo, serta haul orang tua pemilik joglo Amartha, Bagus Febru Saptono.

      Launching Buku, Ini Catatan di Bedah Buku Bawaslu Sukoharjo

      Buku Sejarah menjadi catatan penting untuk menjadi di tahun-tahun mendatang karena telah berhasil mengungkap sejarah pengawas pemilu dimasing-masing Kabupaten/Kota.

      Kolaborasi Olahraga dan Partipasi Masyarakat Berdayakan Warisan Budaya

      Kawasan situs manusia purba Sangiran di wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kaya potensi seni, budaya, dan kriya.

      Dawet Okra, Kuliner Unik dan Sehat Khas Sragen

      Kelompok Wanita Tani (KWT) Sasmito Tani di Dukuh Mayah RT 23, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Sragen mengubah buah okra menjadi dawet okra yang kaya manfaat.

      50 Guru SMA di Boyolali Ikut Workshop Penulisan Sejarah, Ini Tujuannya

      Workshop menghadirkan narasumber yang berasal dari tim ahli penulisan sejarah dan fasilitator kurikulum merdeka dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

      Perintis Sanggar Bhineka Sukoharjo Beri Les Gratis bagi Anak Yatim

      Kegiatan bimbingan belajar itu sebagai bentuk apresiasi pada anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena Covid-19.

      Ini 8 Calon Sekda Sragen yang Disebut-Sebut Bupati

      Delapan kandidat yang merupakan pejabat eselon II Sragen, salah satunya menjadi calon kuat Sekda Sragen.

      Aneh, Event Digeber tapi Pemkot Solo Minta Target PAD 2022 Diturunkan

      Pemkot Solo mengajukan pengurangan target pendapatan asli daerah sampai Rp10,7 miliar pada APBD Perubahan 2022 padahal banyak event digeber.

      Kisah Penambang Emas Tradisional Wonogiri di Bukit Randu Kuning Jendi

      Tarjo merupakan salah satu penambang tradisional di kaki Bukit Randu Kuning di Jendi, Selogiri, Wonogiri.

      Asyik! Kemenhub akan Bangun Jalur Lintas KA Solo-Wonogiri

      Kementerian Perhubungan melalui BTP Jabagteng berencana membangun dan meningkatkan jalur lintas KA Solo-Wonogiri dalam waktu dekat.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 12 Agustus 2022, Ada Hujan Ringan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (12/8/2022), akan dimulai dengan cerah berawan lalu hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 12 Agustus 2022, Sore Mulai Hujan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Jumat (12/82022) akan fluktuatif. yang diawali cerah berawan, sebelum akhirnya hujan akan turun sejak sore hingga malam.

      Cuaca Boyolali Jumat Ini: Siapkan Payung, Hujan Sedang hingga Malam

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Jumat (12/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Sukoharjo Jumat Ini: Hati-Hati, Gerimis Tipis Sore hingga Malam

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Jumat (12/8/2022).

      Hari Ini Solo Hujan Sore-Malam, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 12 Agustus

      Hujan akan mengguyur Kota Solo pada sore hingga malam hari ini, Jumat (12/8/2022), berdasarkan prakiraan cuaca BMKG.