SOLOPOS.COM - Suasana Gebyar Sholawatan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Dholam, Jumat (10/6/2022) malam. (Harianjogja.com-Istimewa)

Solopos.com, KULONPROGO — Kalangan santri yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar DIY mendeklarasikan dukungannya terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, untuk maju sebagai calon presiden atau capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Dholam Pengasih Kulonprogo, KH Abdullah Salam, mengatakan salah satu sikap pemimpin bangsa yang patut diteladani adalah pemimpin yang bisa merangkul semua golongan, termasuk kalangan pesantren, kiai, dan ulama. Ia pun menyebut Ganjar adalah sosok pemimpin yang baik karena mampu merangkul tokoh agama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini terbukti dari keseringan Ganjar mengunjungi pesantren-pesantren untuk bersilaturahmi dengan kalangan para santri dan ulama. Kalau Pak Ganjar menjadi presiden dan bisa menyatu dengan para ulama. Semoga Indonesia menjadi sangat jaya dan makmur,” ujar Abdullah dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/6/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain mampu merangkul kalangan kiai dan ulama, Abdullah menilai, Ganjar merupakan pemimpin yang dekat dengan rakyat dan rajin mendengarkan keluhan rakyat secara langsung selama memimpin Jawa Tengah dua periode. Oleh karena itu, Ganjar disebut layak menjadi presiden dalam Pilpres 2024 nanti.

“Alhamdulillah setahu saya Pak Ganjar adalah orang yang bermasyarakat, peduli dengan rakyat kecil. Kalau Pak Ganjar menjadi presiden, semoga bisa bekerja sama dengan para ulama, karena kunci utama keberhasilan negara adalah ulama dan pejabat,” ucap Abdullah.

Baca juga: Sukarelawan Pendukung Ganjar Capres 2024 Gelar Panen Bersama di Klaten

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar DIY, Ijtihadul Umam, mengatakan acara dukungan Ganjar untuk menjadi presiden itu digelar dengan salawatan. Acara itu diklaim dihadiri ribuan santri dan masyarakat untuk memperkenalkan sosok Ganjar yang tidak asing bagi kalangan kiai dan ulama.

Kegiatan tersebut, lanjut Umam, dihadiri oleh 30 kyai di DIY. Pihaknya juga mengundang penyanyi lagu religi Veve Zulfikar dan Ustaz Zulfikar. “Ini yang membuat Ganjar disenangi banyak kalangan, sehingga pantas untuk memimpin bangsa Indonesia. Pak Ganjar dekat dengan kalangan pesantren, kyai-kyai, ulama-ulama, majelis taklim. Itu ikhtiar kami untuk meneladani dan menyuarakan beliau kepada masyarakat, khususnya santri dan pondok pesantren,” tutur Umam.

Muhammad Imadudin, seorang santri Ponpes Nurul Dholam Kulonprogo, mengatakan bila terpilih menjadi Presiden 2024 diharapkan Ganjar dapat memperhatikan perkembangan pesantren.”Semoga dengan Pak Ganjar mencalonkan agar ada yang melanjutkan pemimpin yang bisa memperhatikan santri. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa santri sangat berkontribusi untuk bangsa ini,” ungkap Imadudin.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul: Gelar Shalawatan, Santri di Kulonprogo Dukung Ganjar Jadi Capres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya